Kode Bank BRI Simpedes Syariah Britama [Lengkap]

Jika kamu sering melakukan transaksi antar bank yang berbeda, kiranya kode Bank BRI Simpedes Syariah Britama penting untuk diketahui dan tentu saja jangan sampai salah.

Layanan transfer antar bank sendiri memang tidak menjadi hal yang asing dikalangan masyarakat. Kebiasaan masyarakat melangsungkan transaksi bak menjadi sebuah kebutuhan. Apalagi sistem transaksi yang kini digunakan lebih didominasi dengan sistem virtual dan online.

Kode Bank BRI Simpedes Syariah Britama

Pada umumnya, ternyata antara Simpedes, Syariah dan Britama jadi hal yang berbeda. Namun untuk Simpedes dan Britama, bisa dikategorikan sama. Karena masuknya kategori konvensional.

Nah, banyak nasabah yang menganggap bahwa BRI Konvensional dan Syariah sama. Namun nyatanya sejak melakukan spin off dari Bank BRI Konvensional per tanggal 1 Januari 2009, keduanya sudah berbeda dan memiliki prinsip juga praktis yang berbeda.

1. Kode Bank BRI Simpedes dan Britama

Untuk kode dari Bank BRI ini, ternyata hanya terdiri dari 3 digit angka saja, sehingga kamu yang ingin menggunakannya jadi sangat mudah. Bahkan mudah dihafalkan.

Nah, untuk kode bank ini pun menjadi kode bank BRI biasa. Antara Simpedes dan Britama menggunakan kode sama, dan kamu harus memasukkan kode banknya secara benar jika ingin melakukan transaksi ke rekening Bank BRI Britama atau Simpedes.

Kode Bank BRI Simpedes dan Britama002

2. Kode Bank BRI Syariah

Karena disebutkan sebelumnya bahwa antara bank syariah dan jenis konvensional memiliki prinsip dan praktik yang berbeda. Maka untuk kode bank yang digunakan juga berbeda.

Perbedaan tersebut dapat berlangsung karena berlakunya manajemen atau nama perusahaan yang tidak sama.

Kode Bank BRI Syariah442

Kendati demikian, penting untuk dipahami dan diketahui terlebih dahulu. Bahwa sebelum adanya merger dengan BSI atau Bank Syariah Indonesia, Bank BRI Syariah memang menggunakan kode 422. Namun setelah terjadi merger antara keduanya, kode bank berubah menjadi 451.

Kode tersebut tidak hanya diperuntukkan sebagai kode pengganti bank BRI syariah saja, namun juga menjadi pengganti untuk BNI Syariah hingga Mandiri Syariah.

Nah, itulah dua jenis kode bank dari BRI yang harus kamu gunakan jika ingin melakukan transfer ke pemilik rekening bank BRI.

Di samping hal tersebut, ternyata ada kode Bank BRI Agroniaga. Kamu bisa menggunakan kode 495 jika untuk melakukan transfer ke jenis rekening bank BRI tersebut.

Kegunaan dan Manfaat Kode Bank BRI Simpedes Syariah Britama

Penggunaan kode Bank BRI ternyata disediakan bukan tanpa manfaat dan kegunaan. Namun memang difungsikan sebagai metode untuk identifikasi ke rekening tujuan.

Dengan kode tersebut, maka rekening tujuan akan diverifikasi secara otomatis sebagai rekening bank BRI. Dengannya, maka dapat dibedakan dengan beberapa jenis bank lain.

Kode bank juga dapat bermanfaat untuk mencegah terjadinya kesalahan transfer, sebab jika kesalahan terjadi saat input kode dilakukan. Maka proses transaksi akan batal dan tidak akan diproses.

Cara Melakukan Transfer dari Bank Lain ke Rekening BRI Simpedes Syariah dengan Kode Bank

Nah, kode bank ini memang dimaksudkan bukan bagi pengguna rekening bank BRI. Dipahami dan diketahui untuk digunakan pengguna bank lain yang ingin melakukan transfer kepada pengguna rekening BRI.

Untuk caranya bagaimana, bisa simak ulasan dan tutorial lengkapnya di bawah ini ya.

  1. Pertama, kunjungi ATM terdekat yang ada di lingkungan kamu
  2. Kemudian masukkan ATM yang kamu gunakan dan input PIN ATMnya secara tepat
  3. Lanjutkan untuk pilih menu opsi Transfer Bank Lain di mesin ATMnya
  4. Selanjutnya masukkan kode Bank BRI terlebih dahulu, pastikan rekening tujuan menggunakan rekening Syariah atau Simpedes bahkan Britama
  5. Masukkan kode Bank BRI tujuan dan diikuti dengan nomor rekening yang akan menerima transfer
  6. Kemudian lanjutkan dengan input jumlah uang yang akan dilakukan transfer, pastikan bahwa jumlah transfer cukup dan sesuai dengan jumlah saldo rekening yang kamu miliki
  7. Selanjutnya maka detail informasi transfer akan ditampilkan pada menu ATM, berikut nama penerima, nomor rekening hingga jumlah nominal transfernya
  8. Bila sudah sesuai, maka kamu tinggal selesaikan prosesnya dengan klik opsi menu Konfirmasi Transfer
  9. Jika proses transaksi sudah berhasil, maka mesin ATM akan mengeluarkan struk sebagai bukti transfer yang sah

Karena struk tersebut penting, maka harus kamu simpan baik-baik agar ketika dibutuhkan tidak sulit mencarinya.

Keuntungan Mengetahui dan Menggunakan Kode Bank BRI Simpedes Syariah Britama

Berikut beberapa keuntungan saat kamu melakukan transfer menggunakan kode bank BRI.

  1. Sebagai metode identifikasi apabila rekening tujuan saat transfer benar menggunakan BRI
  2. Mengurangi adanya risiko kesalahan transfer ke rekening lain, jika memang kode bank BRI yang diinput tidak tepat, maka transaksi akan gagal atau otomatis dibatalkan

FAQ │Pertanyaan Tentang Kode Bank BRI Simpedes Syariah Britama

Berapa Lama Proses yang Dibutuhkan untuk Melakukan Transfer Menggunakan Kode Bank BRI?

Sebentar, hanya memakan waktu 3 hingga 5 menit saja dan itu pun bergantung dari lamanya proses kamu menyelesaikan proses transaksi di mesin ATM.

Bagaimana Jika Proses Transfer Gagal?

Bisa kamu cek kembali kode bank BRI yang digunakan sudah benar atau belum, jika masih gagal tunggu beberapa menit. Bisa jadi ada gangguan internal saat proses transfernya.

Artikel Menarik Lainnya: