Peristiwa yang Berhubungan dengan Hukum I Newton Adalah?

Peristiwa berikut yang berhubungan dengan hukum i newton adalah? Jika ini merupakan pertanyaan yang sedang anda cari maka anda telah menemukan artikel yang tepat.

Akan kami bahas mengenai pengertian dan beberapa peristiwa yang berhubungan dengan hukum I newton.

Soal Pertanyaan

Peristiwa yang berhubungan dengan Hukum I Newton berikut adalah…

A. Penerjun payung bergerak ke bawah
B. Mobil direm hingga menjadi berhenti
C. Ketika mobil digas, badan terdorong ke belakang
D. Berat astronot di bulan lebih kecil daripada beratnya di bumi

Jawaban Soal

Peristiwa yang berhubungan dengan Hukum I Newton berikut adalah…

C. Ketika mobil digas, badan terdorong ke belakang

Pembahasan Soal

Agar kamu lebih mudah memahami tentang peristiwa yang berhubungan dengan hukum 1 newton, berikut adalah penjelasan lengkapnya:

1. Pengertian Hukum Newton dan Hukum I Newton

Hukum newton merupakan sejumlah prinsip yang digunakan untuk menyelesaikan persoalan di bidang mekanika. Dengan kata lain hukum newton merupakan hukum dasar dinamika yang merumuskan pengaruh gaya terhadap perubahan gerak benda.

Hukum newton ini di ciptakan oleh Isacc Newton, matematikawan, seorang fisikawan, filusuf alam dan juga seorang teolog yang berasal dari inggris.

Hukum newton terdapat tiga. Yaitu Hukum I Newton, Hukum II Newton dan Hukum III Newton. Dan pada kesempatan kali ini kami akan membahasa mengenai hukum i newton.

Hukum i newton berbunyi “apabila resultan gaya yang bekerja pada benda sama dengan nol, maka benda yang mula-mula bergerak lurus beraturan akan tetap bergerak lurus beraturan”.

Hukum i newton menyatakan bahwa jika suatu benda bersifat lembam atau mempertahankan kondisinya, yaitu akan tetap diam atau bergerak dengan kecepatan dan arah tetap, kecuali dikenakan gaya eksternal. Dan jika tidak di pengaruhi gaya eksternal maka benda akan tetap pada kondisi awal.

2. Contoh Peristiwa yang Berhubungan dengan hukum i newton

Di lihat dari pengertiannya Nah ternyata, Hukum i newton penerapannya dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari loh. Contohnya sebagai berikut:

  • Pada saat akan memulai lari, seorang pelari mengalami hambatan udara yang lebih kecil daripada daya dorongnya, sehingga pelari tersebut bisa berakselerasi.
  • Ketika sopir mulai melajukan busnya secara cepat, maka penumpang yang berdiri akan terdorong ke belakang.
  • saat sebuah mobil melaju dengan kecepatan tinggi dan menabrak sesuatu maka mobil akan berhenti. Namun pengemudi akan terus bergerak ke depan bisa menabrak kaca depan jika tidak menggunakan airbags atau terbentur stir jika menggunakan airbags.

Nah, itulah beberapa contoh peristiwa yang berhubungan dengan hukum i newton. semoga dapat membantu.

Artikel Menarik Lainnya: