Indikator Kepuasan Konsumen Menurut Para Ahli

Dalam sebuah perjual belian, biasanya ada yang disebut sebuah kepuasaan dalam perjualbelian. Hal ini menuntut para penyedia untuk melakukan penjualan dengan pelayanan yang maksimal. Dalam beberapa kasus, sejatinya seorang konsumen mempunyai hak yang diunggulkan.

Hak yang diunggulkan tersebut adalah mengenai pemilihan dalam suatu produk atau jasa. Jadi kita sebagai seorang penyedia, harus mementingkan indikator kepuasan konsumen. Di bawah ini ada beberapa penjelasan mengenai indikator kepuasan menurut para ahli yang dapat kalian simak.

Indikator Kepuasan Konsumen Menurut Para Ahli

Berikut beberapa indikator kepuasan konsumen menurut para ahli yang dapat kamu simak.

1. Lupiyoadi (2008)

Menurut Lupiyoadi ada beberapa indikator kepuasan konsumen yang harus diketahui oleh kita para penyedia.

1.1. Kualitas Produk

Suatu produk yang diperjualbelikan harusnya memiliki kualitas tersendiri agar memberikan kepuasan tersendiri bagi para konsumen nya, selain itu suatu produk yang berkualitas akan berguna bagi kebutuhan konsumen.

1.2. Kualitas Pelayanan

Selain sebuah kualitas dari produk, kamu juga harus memperhatikan kualitas pelayanan yang diberikan kepada konsumen, agar konsumen merasa nyaman dan merasakan kepuasan ketika berbelanja.

1.3. Emosional

Kata emosional yang dimaksud adalah rasa puas yang dirasakan oleh konsumen terhadap produk maupun pelayanan yang diberikan. Contoh dari kepuasan itu sendiri adalah dengan adanya pujian terhadap konsumen yang sudah menggunakan produk yang kamu jual.

1.4. Harga

Dalam masalah harga juga menjadi indikator kepuasan konsumen terhadap suatu produk. Bukan hanya harga yang lebih murah yang menjadi kepuasan dari konsumen, tetapi kualitas produk yang dijual harus bagus atau kualitas produk yang dijual dengan pesaing sama namun memiliki harga lebih murah.

1.5. Lokasi

Sebuah lokasi juga menjadi penentu kepuasan konsumen, mengapa demikian? Itu dikarenakan tingkat perekonomian di suatu tempat berbeda-beda, jadi harus menyesuaikan dengan keadaan perekonomian di daerah tersebut.

1.6. Biaya

Yang dimaksud dengan biaya adalah konsumen tidak perlu mendapatkan biasa tambahan terhadap pembelian suatu produk dan tidak memerlukan waktu lama untuk mendapatkan barang yang diinginkan konsumen.

2. Umar (2005)

Menurut Umar ada lima indikator kepuasan yang harus dipahami, yaitu sebagai berikut.

2.1. Kualitas Produk

Konsumen akan merasa puas jika kualitas produk yang mereka beli berkualitas dari hasil evaluasi yang telah konsumen lakukan.

2.2. Kualitas pelayanan

Pelayan bagus yang diberikan terhadap konsumen akan menjadi kepuasan tersendiri bagi para konsumen itu sendiri. Jadi pastikan memberikan pelayanan terbaik terhadap konsumen.

2.3. Faktor Emosional

Yang dimaksud faktor emosional adalah konsumen mendapatkan pujian dari orang lain yang melihat konsumen tersebut ketika menggunakan produk yang kamu jual.

2.4. Harga

Yang dimaksud dengan harga adalah kamu harus menjual produk yang sama kualitasnya dengan harga yang lebih murah dibandingkan tempat lainnya.

2.5. Biaya dan Kemudahan Mendapatkan Produk atau Jasa

Mendapatkan sebuah produk atau jasa dengan mudah, dapat menjadi pertimbangan dari konsumen untuk membeli produk atau menggunakan jasa tersebut.

3. Irawan (2008)

Menurut Irawan, indikator kepuasan konsumen adalah sebagai berikut.

3.1. Kepuasan Jasa Secara Menyeluruh

Kepuasan konsumen akan dirasakan jika kita mengerjakan pekerjaan dengan hasil yang tidak mengecewakan.

3.2. Merekomendasikan Kepada Pihak Lain

Jika seorang konsumen merasa puas terhadap kinerja kita, maka konsumen akan merekomendasikan kepada pihak lain atau konsumen lainnya.

3.3. Kembali Menggunakan Jasanya

Jika seorang konsumen merasakan kepuasan terhadap kinerja kita, maka konsumen akan kembali menggunakan jasa kita.

4. Hawkins dan Lonney Dikutip dalam Tjiptono (2014 : 101)

Menurut Hawkins dan Lonney yang dikutip dari Tjiptono, indikator kepuasan konsumen adalah sebagai berikut.

4.1. Kesesuaian Harapan

Kita harus membuat sebuah produk atau jasa yang sesuai dengan harapan para konsumen agar tidak berakhir mengecewakan konsumen.

4.2. Minat Berkunjung Kembali

Jika suatu produk atau jasa yang kita berikan terhadap konsumen membuat mereka puas maka akan memunculkan keinginan untuk berkunjung kembali.

4.3. Kesediaan Merekomendasikan

Jika seorang konsumen mendapat kepuasan dan sesuai harapannya, maka tidak menutup kemungkinan konsumen tersebut akan merekomendasikan produk atau jasa tersebut terhadap pihak lain.

5. Indrasari (2019 : 92)

Menurut Indrasari, indikator kepuasan konsumen adalah sebagai berikut.

5.1. Kesesuaian Harapan

Kita harus bisa menyesuaikan kinerja atau produk yang diberikan terhadap konsumen harus sesuai harapan para konsumen.

5.2. Minat Berkunjung Kembali

Jika seorang konsumen mendapatkan kepuasan atau sesuai harapan yang dia harapkan, maka akan muncul minat berkunjung kembali dalam benak konsumen tersebut.

5.3. Kesediaan Merekomendasikan

Selain minat berkunjung kembali, konsumen juga akan berusaha merekomendasikan kepuasannya tersebut terhadap pihak lain jika kita mengerjakan pekerjaan sesuai harapan yang konsumen harapkan.

FAQ | Pertanyaan Tentang (Indikator Kepuasan Konsumen Menurut Para Ahli)

Apa Saja Indikator Kepuasan Konsumen Menurut Lupiyoadi?

1.1. Kualitas Produk
1.2. Kualitas Pelayanan
1.3. Emosional
1.4. Harga
1.5. Lokasi
1.6. Biaya

Kenapa Sebuah Lokasi Menjadi Salah Satu Indikator Kepuasan Konsumen?

Sebuah lokasi juga menjadi penentu kepuasan konsumen, mengapa demikian? Itu dikarenakan tingkat perekonomian di suatu tempat berbeda-beda, jadi harus menyesuaikan dengan keadaan perekonomian di daerah tersebut.

Bagaimana Cara Agar Konsumen Bisa Merekomendasikan Produk atau Jasa ke Pihak Lain?

konsumen juga akan berusaha merekomendasikan kepuasannya tersebut terhadap pihak lain jika kita mengerjakan pekerjaan sesuai harapan yang konsumen harapkan.

Artikel Menarik Lainnya: