30 Kode Rahasia HP Android yang Jarang Diketahui Orang

Perlu kamu ketahui bahwa ada banyak kode rahasia HP android yang mungkin belum kamu ketahui. Dan kode tersebut disediakan untuk mempermudah pengguna dalam mengelola atau pun melihat status pada ponsel android.

Untuk menjalankan fungsi kode rahasia android kamu harus memasukkan deret angka unik tersebut pada dialer dan nanti akan ada respon otomatis. Bagi kamu yang penasaran apa itu kode rahasia android, fungsi dan deretan kode rahasia yang perlu diketahui. Simak sampai akhir ya!

Tentang Kode Rahasia Android

Jadi, sebelum beranjak ke kode rahasia HP android alangkah baiknya kamu simak terlebih dahulu tentang kode rahasia android ini apa dan untuk lebih jelasnya kamu bisa simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Android merupakan sistem operasi ponsel yang sangat populer digunakan dalam kurun sepuluh tahun terakhir. Dan menurut informasi dari Earth Web, pengguna android di seluruh dunia per 2021 sekitar lebih dari 130 juta.

Dan jumlah itu diperkirakan akan melampaui 133 juta pada tahun 2022. Dan berbagai fitur yang dihadirkan dalam android menjadi salah satu alasan di balik banyaknya pengguna sistem operasi yang dirilis tahun 2008 itu.

Bagi kamu yang sudah menggunakan android, tentu sudah tidak asing dengan beberapa kode rahasia yang bisa digunakan untuk mengakses fitur tersembunyi di ponsel masing-masing. 

Fungsi Kode Rahasia Android

Nah, selain mengetahui tentang kode rahasia android tersebut alangkah baiknya kamu simak juga beberapa fungsi dan manfaat dari kode rahasia android tersebut, diantaranya adalah:

  • Fungsi yang pertama yaitu untuk mendapatkan akses ke fitur dan informasi yang biasanya tidak dapat diakses secara langsung di aplikasi bawaan
  • Selanjutnya untuk meningkatkan kinerja smartphone dan melakukan penyesuaian pada konfigurasi sistem
  • Kemudian selain itu untuk memperbaiki masalah atau kerusakan pada smartphone dengan melakukan reset atau menghapus chace
  • Selanjutnya untuk meningkatkan keamanan smartphone dengan mengaktifkan fitur keamanan yang tersembunyi.

Kode Rahasia HP Android

Setelah kamu memahami tentang kode rahasian HP anroid mari kita simak berikut beberapa kode rahasia android yang wajib kamu ketahui, diantaranya adalah:

1. *#06#

Nah, untuk kode rahasia HP android yang pertama ini digunakan untuk menampilkan nomor IMEI atau International Mobile Equpment Indentity pada smartphone dan nomor IMEI ini merupakan nomor identifikasi unik yang digunakan untuk mengidentifikasi ponsel.

2. *#*#4636#*#*

Kode rahasia ini digunakan untuk menampilkan informasi lengkap mengenai baterai, jaringan dan penggunaan data smartphone yang kamu gunakan.

3. *#*#7780#*#*

Selanjutnya kode rahasia ini digunakan untuk melakukan reset ke pengaturan pabrik pada smartphone namun, sebelum melakukan reset sebaiknya kamu lakukan backup data terlebih dahulu.

4. *#*#273283*255*662382*#*#*

Selanjutnya kode rahasia HP android di atas ini adalah kode rahasia yang digunakan untuk melakukan backup semua data pada smartphone termasuk aplikasi, gambar dan juga pesan.

5. *#*#197328640#*#*

Selanjutnya kode rahasia ini digunakan untuk mengakses mode layanan pada smartphone di dalam mode layanan kamu dapat melakukan konfigurasi sistem dan memperbaiki masalah pada smartphone.

6. *#*#34971539#*#*

Selanjutnya kamu juga bisa menggunakan kode rahasia ini digunakan untuk menampilkan informasi lengkap mengenai kamera pada smartphone, seperti resolusi, fokus, dan parameter kamera lainnya.

7. *#*#232338#*#*

Dan kode rahasia HP android ini adalah digunakan untuk menampilkan MAC address (Media Access Control Address) pada smartphone. MAC Address ini merupakan alamat yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat pada jaringan.

8. *#*#232337#*#*

Selanjutnya kode rahasia ini digunakan untuk menampilkan informasi mengenai Bluetooth pada smartphone, seperti versi, alamat, dan parameter lainnya.

9. *#*#0842#*#*

Selanjutnya untuk kode rahasia HP android ini merupakan kode rahasia yang digunakan untuk menampilkan informasi layar pada smartphone seperti resolusi, kecerahan dan parameter lainnya.

10. *#*#2663#*#*

Kode rahasia ini digunakan untuk menampilkan informasi mengenai touchscreen pada smartphone, seperti responsifitas, ukuran dan parameter lainnya.

11. ##1234##

Kode rahasia HP android ini untuk menampilkan informasi tentang firmware ponsel termasuk versi perangkat lunak PDA.

12. *#03#

Kode rahasia ini untuk menampilkan nomor seri memori flash NAND.

13. ##1973228640##

Dan kode rahasia ini untuk mengakses mode layanan untuk menguji dan mengubah pengaturan telepon.

14. 300#12345#

Selanjutnya kode rahasia HP android ini adalah untuk mengakses field mode dan melihat informasi tentang jaringan lokal dan menara seluler

15. #32827227336*#

Dan kode rahasia ini untuk menampilkan informasi tentang penyimpanan dan konsumsi data.

16. ##4636##

Selanjutnya untuk kode rahasia HP android selanjutnya kamu bisa menggunakan aplikasi informasi tentang baterai, status WLAN, dan juga untuk menampilkan statistik penggunaan.

17. #225##

Kode rahasia ini menampilkan informasi data kalender yang disimpan di ponsel android yang kamu miliki.

18. *#2263#

Selanjutnya kode rahasia ini berguna untuk bisa mengakses atau menampilkan pemilihan band RF.

19. *3282#

Selanjutnya kode rahasia HP anroid ini adalah untuk menerima pesan teks dengan informasi tagohan.

20. #0#

Kode rahasia HP Android selanjutnya ini berfungsi untuk masuk ke mode uji coba (hanya tersedia di beberapa perangkat saja).

21. *#800#

Kode rahasia HP android selanjutnya ini berfungsi untuk mengakses kode engineering kode HP OPPO dan dapat melakukan beberapa test mode seperti software dan hardware.

Selain itu, kode ini juga bisa digunakan untuk mengecek kerusakan pada HP Oppo yang kamu miliki baik pada kamera, bluetooth, tes layar dan lain sebagainya.

22. *#801#

Fungsi dari kode ini yaitu untuk melakukan pelatihan mode uji smartphone kamu kode tersebut cukup berbahaya jika digunakan orang yang kurang paham.

23. *#803#

Kode ini berfungsi untuk masuk ke engineer mode jaringan smartphone kamu disitu kamu bisa melakukan beberapa test jaringan yang tersedia pada HP OPPO saja.

24. *#804#

Selanjutnya kode rahasia HP android ini berfungsi dari kode rahasia untuk melakukan test connect mode.

25. *#807#

Kemudian kode *#807# kode tersebut dapat berfungsi untuk mengetest engineering mode. Nah, jika kamu menggunakan fitur ini maka akan secara otomatis melakukan test seluruh fitur perangkat.

26. *#808#

Fungsi dari kode tersebut yaitu untuk melakukan tes engineering mode secara manual dan tentunya sangat berbeda dengan kode di atas yang dapat melakukan tes mode secara otomatis.

27.*#809#

Fungsi dari kode rahasia ini yaitu untuk masuk ke engineering mode echo test smartphone.

28. *#888#

Berfungsi untuk melihat hardware versi hape atau versi pcb yang digunakan.

29. *#99#

Berfungsi untuk melakukan pengetesan lampu terang panjang pada HP atau dikatakan kode rahasia lampu LED.

30. *#900#

Kode ini untuk melakukan pengujian warna.

FAQ| Pertanyaan Seputar Kode Rahasia HP Android

Apa kode rahasia diatas bisa untuk semua smartphone?

Tidak, kode di atas hanya untuk Samsung atau Oppo saja.

Apakah kode rahasia sama?

Tidak, kode rahasia tidak ada yang sama.

Bagaimana jika kode rahasia tidak berfungsi?

Bisa dipastikan kode rahasia itu bukan untuk jenis HP yang dimaksud.

Artikel Menarik Lainnya: