7 Jenis Suara Manusia Pada Laki Laki dan Perempuan

Ada beberapa jenis suara manusia yang perlu dipahami. Terutama bagi yang menggeluti dunia tarik suara secara professional. Ini adalah ilmu dan pengetahuan yang harus selalu diperhatikan buat yang berkecimpung juga di dunia musik.

Tiap manusia memang memiliki suara yang berbeda. Ada yang bisa keluarkan suara melengking. Namun ada pula yang suaranya sangat dalam dan berwibawa. Biar lebih jelas, ini dia ulasan mengenai aneka jenis suara manusia.

Memahami Perbedaan Jenis Suara Manusia

Manusia memang memiliki ciri suara yang berbeda. Suara yang berbeda itu bisa dikelompokkan dalam sejumlah hal. Bisa berdasarkan gender atau tinggi rendahnya suara yang dikeluarkan. Pada intinya, tiap manusia atau orang memiliki ciri khas masing – masing.

Di dunia seni musik, klasifikasi tentang jenis suara itu cukup penting. Sebab, jenis suara yang berbeda jika dikombinasikan bisa hasilkan musik yang indah. Elemen jenis suara ini memang jadi sesuatu yang krusial dalam beberapa pertunjukkan musik.

Buat pegiat musik yang sudah terlatih, membedakan suara orang itu cukup mudah. Hanya dengan mendengar suara dari seseorang saat berbicara, jenis dan klasifikasi suara bisa ditentukan. Pada dasarnya, hal ini bisa dilatih dengan kepekaan telinga.

Jenis Suara Laki – Laki

Jenis suara manusia itu bisa dibedakan menurut jenis kelaminnya. Jenis suara laki – laki itu berbeda dengan perempuan. Ada empat tingkatan dari jenis suara laki – laki yang perlu diketahui. Berikut ini contoh dari tingkatan suara laki – laki dan contoh penyanyinya.

1. Tenor

Jenis suara laki – laki yang pertama adalah tenor. Dalam tingkatannya, tenor adalah suara laki – laki yang bisa menjangkau nada tinggi. Laki – laki yang mempunyai jenis suara ini mampu hasilkan suara yang melengking. Biasanya, suara tenor ini dipunyai oleh para penyanyi band rock.

Di dunia ada beberapa penyanyi laki – laki terkenal yang mempunyai suara tenor. Sebut saja Adam Levine (vokalis Coldplay), Justin Timberlake, Freedie Mercury (vokalis Queen), Ari Lasso, hingga Once Mekel. Jika dilihat, para penyanyi tersebut pasti bisa menyentuh nada – nada tinggi.

2. Contra Tenor

Berikutnya ada jenis suara contra tenor. Ini adalah jenis suara laki – laki yang mempunyai jangkauan dana yang lebih luas. Tak bisa mencapai nada tinggi, laki – kali yang punya suara contra tenor juga bisa menyentuh nada rendah.

Salah satu penyanyi dengan suara contra tenor terbaik dunia adalah Andreas Scholl. Penyanyi asal Jerman tersebut memiliki suara contra tenor yang punya cakupan yang sangat luas. Ia adalah penyanyi klasik yang sudah lahirkan banyak karya.

3. Bariton

Jenis suara laki – laki selanjutnya adalah bariton. Ini adalah jenis suara yang jangkauan nadainya berada lebih rendah daripada tenor. Dalam kunci nada, laki – laki yang mempunyai jenis suara bariton punya jangkauan nada dari A hingga F.

Pada level dunia ada sosok Frank Sinatra dan Minchel Buble yang mempunyai suara bariton yang amat ikonik. Di Indonesia ada penyanyi terkenal yang mempunyai suara bariton yang khas. Ia adalah Sammy Simorangkir, eks vokalis Kerispatih.

4. Bass

Terakhir adalah jenis suara bass. Bass adalah jenis suara yang paling rendah di antara yang lain. Berbeda dengan tenor yang bisa hasilkan suara melengking, pada bass ini laki – kali bisa hasilkan suara yang sangat tebal dan dalam.

Salah satu penyanyi kenamaan yang mempunyai suara bass yang ikonik adalah David Bowie. Selain itu ada nama Barry White dan Johnny Cash. Di Indonesia, penyanyi yang mempunyai suara bass yang berkarakter adalah Bebby Romeo.

Jenis Suara Perempuan

Sama seperti jenis suara laki – laki, terdapat juga jenis suara perempuan. Jenis suara perempuan ini berbeda tingkatannya. Ada 3 tingkatan suara dari perempuan. Berikut ini beberapa jenis suara perempuan berdasarkan tingkatannya.

1. Sopran

Sopran adalah jenis suara perempuan yang paling tinggi. Jenis suara sopran ini mampu mencatatkan nada yang sangat tinggi. Mayoritas penyanyi perempuan memiliki suara sopran yang dapat menjangkau nada tingg. Perempuan dengan jenis suara sopran tertinggi akan jadi tokoh utama.

Sejumlah penyanyi terkenal memiliki suara sopran yang fenomenal. Contohnya adalah Mariah Carey, Celine Dion dan Whitney Houston. Ketiganya memiliki suara sopran yang sangat berkualitas. Nada tinggi berhasil dicapai oleh ketiga penyanyi internasional tersebut.

2. Mezzo Sopran

Di bawah sopran ada mezzo sopran. Jenis suara perempuan mezzo sopran ini berada di bagian tengah. Dari segi jangakauan lebih luas daripada sopran.  Pada paduan suara, mezzo sopran akan diberi tugas untuk menyanyi dalam nada tengah.

Di Indonesia ada dua sosok penyanyi yang dikenal mempunyai tipe suara Mezzo Sopran. Mereka adalah Pinkan Mambo dan Agnezmo. Keduanya punya ciri khas suara Mezzo Sopran yang tak bisa disamai penyanyi lain di Indonesia.

3. Alto

Jika suara laki – laki paling rendah adalah bass, maka di bagian perempuan ada alto. Suara alto ini memang jadi salah satu bagian penting dalam paduan suara. Alto mempunyai suara yang dalam dan berwibawa. Cukup sulit untuk mencari suara alto dari seorang perempuan.

Penyanyi perempuan yang memiliki suara alto yang bagus di antaranya adalah Fatin Shiqia Lubis, Reza Artamevia, Dannila Riyadi, Krisdayanti dan Ruth Sahanaya. Deretan penyanyi tersebut mampu menghasilkan suara ikonik yang menjangkau nada – nada rendah.

Menjaga Suara Agar Tetap Prima

Dalam dunia tarik suara, ada sejumlah cara untuk bisa terus menjaga suara agar tetap prima. Hal ini biasa dilakukan oleh penyanyi professional. Baik penyanyi laki – laki maupun perempuan. Berikut ini beberapa cara untuk menjaga suara agar tetap prima.

1. Les Vokal

Salah satu cara untuk menjaga suara agar tetap prima adalah melakukan tes vokal. Les vokal memang jadi hal yang penting untuk dilakukan agar suara seorang manusia tetap prima ketika mau tampil.

2. Menghindari Minum Es

Menghindari minum es juga jadi cara untuk menjaga suara agar tetap prima. Ketika menghindari minum es dengan tepat, suara akan selalu terjaga dengan prima. Ini adalah cara untuk membuat suara tetap prima.

3. Kurangi Asupan Alkohol

Kurangi asupan alkohol juga untuk membuat suara tetap prima. Ketika asupan alkohol dikurangi, suara akan kembali prima. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu kurangi asupan alkohol tiap hari.

Kesimpulan

Itulah tadi ulasan mengenai aneka jenis suara manusia yang dibedakan menurut jenis klasemen. Dalam pertunjukkan paduan suara, perbedaan jenis suara ini memang amat penting. Agar bisa membuat lantunan lagu yang indah, maka harus ada kombinasi dari semua jenis suara yang ada.

Penyanyi yang sudah berkecimpung di seni professional pasti memiliki suara khas. Jadi, tak usah heran kalau banyak penyanyi yang dianggap memiliki keunggulan dan kelebihan daripada yang lain. Dalam dunia seni tarik suara, hal itu sangatlah lumrah.

Artikel Menarik Lainnya: