7 Fungsi Pers Sebagai Media Informasi + Contoh [Lengkap]

Sebenarnya, ada 3 fungsi penting pers sebagai media informasi, di antaranya yaitu pencari, pengolah dan penyebar informasi. Dari siaran Pers kita bisa tahu informasi penting setiap hari.

1 Fashion murah

Baik informasi politik, pendidikan, bencana alam, hingga hiburan. Pers ini sudah menjadi bagian dari masyarakat yang tidak bias digantikan. Karena siaran pers adalah salah satu bentuk informasi yang paling dibutuhkan.

fashion muslim murah

Fungsi Pers Sebagai Media Informasi

Setidaknya ada 7 pilar penting fungsi pers sebagai media informasi, yaitu:

1. Menyampaikan Berita Terkini

Berita menjadi bagian utama dari fungsi pers sebagai media informasi. Pers akan selalu mencari dan mengupdate setiap informasi dari seluruh penjuru negeri.

Mengemasnya, kemudian menyebarluaskan ke masyarakat melalui berbagai platform.

2. Menyampaikan Pesan Edukasi

Selain itu, berbagai informasi edukasi juga bisa disampaikan dengan mudah. Adanya pers masyarakat bisa belajar banyak hal.

1 Fashion murah

Karena banyak informasi edukasi yang bisa dimanfaatkan dari konten-konten yang dibuat oleh pihak pers.

3. Sarana Hiburan

Selain menawarkan konten berita dan edukasi, pers juga menyediakan konten hiburan. Salah satu alasan kenapa pers ini begitu dibutuhkan adalah karena berisi hiburan.

Masyarakat mendapatkan hiburan murah setiap harinya. Tidak perlu keluarkan budget besar hanya untuk mendapatkan hiburan.

4. Kontrol Sosial

Karena pers memiliki cakupan yang cukup luas, pers juga memiliki fungsi kontrol sosial. Di mana perilaku-perilaku menyimpan bisa diatasi oleh media.

Seperti penyimpangan perilaku di masyarakat ataupun di pemerintahan yang melakukan penyimpangan. Pers bisa menyebarkan informasi penyimpangan tersebut.

Sehingga pelaku penyimpangan akan berpikir 2 kali untuk melakukan kesalahan. Pada akhirnya, pers bisa lebih mudah mengontrol sosial di masyaraatkat.

1 Fashion murah

5. Media Promosi

Bahkan dilihat dari peluang bisnisnya, pers juga memiliki fungsi sebagai media promosi. Hal ini karena pers dapat menjangkau audience yang luas.

Para pebisnis bisa memanfaatkan pers sebagai media promosi. Agar dapat dipromosikan ke banyak orang di seluruh Indonesia.

6. Media Persuasi

Media juga bisa menjadi media persuasi atau ajakan. Di mana orang-orang yang mendapatkan informasi penting dari pihak pers bisa melakukan apa saja yang diajaknya.

Pers dapat melakukan ajakan kepada masyarakat luas untuk melakukan sesuatu hal sesuai dengan tujuannya.

7. Lembaga Ekonomi

Pers juga menjadi lembaga ekonomi. Di mana di dalam badan pers ini terdapat ratusan bahkan ribuan orang yang menggantungkan nasib mereka.

Ada banyak orang-orang bertalenta bisa menyalurkan talentanya dan mendapatkan bayaran yang layak.

1 Fashion murah

Contoh Pers Sebagai Media Informasi

Adapun beberapa contoh sederhana fungsi pers sebagai media informasi di antaranya yaitu:

1. Menyajikan Berita

Pers menayangkan informasi berita baik di televisi, radio hingga koran bahkan sekarang ada situs berita ditayangkan informasi beritanya melalui konten blog mereka.

2. Menyajikan Tayangan Hiburan Anak & Orang Dewasa

Fungsi media pers lainnya yaitu sebagai hiburan. Contohnya, kita bisa menyaksikan berbagai tayangan hiburan di televisi mulai konser musik, tayangan pertandingan sepakbola, film dan masih banyak lagi.

3. Menayangkan Iklan Produk Tertentu

Pers dimanfaatkan sebagai media promosi, dan ini memang sudah menjadi salah satu fungsinya. Contoh nyatanya, di televisi atau bahkan di video yang ada di Youtube, kita bisa menyaksikan iklan produk yang di promosikan oleh lembaga tertentu.

Akhir Kata

Jadi, fungsi pers sebagai media informasi itu meliputi sebagai penyampai berita, hiburan serta edukasi. Sudah paham kan?

Jika menurut kamu informasi ini bermanfaat, jangan lupa bagikan ke media sosial kamu. Jangan lupa baca juga informasi menarik lainnya seputar dunia edukasi dan pembelajaran di situs Copaster.com.

1 Fashion murah

Ada banyak konten edukasi menarik yang mereka sediakan yuk cek dan kunjungi situsnya sekarang.

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu