Kredit Modal Kerja Bank Sultra: Jenis, Ketentuan, Tabel

Kredit Modal Kerja Bank Sultra: Jenis, Ketentuan, Tabel

Apakah kamu sudah tahu tentang Kredit Modal Kerja Bank Sultra ? temukan informasi lengkapnya dalam artikel ini. Kredit Modal kerja merupakan layanan kredit yang diberikan kepada pengusaha sebagai tambahan modal operasional.

Kredit Modal Kerja dari Bank Sultra tersebut dapat digunakan oleh debitur sebagai tambahan modal yang sifatnya lancar seperti pembelian bahan baku, pemasaran, dagangan, dan operasional lain. Bagi kamu pengusaha, pengajuan kredit ini dapat menjadi bantuan saat membutuhkan modal tambahan.

Jenis Kredit Modal Kerja Bank Sultra

Saat kamu akan mengajukan Kredit Modal Kerja atau KMK dari Bank Sultra, kenali pilihan jenisnya terlebih dahulu. Berikut ini 3 jenis Kredit Modal Kerja dari Bank Sultra yang dapat dimanfaatkan semua pengusaha.

1. Kredit Modal Kerja Konstruksi

Kredit ini diberikan Bank Sultra untuk membantu kelancaran pelaksanaan pembangunan, pengadaan, pengawasan, atau perencanaan yang dikerjakan oleh para pengusaha Konstruksi.

2. Kredit Modal Kerja Usaha

Kredit modal kerja yang diberikan bagi kontraktor di mana dapat dicarikan ketika debitur mendapatkan pekerjaan. Debitur harus menunjukkan bukti kontrak perjanjian kerja konstruksi/pengadaan barang/perencanaan dari perkerjaan yang diperoleh.

3. Kredit Modal Kerja Usaha

3.1. Kredit Modal Kerja Pinjaman Rekening Koran atau PRK

Jenis Kredit Modal Kerja Usaha yang pertama dari Bank Sultra adalah PRK (Pinjaman Rekening Koran). Kredit ini diberikan untuk pelaku usaha dalam jangka waktu yang pendek dan bisa diperpanjang. Pengusaha dapat melakukan penarikan kredit ini dengan menggunakan cek.

3.2. Kredit Modal Kerja Angsuran                    

Jenis KMK usaha dari Bank Sultra lainnya adalah berupa angsuran. Kamu sebagai pengusaha dapat mengangsur pinjaman di Bank Sultra sesuai dengan kesepakatan yang sudah disetujui. Nilai Angsuran akan disesuaikan dengan plafon dan jangka waktu kredit.

3.3. Kredit Modal Kerja Lods Pasa dan Mall serta Kios

Kredit Modal Kerja Bank Sultra ini diberikan untuk pelaku usaha perdagangan. Dalam kredit tersebut, modal kerja bisa dipergunakan untuk persediaan usaha Kios/Lods yang ada di pasar modern. Dengan kredit ini, pelaku usaha perdagangan akan lebih mudah mendapatkan modal usaha.

Pengusaha baik perusahaan maupun perseorangan dapat mempertimbangkan jenis kredit modal kerja yang akan diajukan ke Bank Sultra sesuai kebutuhan.

Ketentuan Kredit Modal Kerja dari Bank Sultra

Adanya kemudahan mendapatkan kredit dari Bank Sutra berupa modal usaha bagi pengusaha tersebut, tentu memiliki beberapa ketentuan. Penjelasan di bawah ini akan menggambarkan ketentuan yang berlaku dalam KMK Bank Sultra.

1. Manfaat

KMK Bank Sultra dapat dimanfaatkan sebagai tambahan modal usaha dalam berbagai bidang usaha termasuk perdagangan. Semua jenis usaha dapat mengajukan pinjaman tersebut asalkah tidak melanggar aturan dan undang – undang.

2. Risiko

Bentuk risiko yang muncul dari Kredit Modal Kerja yang diberikan oleh Bank Sultra ini berupa denda keterlambatan jika terjadi keterlambatan pembayaran. Kredit juga dapat dibatalkan dan debitur harus melunasi semua pinjaman apabila ditemukan keterangan palsu.

3. Biaya

Dalam pengajuan Kredit Modal Kerja dari Bank Sultra ini, muncul beberapa biaya yang akan dibebankan ke debitur. Biaya tersebut di antaranya seperti dijelaskan di bawah ini :

  • Biaya administrasi sebesar 1% atau minimal 150.000
  • Biaya Provisi sebesar 1% dari nilai plafon pinjaman

4. Suku Bunga

Suku bunga pinjaman mengikut aturan yang ada di PT. BPD Sultra. Kamu dapat menanyakan langsung angka suku bunga yang digunakan dalam pengajuan pinjaman Kredit Modal Kerja di Bank Sultra ke Kantor Cabang maupun Call Centernya.

Tabel Persyaratan Pengajuan Kredit Modal Kerja dari Bank Sultra

Kamu yang ingin mengajukan pinjaman modal usaha dari Bank Sultra tersebut harus memperhatikan beberapa persyaratannya. Beriku ini tabel persyaratan dokumen yang harus dipenuhi untuk mengajukan Kredit Modal Kerja Bank Sultra.

Jenis DokumenPeroranganBadan Usaha CVBadan Usaha PT
Faktur, Invoice, BPKB, Kwitansi, dan Laporan Keuangan 2 Tahun TerakhirYaYaYa
PBB 1 tahun terakhir dan denah lokasi usahaYaYaYa
Agunan berupa Sertifika HM/HGU/HGB/HSP dan Copy IMBYaYaYa
Fotokopi Akta Pendirian dan Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK)YaYa
Fotokopi NPWP (untuk pinjaman di atas 50 juta)YaYaYa
Fotokopi Tanda Daftar PerusahaanYaYaYa
Fotokopi Surat Izin Tempat UsahaYaYaYa
Fotokopi KTP Pemohon dan PasanganYaYa (Pengurus)Ya (Pengurus)
Fotokopi Karu KeluargaYaYa (Pengurus)Ya (Pengurus)
Fotokopi Surat Nikah (jika sudah menikah)YaYa (Pengurus)Ya (Pengurus)
Pas Foto PemohonYaYa (Pengurus)Ya (Pengurus)
Sumber : http://banksultra.co.id/

FAQ | Pertanyaan Terkait Kredit Modal Kerja Bank Sultra

Berapa besarnya plafon yang diberikan dalam Kredit Modal Kerja dari Bank Sultra ?

Jumlah plafon yang diberikan tergantung agunan dan kondisi usaha dari masing-masing pemohon di mana besarnya bisa berbeda.

Apakah semua orang dapat mengajukan pinjaman Kredit Modal kerja dari Bank Sultra ?

Perseorangan maupun perusahaan dapat mengajukan pinjaman Kredit Modal Kerja tersebut asalkan memiliki usaha yang susah berjalan kurang lebih 2 tahun lamanya.

Freelancer content writer teknologi. Sangat suka dengan dunia teknologi, seperti melihat masa depan.

Artikel Menarik Lainnya: