12 Kumpulan Novel Andrea Hirata Terbaik & Terbaru [Keren]

12 Kumpulan Novel Andrea Hirata Terbaik & Terbaru [Keren]

Gambar Dibuat dengan Canva Pro | Novel Andrea Hirata

Kumpulan novel Andrea Hirata terbaik dan yang menjadi favorit saya yaitu: Mozaik-Mozaik Terindah, Ayah Dan Sirkus Pohon dan Laskar pelangi.

Novel-novel ini menjadi inspirasi hebat dalam hidup saya hingga menjadi pnulis artikel seperi sekarang ini. Banyak banget pelajaran yang didapat dari buku-buku itu.

Selain itu, masih ada banyak koleksi buku Andrea Hirata, semuanya sudah saya rangkun di artikel ini. Yuk lanjut baca!

Kumpulan Novel Andrea Hirata Terbaik

Berikut kumpulan novel Andrea Hirata terbaik dan terbaru, diantaranya adalah:

1. Mozaik-Mozaik Terindah

Karya Andrea Hirata pertama yang wajib kamu baca adalah Mozaik-mozaik Terindah dimana buku ini mengisahkan rangkuman seluruh karya dari Andrea Hirata.

Meskipun tidak seluruhnya namun setidaknya kalian dapat mengetahui jalan cerita kumpulan novel Andrea Hirata.

Saat membaca novel ini kamu akan menemukan kisah kisah yang menginspirasi dari tokoh tokoh yang di ceritakan penulis dalam karya yang telah di buat sebelumnya.

2. Ayah Dan Sirkus Pohon

Novel karya Andrea Hirata selanjutnya ini mengisahkan penulis mengangkat tokoh tokoh yang pernah di ceritakan dalam dua novel terpisah yaitu ayah dan sirkus pohon

Dalam buku ini di ceritakan tentang perjuangan dan percintaan dengan gaya penulisan penuh humor di setiap halamannya bagi kamu yang suka novel dengan percakapan komedi novel ini cocok untuk kamu coba baca

3. Laskar pelangi

Novel karya Andrea Hirata yang berjudul Laskar pelangi ini merupakan novel yang cukup terkenal sebagai international best seller bahkan sukses diangkat ke layar lebar.

Buku ini mengisahkan perjuangan ikal bersama dengan kawan kawannya yang merupakan keturunan dari keluarga miskin dengan segala keterbatasan mereka mampu menjadi siswa yang membanggakan.

4. Sang Pemimpi

Karya Andre Hirata selanjutnya ini mengisahkan kelanjutan kisah dari tokoh novel Laskar Pelangi yaitu Ikal jika di laskar pelangi Ikal masih SD. Dan pada novel ini melanjutkan kisah Ikal pada masa SMA.

Selain Ikal ada juga Arai dan Jimbron yang menjadi tokoh di novel sang pemimpi. Sebagian besar novel ini menceritakan kisah Arai dan Ikal yang berhasil melanjutkan studi ke Sorbonne, Prancis dengan biasiswa Uni Eropa.

Penulisan yang cukup memikat dengan mengangkat budaya masyarakat melayu yang betah di baca.

5. Padang Bulan

Karya Andrea Hirata selanjutnya ini mengisahkan dua cerita yang berbeda di dalamnya. Kisah pertama menceritakan Enong yang merupakan punggung keluarga yang harus bekerja di tambang timah dan meninggalkan pendidikannya.

Hanya agar adik-adiknya bisa melanjutkan sekolah. Kisah lainnya yaitu mengisahkan kisah asmara Ikal dan A ling dan ternyata kandas di tengah jalan.

Bagi kamu yang suka dengan cerita happy ending novel ini rekomended banget untuk coba kamu baca.

6. Maryamah Karvof

Karya Andrea Hirata selanjutnya ini mengisahkan tentang perjuangan dan kepulangan Ikal setelah menyelesaikan Studynya dan ia mulai mencari pekerjaan apapun demi bisa menyelamatkan A Ling.

Pembuatan perahu tak lepas dari bantuan temannya yang cerdas bernama Lintang sehingga dapat membawa Ikal ke pulau Batuan. Dan di sinilah mereka menghadapi para perompak yang kejam.

7. Sebelas Patriot

Novel karya Andrea Hirata selanjutnya ini mengisahkan cita-cita Ikal yang ingin menjadi pemain PSSI. Karena terinsfirasi dari ayahnya yang merupakan pemain sepak bola. Namun, karena ulah Belanda ayahnya mencadi cacat permanen di kaki kirinya sehingga tak bisa bermain kembali.

Bagi kamu yang suka dengan novel bertema keluarga yang penuh kasih sayang juga perjuangan novel ini sangat cocok untuk kamu coba baca. Kisah hangat keluarga ini cukup menginspirasi pembaca.

8. Orang-orang Biasa

Novel karya Andrea Hirata selanjutnya ini mengisahkan tentang kondisi Pulau Belantik yang tentram, jauh dari permasalahan politik dan juga tindak kriminal. Namun, karena kemiskinan orang-orang banyak yang bertindak kejahatan.

Novel ini menyentil sikap pemerintah terhadap ketidak peduliannya dengan masyarakat miskin yang membutuhkan akses dan biaya pendidikan sehingga membuat gaduh pulau tersebut.

9. Guru Aini

Novel karya Andrea Hirata berikutnya ini mengisahkan Aini yang bercita-cita ingin menjadi seorang Dokter karena ayahnya sakit-sakitan. Namun, Aini merupakan murid yang kurang cerdas.

Namun guru Aini yang bernama Bu guru Desi selalu memberikan ilmu dan menyemangati Aini agar menjadi sukses. Dan akhirnya menjadikan Aini seorang guru Matematika yang cerdas

10. Buku Besar Peminum Kopi

Novel ini mengisahkan kumpulan cerita tentang budaya meminum kopi yang telah Andrea Hirata teliti. Dan uniknya dalam novel ini Andrea Hirata Mampu melihat karakter seseorang yang ia temui dari jenis kopi dan cara minumnya.

11. Ayah

Karya Andrea Hirata selanjutnya ini mengisahkan tentang perjuangan seorang ayah kepada anaknya tanpa mengenal ikatan darah sekalipun.

12. Cinta Di Dalam Gelas

Novel terakhir yang saya rekomendasikan ini mengisahkan tentang tugas berat yang di pikul di pundak Ikal. Dimana ia harus mengajari Maryamah untuk tanding catur di hari perayaan agustus nanti.

Maryamah yang tak tahu menahu tentang catur harus bertanding dengan lawan yang telah dua tahun berturut-turut jadi pemenang. Apakah Maryamah bisa memenangkan permainan tersebut?

Akhir Kata

Kumpulan novel Andrea Hirata terbaik ini hanyalah versi saya saja selama pernah membaca buku-bukunya. Urutannya pun saya buat demikian, karena emang itulah penilaian saya.

Kalo versi kamu yang mana nih buku bang Andrea Hirata paling menarik dan paling menginspirasi kamu?

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: