Mengenal Jenis-Jenis Angle Fotografi, Pemula Wajib Paham

Ada beberapa Jenis-Jenis Angle Fotografi yang perlu kamu pahami agar foto yang didapatkan terlihat baik dan menarik. Jika kamu seorang fotografi atau orang yang suka mengambil gambar profilnya maka kamu perlu memperhatikan jenis-jenis angel fotografi.

Untuk lebih memahami jenis-jenis angel fotografi perhatikan dalam artikel Media Mustakim yang di tulis kali ini. Karena untuk mendapatkan hasil foto terbaik ternyata ada ilmunya. Maka silahkan kamu baca artikel di bawah ini sampai selesai.

Pengertian Fotografi

Fotografi cara yang dilakukan seseorang dalam mengambil foto atau gambar. Mengutip dari Kompas.com dalam kutipannya dari Rengga Andhita dalam buku Komunikasi Visual (2021) Kata Fotografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu foto dan grafis. Photos yang memiliki arti cahaya dan grafis yaitu gambar atau melukis.

Sedangkan menurut pixel.web.id mengatakan bahwa fotografi proses dalam menghasilkan gambar atau foto dari sebuah objek dengan cara merekam dari pantulan cahaya sebuah objek yang di ambil nya pada sebuah media yang sensitif terhadap cahaya.

Langkah-langkah Belajar Potografi

Sebelum kamu mengetahui jenis-jenis angel dalam fotografi maka penting sekali kamu menguasai materi dari dasar. Berikut di bawah ini merupakan langkah-langkah Belajar fotografi yang dapat kamu pelajari yang telah kami kutip dari pixel.web.id :

  • Langkah pertama kamu harus mengetahui jenis kamera berdasarkan ukuran sensor dan kebutuhannya, fungsi kamera pun terbagi menjadi dua yaitu Kamera DSLR dan Kamera Saku
  • Langkah selanjutnya yaitu kamu harus mempelajari beberapa teknik pengambilan gambar sebuah objek, serta cara pengendalian cahaya yang masuk pada sebuah gambar
  • Langkah berikutnya kamu harus mempelajari dan mengetahui bagian-bagian pada kamera, metode, auto focus, dan pengukuran cahaya pada kamera itu sendiri
  • Berikutnya kamu perlu mempelajari komposisi fotografi yang benar
  • Kamu juga perlu mengetahui kedalaman fokus dan sesuatu yang menjadi faktor faktornya pada depth of field.

Prinsif Kerja Kamera

Ada beberapa prinsip kerja kamera yang perlu kamu pelajari, berikut prinsip-prinsip kerja kamera yang telah kami kutip dari pixel.web.id:

  • Pertama masuknya sebuah cahaya kedalam kamera yaitu dengan melalui lensa
  • Namun pada kamera digital cahaya yang masuk ke dalam kamera diterima oleh sensor dan kemudian cahaya tersebut diubah ke data digital yang bisa disimpan ke dalam sebuah memori.
  • Sedangkan pada kamera analog cahaya yang masuk pada sebuah kamera digunakan untuk membakar film
  • Pada objek atau gambar yang di ambil gambarnya dapat kamu lihat di viewfinder

Mengenal Jenis Kamera

Ada banyak jenis kamera yang dapat kamu gunakan jika menjadi seorang fotografer. Berikut di bawah ini jenis-jenis kamera yang dapat kamu pilih dan gunakan yang telah kami kutip dari pixel.web.id.

  • Yang pertama yaitu Kamera SLR (Single Lens Reflex) kamera tersebut memiliki pengaturan berupa; Shutter speed, aperture, dan focus
  • Selanjutnya Kamera Pocket yang merupakan kamera minimalis yang berukuran mungil, poin dan shoot , fitur zoom, rekam video, LCD putar dan lain-lain
  • Berikutnya yaitu Kamera Medium format yaitu kamera yang hampir mirip dengan kamera SLR namun kamera medium format lebih lebar 120 mm, kamera medium format dapat digunakan seperti keperluan foto produk, iklan, majalah yang berukuran besar, dan pemotretan still life.
  • Kamera large format yaitu kamera yang disebut view kamera dengan film 45 inch, 8 x 10 inch. kamera tersebut dapat digunakan untuk keperluan foto udara, foto arsitektur yang dapat digunakan dengan jarak dekat karena tidak menimbulkan distorsi, juga dapat digunakan untuk keperluan media cetak dengan ukuran yang sangat besar dan kualitas yang begitu bagus.
  • Kamera Range Finder merupakan kamera point and shoot dengan lensa tetap, yang dapat menggunakan filter, memiliki future focus, aperture dan juga shutter speed
  • Berikutnya yaitu kamera instan merupakan kamera yang tidak perlu proses cuci dan cetak film, kamera tersebut tidak memiliki klise sehingga gambar dapat dicetak ulang.

Jenis-Jenis Angle Fotografi

Angel fotografi yang merupakan pengambilan suatu objek atau gambar yang di ambil dari sisi tertentu, dengan berbagai cara pengambilan objek yang berbeda maka akan menghasilkan interpretasi yang berbeda tergantung oleh seorang fotografer yang mengambilnya.

Ada beberapa jenis angel yang perlu kamu pelajari agar dalam sebuah pengambilan objek dapat menghasilkan gambar yang menarik yang kamu inginkan. Penjelasan dan Jenis-jenis angel berikut telah kami kutip dari kumparan.com

a. Low Angel

Low angel merupakan pengambilan gambar yang dilakukan oleh seorang fotografer dengan cara menempatkan posisi kamera lebih rendah dari objek foto yang di ambil, angel foto akan menghasilkan foto dengan tampilan objek yang akan terlihat lebih elegan , tangguh, kuat, dominan dan mewah. Low angel sendiri digunakan untuk fotografi City search.

b. High Angel

High angel merupakan teknik dalam mengambil gambar pada objek dilakukan dengan cara memosisikan kamera dengan sudut yang lebih tinggi dari sebuah objek yang di ambil.

High angel akan menghasilkan foto yang menampilkan objek yang lebih kecil, seperti fotografi yang menggunakan high angel yaitu seperti portrait, street fotografi fan portrait landscape. High angel digunakan untuk menonjolkan komposisi dengan leluasa ke dalam frame

c. Eye Angel

Eye angel merupakan sudut pengambilan objek gambar oleh seorang fotografer dengan sudut pandang yang normal dan setara dengan penglihatan mata manusia.

Dalam cara pengambilan foto dengan menggunakan teknik eye angel merupakan cara yang umum digunakan, baik digunakan oleh fotografer senior bahkan pemula sekalipun, biasanya eye angel diterapkan untuk mengambil foto dengan mengambil tema human interest.

d. Bird Eye Level

Baird eye level merupakan cara pengambilan gambar atau foto oleh fotografer dilakukan dengan cara memosisikan kamera seperti sudut pandang yang sedang terbang. bird eye level diterapkan dengan sudut pandang pengambilan gambar kamera lebih tinggi dengan objek bidikan, pada umumnya bird eye dilakukan dengan mengambil foto di tempat tinggi.

e. Canted Angel

Canted angel dilakukan dengan cara memosisikan kamera dengan sudut pandang yang miring , hasil yang akan diperoleh dengan menggunakan canted angel terlihat bersudut sehingga garis horizon pada objek tidak akan terlihat paralel pada bagian bawah frame kamera. Pada umumnya canted angel digunakan untuk mengambil foto portrait, landscape, dan street photography.

FAQ | Jenis-jenis Angel Fotografi

Kapan Low angel digunakan?

Low angel digunakan biasanya ketika seseorang ingin mengambil foto arsitektur karena dengan cara tersebut akan menghasilkan kesan dengan kokoh dan megah.

Apa yang dimaksud dengan long shot dalam potografi

Long shot merupakan cara pengambilan gambar oleh seorang fotografer dengan cara mengambil objek gambar dimulai dari ujung kaki sampai kepala.

Artikel Menarik Lainnya: