8 Kelebihan dan Kekurangan Novel Dilan 1990

Apa saja Kelebihan dan kekurangan Novel Dilan 1990? Seberapa menarikkah novel tersebut? Pertanyaan ini muncul dari kamu yang mungkin merasa penasaran dengan isi novelnya.

Namun kamu pasti belum membaca isi dari novel tersebut, betulkan? Jika kamu ingin tahu apa saja kelebihan dan kekurangan novel Dilan 1990, ini adalah artikel yang tepat kamu baca.

Kamu akan tahu banyak apa saja kelebihan dan kekurangan dari novel Dillan 1990 setelah baca artikel ini.

Identitas Buku Dilan 1990

Novel Dillan 1990 adalah novel karangan Pidi Baik yang cukup fenomenal. Novel ini diadopsi menjadi sebuah film dan sukses menjadi salah satu film terbaik tanah air.

Judul Novel: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990
Penulis: Pidi Baiq
Penerbit: Pastel Book (Mizan Group)
Kategori: Drama Roman
Tahun Terbit: 2014

Kelebihan Novel Dilan 1990

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Novel Dilan 1990, di antaranya adalah sebagai berikut:

1.Sampul yang Menarik

Sampul depan dengan gambar seorang remaja SMA yang sedang berdiri di depan motor yang sedang buming pada tahun 1990an. Ini cukup menarik pembaca bagi usia sekolah seperti anak seusia SMA.

2.Bahasa Santai dan Mengundang Tawa

Pidi baiq mengemas Novel Dilan 1990 ini dengan bahasa yang santai dan banyak mengundang tawa. Isi novel tersebut berisi banyak percakapan yang berkesan. Bagi yang tisak suka permainan kata yang berbeli-belit novel ini sangat cocok untuk anda

3.Ilustrasi Tokoh

Pada Novel Dilan ini menyajikan ilustrasi adegan di beberapa halamannya. Membuat novel ini berbeda dengan novel-novel lainnya

4. Amanat Novel Mudah Tersampaikan

Ada beberapa amanat yang disampaikan oleh penulis dari isi Novel Dilan 1990 tersebut seperti bagaimana cara menjaga pasangan, membuat hubungan bertahan lama, semangat dan cara Dilan menyampaikan perasaan yang berbeda dari yang lainnya.

Baca juga: Amanat Novel Dilan 1990

Kekurangan Novel Dilan 1990

Selain memiliki beberapa kelebihan, novel Dilan 1990 ini juga punya beberapa kekurangan, di antaranya:

1.Novel terkesan mewah

Jika di lihat dari tebal novel tersebut terkesan mewah padahal isi perlembar kertasnya tidak terlalu memebuhi ruangan. Sehingga terlihat mengahambur-hamburkan halaman dengan isi yang tidak terlalu penuh.

2.Latar tahun 1990

Karena novel ini berlatar kisah cinta pada tahun 1990an. Maka percakapan dan gurauannya pun berkaitan dengan tahun tersebut sehingga pembaca dari generasi masa kini mungkin akan menemukan beberapa kesulitan untuk memahami beberap teks atau narasinya

3.Batasan usia

Novel ini dikhususkan untuk kalangan yang terbatas sehingga tidak semua umur bisa membaca novel yang bergenre roman tersebut.

4.Karakter utama terlalu menonjol

Dalam novel tersebut banyak mengisahkan tentang Dilannya saja dan sang tokoh utama terkesan terlalu menonjol. Sehingga peran dari Milea tidak terlalu muncul sehingga terkesan terabaikan.

Akhir Kata

Selain 8 kelebihan dan kekurangan novel Dilan 1990 tentu masih ada banyak lho hal lainnya. Kamu akan lebih tahu jika kamu baca langsung novelnya.

Novel ini cocok banget buat kamu yang suka dengan novel bergenre romantis. Karena novel ini penuh dengan kisah percintaan dan petualangan anak SMA.

Artikel Menarik Lainnya: