Informasi yang Disampaikan Radio atau Televisi Mencangkup?

Macam-macam informasi yang disampaikan melalui radio atau televisi mencangkup apa saja? Ini adalah pertanyaan mata pelajaran bahasa Indonesia SMP kelas 8.

Kamu akan temukan jawaban lengkapnya di sini. Saya juga akan coba berikan sedikit penjelasan dari sudut pandang saya sendiri agar kamu lebih mudah paham.

Macam Macam Informasi yang Disampaikan Melalui Radio/Televisi Mencakup?

Macam-macam informasi yang disampaikan melalui radio atau televisi mencangkup beberapa hal, di antaranya adalah:

  • Informasi tentang dunia politik
  • Informasi ekonomi nasional hingga dunia
  • Informasi sosial dan budaya
  • Informasi tentang dunia pendidikan
  • Informasi yang berhubungan dengan gaya hidup
  • Tayangan hiburan
  • Informasi dunia teknologi
  • Informasi dunia medis, dan
  • Masih banyak lagi

Jenis Media Informasi TV dan Radio

TV dan Radio memberikan informasi dengan media yang berbeda. TV menyuguhkan informasi melalui media audio visual sedangkan radio hanya menyediakan informasi melalui media audio saja.

Audio visual itu informasi yang ditayangkan melalui gambar (video) dan juga dilengkapi dengan suara. Sedangkan audio adalah penayangan informasi hanya melalui suara.

Baca juga: Jelaskan Apa Itu Sinkronis dan Berikan Contoh

Informasi Pada Radio Disampaikan Oleh?

Informasi pada radio disampaikan oleh seorang penyiar dengan menggunakan media audio (suara). Orang-orang yang mendengarkan radio akan mendapatkan informasi melalui suara yang disampaikan penyiar.

Informasi dari radio ini juga akurat, hanya saja informasinya tidak disajikan dalam bentuk visual atau gambar, melainkan hanya melalui suara saja.

Informasi Pada Televisi Disampaikan Oleh?

informasi pada TV disampaikan oleh seorang wartawan ataupun presenter melalui media audiovisual. Kamu bisa melihat dan mendengarkan informasi yang disampaikan dengan baik.

Informasi ini sangat menarik untuk jadi bahan informasi. Karena kamu bisa melihat seperti di dunia sebenarnya. Apalagi sekarang ini, nonton tayangan televisi tidak selalu melalui TV saja, bisa juga melalui koneksi internet secara online.

Akhir Kata

Jadi macam-macam informasi yang disampaikan melalui radio atau televisi mencangkup informasi tentang dunia politik, ekonomi nasional hingga dunia, informasi sosial budaya, dunia pendidikan, gaya hidup dan masih banyak lagi.

Sudah paham kan apa saja informasi yang bisa kamu dapatkan dari televisi dan juga radio? Jangan lupa share artikel ini ke media sosial kamu agar banyak juga orang yang tahu.

Artikel Menarik Lainnya: