7 Jenis Alat Ukur Psikologi Beserta Fungsi Dan Manfaatnya

7 Jenis Alat Ukur Psikologi Beserta Fungsi dan Manfaatnya

7 Jenis Alat Ukur Psikologi Beserta Fungsi dan Manfaatnya

Terdapat beberapa jenis alat ukur psikologi yang sering dan digunakan oleh pemangku kepentingan seperti perusahaan dan lain sebagainya. Hal ini dimaksudkan agar mengetahui tingkat kemampuan seseorang baik dalam Kecerdasan, Sikap, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan bakat.

Dengan adanya beberapa jenis alat ukur ini, diharapkan tidak salah dalam menentukan kemampuan seseorang untuk beban yang ditugaskan. Dan jika kamu penasaran mengenai alat ukur yang termasuk alat ukur Psikologi, di bawah ini media Mustakim akan membahasnya.

Penilaian Psikologi

Dikutip dari halaman kampuspeikologi.com dalam penilaian psikologi terdapat tiga keterampilan Assessment yang penting dimiliki oleh seorang ilmuwan dan atau praktisi psikologi untuk mengetahui kelainan atau karakteristik pada diri seseorang yaitu

  • Penilaian melalui Wawancara
  • Penilaian dengan cara Observasi
  • dan penilaian dengan psychological testing

Assessment melalui wawancara serta observasi tidak memerlukan peralatan khusus dalam pelaksanaannya. sebab pewawancara dan pelaku observasi atau observasi sendiri yang menjadi alat dalam melakukan Assessment. berbeda dengan penilaian berupa psychological testing tentu memerlukan alat Ukur.

Dan alat ukur Psikologi didefinisikan sebagai setiap pelaksanaan dalam mengukur individu dengan tes psikologi dengan menggunakan alat atau instrumen yang berbeda beda yang disesuaikan dengan kondisi individu karena alat tes psikologi tidak memiliki sifat one-size-fit-all (Eabon & Abrahamson 2013)

Alat Ukur Psikologi

Dikutip dari halaman talenta.co Alat ukur atau tes Psikologi merupakan sebuah metode untuk mengevaluasi yang digunakan untuk mengukur dan menganalisa berbagai aspek psikologi seseorang yang berkaitan dengan kepribadian, kognisi, kemampuan, minat, dan juga sikap.

Dan alat ukuri ini bisanya digunakan dalam konteks seleksi karyawan, penempatan pekerjaan, penilaian kinerja, pengembangan individu, penelitian psikologi, dan proses terapi. Dan alat ukur psikologi memang melibatkan seperti mengukur:

  • Kepribadian
  • Mengukur Intekegensi
  • Pengembangan Individu
  • Mengukur Psikologisnya
  • atau untuk melakukan proses terapi

Manfaat Mengukur Psikologi Seseorang

tentunya bukan pekerjaan sia – sia jika kamu mengetahui cara mengukur psikologi kepribadian seseorang, karena pada dasarnya setiap manusia memilik kelebihan dan kekurangan, dan juga akan ada karakter yang mungkin saja belum di tunjukan dengan aslinya.

Dengan melakukan pengukuran tentu semuanya akan bisa ketahuan kepribadiannya, dan dapat membantu juga individu memahami dan memperbaiki diri sendiri, serta membatu para professional dalam menilai dan merencanakan intervensi yang sesuai untuk klien mereka.

Maka dari itu tentunya sangat bermanfaat sekali adanya alat ukur Psikologi, selain untuk meningkatkan kemampuan juga bisa digunakan untuk membaca karakter asli seseorang apalagi dalam dunia pekerjaan, tentunya sangat selektif sekali untuk menentukan karyawannya.

Jenis Alat Ukur Psikologi

Dan berikut ini beberapa jenis Alat Ukur yang biasa digunakan untuk menentukan kemampuan seseorang baik dari sikap, IQ, skill dan lainnya, yang sudah dijelaskan menurut para ahli.

1. MBTI

MBTI (Myers – Briggs Type Indicator) merupakan jenis pemeriksaan seseorang yang mencakup empat dari delapan kemungkinan huruf, yaitu Extrovert (E) atau Introvert (I), perasa (S) atau intuisi (N), berpikir (T) atau merasa (F) dan menilai atau judging (J) atau memahami (P).

Dan hasil pengukurannya di gabungkan menjadi salah satu dari 16 jenis, seperti ENTJ atau ISFP. Banyak perusahaan yang menggunakan metode pengukuran ini dalam berbisnis. Biasanya digunakan untuk evaluasi karyawan atau selama seminar

2. DISC

CISC merupakan alat ukur kepribadian yang menetapkan salah satu dari empat tipe individu atau campuran dari tipe – tipe tersebut yaitu Dominace (D), Influence (I), Steadiness (S), dan Conscientiousness (C). dan alat ukur ini juga digunakan untuk merekrut karyawan dari kepribadiannya.

Tes ini juga di gunakan untuk mendeteksi cara berkomunikasi, kepribadian, hingga tingkat stres

3. HEXACO Personality Inventory

Untuk memperdalam kepribadian seseorang maka kebanyakan alat ukur yang digunakannya yaitu dengan metode HEXACO Personality Investory, dan metode ini sebagai alat ukur dari kejujuran, atau kerendahan hati, stabilitas emosi, ekstraversi, keramahan, kesadaran, dan keterbukaan terhadap pengalaman.

Jadi pada intinya ten ini menjadi alat ukur untuk menentukan berbagai dimensi kepribadian seseorang dari bagaimana mereka menerapkan interpretasi teoritis mereka sendiri ke berbagai situasi.

4. Revised NEO Personality Inventory

Tes ini digunakan untuk mengukur lima sifat utama yang di antaranya:

  • Faktor Neurotisisme (bisa menjaga emosi tetap terkendali)
  • Faktor Keterbukaan (Kompleks, pemikiran yang mendalam)
  • Faktor Keramahan (Penyayang, berhati lembut)
  • Faktor Kesadaran (Andal)
  • Faktor ekstraversi (Banyak bicara)

Tentunya sangat menentukan sekali pada kepribadian seseorang dan tentu sangat diandalkan dan dapat mengetahui mengenai individu dari tingkat stres, kecemasan, depresi, impulsif, dan kesadaran diri.

5. Tes Rorschach

Alat ukur selanjutnya yaitu tes Rorschach yaitu mengukur kepribadian seseorang dengan menggunakan sepuluh titik tinta di atas kertas. Dan peserta harus melakukan lipatan pada kertas tersebut membentuk desain simetris.

Dan tes ini menjadi alat ukur kepribadian seseorang dengan menguji karakter dari emosional. seperti sikap dan motivasi.

6. MMPI

MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory) merupakan alat ukur untuk menilai dari aspek gejala penyakit mental dan sifat kepribadian maladaptive (atau ketidakmampuan dalam beradaptasi). penilaian mencakup agresi, penghindaran sosial, keraguan diri, dan masalah khusus lainnya.

Tes ini digunakan untuk penelitian dan aplikasi seperti perawatan kesehatan mental, evaluasi forensik, dan penilaian calon karyawan untuk pekerjaan keselamatan publik.

7. Wawancara Klinis

Selain dengan menggunakan alat ukur psikologi di atas, namun agar bisa bersentuhan langsung dengan individu tentunya adanya tes wawancara, dan sangat penting sekali digunakan apalagi sebuah perusahaan karena akan dapat menentukan dengan mudah kepribadian seseorang dari wawancara.

FAQ | Pertanyaan Seputar Jenis Alat Ukur Psikologi

Apakah Alat Ukur Hanya digunakan untuk recruitment pekerja saja?

Tentu saja tidak, karena bisa juga digunakan untuk rekrut peserta didik atau mahasiswa meski lebih penilaian lebih menonjol pada Kognitif.

Seorang guru di pelosok Garut yang punya hobi menulis dan coba menuangkannya ke dalam blog. Terimakasih sudah membaca artikel dan tulisan sederhana saya di sini.

Artikel Menarik Lainnya: