Kenapa Shopee Paylater Tidak Muncul? Ini Penyebabnya!

Kenapa Shopee Paylater tidak muncul? Apa penyebabnya dan bagaimana solusinya? Jika ini merupakan permasalahan yang tengah kamu hadapi sekarang kamu bisa simak artikel ini sampai selesai karena tim Mustakim Media akan menjelaskan secara lengkap.

Ada beberapa hal yang menyebabkan Shopee Paylater tidak muncul dan tidak semua pengguna Shopee memiliki fitur ini. agar lebih lengkap kamu simak penyebab lainnya di artikel ini baca sampai selesai.

Penyebab Kenapa Shopee Paylater Tidak Muncul

Shoppe Paylater sendiri merupakan fitur kredit atau cicilan barang belanja yang disediakan oleh Shopee kepada pengguna yang terpilih.

Dengan memanfaatkan layanan ini kamu bisa melakukan checkout barang yang diinginkan dan dibayar dikemudian hari. skema pembayaran ini juga cukup menarik yakni cicilan dengan bunga 0% jika memilih tempo 1 bulan.

Dan ada bunga yang cukup kecil jika cicilan lebih dari waktu satu bulan. Akan tetapi fitur ShopeePaylater ini ternyata tidak tersedia di semua aplikasi Shopee pengguna. Shopee hanya akan memberikan fitur ini kepada pengguna yang telah memenuhi syarat.

Lantas apa saja yang menjadi syarat memiliki fitur Shopee Paylater? Sebetulnya kamu bisa lihat dari penyebab kenapa Shopee Paylater tidak muncul berarti kamu tidak atau belum memenuhi syarat.

Dan berikut beberapa penyebab kenapa Shopee Paylater tidak muncul, di antaranya adalah:

1. Akun Shopee Masih Baru

Nah, penyebab pertama kenapa Shopee Paylater tidak muncul adalah karena akun Shopee kamu masih baru. Bila akun Shopee kamu terhitung masih di bawah 3 bulan maka secara otomatis akan mendapatkan level loyalty paling rendah.

Karena baru pastinya belum banyak melakukan transaksi. Untuk itu, bagi kamu pengguna baru yang ingin menikmati fitur kredit ini maka kamu tingkatkan frekuensi belanja kamu.

2. Jarang Bertransaksi

Walaupun kamu memiliki akun Shopee yang sudah lama lebih dari 3 bulan tetapi jika kamu jarang digunakan untuk membeli produk atau transaksi apa pun maka kecil kemungkinan kamu mendapatkan Shopee Paylater.

Karena, salah satu aspek penilaian tim Shopee adalah keaktifan bertransaksi di marketplace orange tersebut. Dan tentunya ini merupakan alasan logis ya.

3. Belum Verifikasi Akun Shopee

Terus penyebab selanjutnya kenapa Shopee Paylater tidak muncul yaitu belum melakukan verifikasi akun Shopee. Karena Shopee mewajibkan kepada setiap penggunaannya untuk melakukan verifikasi identitas berupa KTP.

Hal tersebut dilakukan untuk menjaga keamanan akun dan agar bisa membuka semua layanan di aplikasi Shopee. Jika akun Shopee kamu belum diverifikasi menggunakan KTP. Maka kemungkinan besar hal tersebut yang menyebabkan kenapa Shopee Paylater tidak muncul.

4. Belum Menjadi Member Gold

Selanjutnya Shopee membagi level penggunanya menjadi 4 tingkatan yaitu classic, silver, gold dan platinum. Tingkatan level tersebut berdasarkan banyaknya transaksi yang pengguna lakukan selama rentang waktu beberapa bulan.

Nah, kebanyakan pengguna yang sudah bisa menikmati fitur Shopee Payletr berasal dari tingkatan gold dan platinum. Dan untuk menjadi member tingkat gold kamu harus menyelesaikan minimal 20 pesanan dalam waktu 6 bulan terakhir.

Dan hal ini buka syarat mutlak sebab jika tim Shopee menilai akun kamu banyak melakukan transaksi walaupun belum menjadi member tingkat gold maka bisa saja kamu mendapatkan fitur ini.

Cara Mengaktifkan Shopee Paylater

Jika akun Shopee kamu sudah tidak termasuk pada kategori yang disebutkan di atas, maka secara otomatis Shopee akan memberikan layanan Shopee PayLaternya untuk akun kamu. Namun, jika belum muncul juga padahal semua syarat sudah terpenuhi.

Bisa jadi kamu cek lokasi tempat tinggal kamu tidak mendukung layanan Shopee Paylater. Kok bisa? Tim Shopee tentunya mempertimbangkan juga tempat tinggal pengguna terkait dengan kemudahan penagihan cicilan nantinya.

Dan untuk fitur Shopee Paylter di akun Shopee kamu bisa dicek dengan cara klik menu “Saya” kemudian jika akun kamu telah memenuhi semua persyaratan maka akan tampil menu Shopee Paylater di sana.

Kamu sudah bisa mulai menggunakannya untuk kredit produk-produk yang kamu inginkan menggunakan fitur ini. jika dirasa kamu berada di tempat yang menjadi sasaran Shopee kamu bisa melakukan cara mengaktifkan Shopee Paylater, berikut di bawah ini.

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah buka aplikasi Shopee yang kamu miliki
  • Selanjutnya kamu bisa pilih “Spaylater” dan klik “Aktifkan Sekarang”
  • Kamu akan menerima SMS yang berisi kode verifikasi OTP kemudian kamu masukkan kode verifikasi (OTP) yang dikirimkan melalui SMS lalu kamu klik “Lanjut”
  • Kemudian setelah itu lakukan verifikasi KTP dengan mengunggah foto KTP masukkan juga nama dan NIK sesuai KTP setelah semua terisi, kamu bisa tekan “Konfirmasi”
  • Selanjutnya kamu bisa masukkan informasi tambahan lalu klik “Konfirmasi”
  • Langkah terakhir kamu verifikasi wajah sesuai KTP arahkan wajah ke bingkai yang ditujukkan pastika juga saat mengambil gambar kamu berada di tempat yang terang namun jangan silau
  • Apabila sudah berhasil kamu akan mendapatkan notifikasi Spaylater sedang di proses

Dan apabila pengajuan aktivasi disetujui maka akan mendapatkan pop up notifikasi aktivasi berhasil dan mengenai limit umum dan limit cicilan yang didapatkan untuk melakukan transaksi menggunakan Spaylater.

Berapa Limit Shopee Paylater

Bagi kamu yang merupakan pengguna Shopee payletr pemula kamu akan mendapatkan limit Shopee Paylater pertama setelah berhasil diaktifkan adalah Rp.750.000,-  nilai limit Shopee Paylater dapat ditingkatkan melalui pengajuan oleh pengguna di aplikasi Shopee.

Dan saat ini limit maksimal Shopee Paylater adalah Rp.9.000.000 untuk pengguna baru. Namun, nantinya angka tersebut bisa bertambah secara bertahap bahkan hingga belasan juta rupiah.

Dan biasanya pengguna dengan riwayat transaksi yang baik dan bebas dari tunggakan tagihan akan secara otomatis mendapatkan peningkatan limit Shopee Paylater tanpa harus mengajukan kenaikan.

Denda dan Bunga Shopee Paylater

Selain mengetahui kenapa Shopee Paylater tidak muncul kamu juga perlu mengetahui denda dan juga bunga dari Shopee Paylater sebagai pengetahuan.

Sebagai pemberi pinjaman Shopee Paylater juga mengenakan sistem bung dan denda kepada nasabahnya, namun, Shopee Paylater menawarkan angka bunga dan denda yang lebih rendah dibandingkan platform lainnya.

Besaran bunga tergantung pada transaksi yang dilakukan tetapi tidak akan melebihi 2,95%. Bahkan kamu bisa mendapatkan bunga 0% setiap bulan dengan tenor pinjaman satu bulan alias beli sekarang bayar nanti.

Sementara untuk keterlambatan pembayaran Shopee tidak menetapkan bunga harian melainkan bunga bulanan yang besarannya yaitu 5% per bulan dari seluruh total tagihan yang kamu miliki.

FAQ| Pertanyaan Seputar Kenapa Shopee Paylater Tidak Muncul

Apakah Aceh bisa menggunakan Shopee Paylater?

Sejak Juni 2021 warga ber KTP Aceh sudah tidak dapat lagi menggunakan fitur Shopee Paylater.

Apakah 1 KTP bisa untuk 2 akun Shopee?

Kamu hanya dapat menggunakan satu KTP atau 1 NIK saja untuk bisa aktivasi Shopee Paylater. Dan jika gagal siapa tahu NIK kamu sudah digunakan oleh orang lain.

Artikel Menarik Lainnya: