Kredivo VS Indodana Lebih Bagus Mana? Ini Kelebihannya!

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan dua layanan pinjol ini. karena pinjaman online ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Bagi kamu yang ingin mengetahui apa perbandingan dari Kredivo VS Indodana simak artikel ini.

1 Fashion murah

Karena tim Mustakim Media akan menjelaskan lengkap caranya untuk kamu mulai dari pengertian, hingga kelebihan dan kekurangan dari kedua aplikasi tersebut agar kamu dapat menentukan menggunakan pinjol mana yang lebih unggul.

fashion muslim murah

Kredivo VS Kredivo

Kredivo merupakan aplikasi pinjaman online berupa pembayaran barang belanjaan dengan cara beli sekarang bayar nanti untuk penggunanya. Artinya, Kredivo adalah aplikasi pinjaman online yang menawarkan layanan paylater.

Dengan menggunakan tenor 3,6, hingga 12 bulan dan tentunya cara daftarnya juga cukup mudah hanya dnegan mengisi data, foto KTP dan selfie KTP.

Sedangkan Indodana juga merupakan aplikasi pinjaman online yang cukup populer di Indonesia hanya bisa diakses untuk pengguna android karena hanya tersedia di Google Play Store.

Dan aplikasi ini hanya bisa di akses untuk pengguna android saja karena hanya tersedia di Google Play Store. Sedangkan untuk cara pendaftaran dan pengajuannya hampir sama dengan kredivo hanya bunga yang berbeda.

1 Fashion murah

Kelebihan Kredivo dan Indodana

Nah, setelah mengetahui apa itu Kredivo VS Indodana melalui pengertiannya sebaiknya kamu juga perlu mengetahui kelebihan Kredivo dan Juga kelebihan Indodana berikut akan kamu jelaskan keduanya.

1. Kelebihan Kredivo

Berikut beberapa kelebihan dari Kredivo yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:

  • Pembayaran Kredivo lebih fleksibel dibandingkan dengan kartu kredit minimal 30 hari sejak transaksi dilakukan dan periode pembayaran ini dinilai cukup meringankan pengguna
  • Keuntungan selanjutnya bisa digunakan untuk membeli barang yang dibutuhkan dan tidak perlu ada DP terlebih dahulu
  • Kamu juga akan mendapatkan limit mencapai 30 juta rupiah
  • Selanjutnya menggunakan Kredivo kamu tidak perlu memberikan jaminan, pengguna Kredivo bisa melakukan pengajuan cicilan dengan mudah, hanya 2 detik dan pastikan e-commerce yang telah digunakan telah bekerjasama

2. Kelebihan Indodana

Dan berikut beberapa kelebihan dari Indodana, diantaranya yaitu:

  • Indodana menyediakan sistem cicilan dimana aplikasi pinjaman online ini menawarkan pinjaman lebih rendah dibandingkan dari bank
  • Selanjutnya kelebihan dari Indodana yaitu proses pengajuan pinjaman berlangsung dalam waktu yang singkat karena di bantu oleh teknologi artificial intelelligence yang mumpuni
  • Selain itu, aplikasi Indodana telah terdaftar dan diawasi oleh OJK selain itu, pada situsnya, aplikasi ini juga mencantumkan tanda keanggotaan di Asosiasi fintech pendanaan Bersama Indonesia jadi aman dan resmi

Kekurangan Kredivo VS Indondana

Selain kelebihan dari Kredivo VS Indodana kamu juga perlu mengetahui apa saja kekurangan dari aplikasi Kredivo VS Indodana, diantaranya adalah:

1. Kekurangan Kredivo

  • Kekurangan pertama dari aplikasi Kredivo ini yaitu belum bisa menjangkau seluruh Indonesia jadi hanya daerah tertentu saja sesuai daerah jangkau Kredivo yang bisa melakukan peminjaman. Kredivo hanya menyediakan beberapa daerah tertentu saja seperti Surabaya, Cirebon, Bandung, Palembang, Medan dan lainnya sesuai ketentuan
  • Selain itu, kekurangan dari aplikasi ini adalah adanya sebuah pinalti bagi pengguna yang terlambat melakukan pembayaran. Dan kamu akan dikenakan biaya keterlambatan  sesuai ketentuan
  • Selanjutnya kekurangan dari Kredivo adanya perbedaan pengguna yaitu Basic dan premium. Jadi bagi pengguna basic tidak mendapatkan keuntungan seperti halnya pengguna premium

2. Kekurangan Indodana

Berikut beberapa kekurangan dari aplikasi Indodana yang perlu kamu ketahui diantaranya adalah:

  • Pertama aplikasi ini hanya bisa ditemukan dalam Google Play Store artinya pengguna iPhone tidak bisa memiliki dan menggunakan layanan di aplikasi ini karena aplikasi ini belum tersedia di App Store
  • Di media sosial,  banyak akun instagram yang sering sekali mengatasnamakan Indodana untuk melancarkan modus kejahatannya. Namun, tak perlu khawatir Indodana resmi kok
  • Selain itu, kekurangan dari aplikasi Indodana adalah bunga pinjaman di aplikasi ini cukup mahal di bandingkan dengan aplikasi sejenis lainnya

Nah, itu dai beberapa kekurangan dari aplikasi Kredivo dan juga Indodana sekiranya kamu bisa membandingkan mana yang lebih baik untuk digunakan. Dan aplikasi mana yang cocok untuk digunakan di daerah kamu.

1 Fashion murah

Jika Indodana sendiri sudah menjangkau seluruh wilayah Indonesia berbeda dengan Kredivo memiliki beberapa wilayah tertentu saja yang bisa dilayani oleh Kredivo.

Perbandingan Kredivo VS Indondana

Nah, agar kamu tidak pusing kamu bisa melihat tabel perbandingan Kredivo VS Indodana ini penjelasan lengkapnya:

FiturKredivoIndodana
Proses PinjamanCepat, MudahLebih cepat, mudah
ProdukPaylater, dana TunaiPaylater dan dana Tunai
IzinOJK ResmiOJK Resmi
Coverage AreaTidak seluruh IndonesiaSeluruh Indonesia
ApliaksiiOS dan AndroidAndroid
Beda PenggunaDibedakan Basic dan Premium  Tidak ada perbedaan
BungaRendahCukup tinggi

1. Proses Pinjaman

Jadi, proses pinjaman baik Indodana maupun Kredivo sama-sama pengajuannya cepat dan juga mudah.

2. Produk

Jadi, baik Kredivo maupun Indodana memiliki produk paylater dan juga bisa pinjam dana tunai dengan tenor yang sama yaitu 1, 3, 6, sampai 12 bulan.

3. Izin

Selanjutnya kamu perlu ketahui bahwa baik Kredivo maupun Indodana sama-sama memiliki izin OJK dan resmi.

4. Wilayah Operasional

Selanjutnay untuk wilayah operasional untuk Kredivo belum bisa mencapai seluruh wilayah sedangkan Indodana sudah menerima seluruh Indonesia.

1 Fashion murah

5. Kerjasama

Untuk kerjasama Kredivo memiliki kerjasama lebih banyak dengan e-commerce dibandingkan Indodana.

6. Jenis Akun

Untuk Kredivo memiliki dua jenis layanan yaitu layanan basic dan juga layanan premium sedangkan Indodana tidak memiliki layanan jadi hanya satu aplikasi satu layanan.

Nah, itu dia beberapa perbandingan dari Kredivo VS Indodana yang perlu kamu ketahui dimana kamu bisa mempertimbangkan akan memilih aplikasi pinjaman online yang mana yang paling rekomended.

Pilihan Terbaik Kredivo VS Indodana

Nah, selanjutnya apa pilihan terbaik Kredivo VS Indodana sebagai pengguna bisa menyediakan layanan aplikasi tersebut menyediakan layanan paylater yang bekerjasama dengan e-commerce di Indonesia.

Namun, meski begitu Kredivo tidak tersedia di seluruh wilayah hanya daerah tertentu saja. sedangkan untuk Indodana sudah tersedia di seluruh Indonesia. Dan bagi kamu yang ingin memilih Kredivo perlu melakukan upgrade keanggotaan agar menikmati layanan premium.

Dan di sisi lain kamu bisa mempertimbangkan untuk memakai Indodana jika tidak bisa melakukan upgrade ke pengguna Kredivo Premium untuk mendapatkan pinjaman tunai yang bisa dipakai beli barang tertentu.

1 Fashion murah

Dan pertimbangan selanjutnya jika kamu mencari pinjaman online yang bunganya rendah kamu bisa memilih Kredivo di bandingkan Indodana karena suku bunga Kredivo lebih kecil dibandingkan Indodana.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai perbandingan antara Kredivo VS Indodana yang perlu kamu ketahui di sini pula kami tim Mustakim Media menjelaskan bagaimana kelebihan dan kekurangan dari aplikasi tersebut.

Semoga apa yang tim Mustakim Media jelaskan bisa bermanfaat terutama bagi kamu yang membutuhkan informasi tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu