Bagaimana Langkah-Langkah Menulis Resensi Buku Novel?

Bagaimana Langkah-Langkah Menulis Resensi Buku Novel?

Langkah-langkah menulis resensi buku novel

Langkah-langkah menulis resensi buku novel akan kamu temukan selengkapnya dalam artikel ini. Resensi buku adalah sebuah tulisan yang berisi tentang ulasan suatu buku.

Bukan selain langkah-langkah kamu juga akan menemukan unsur-unsur, struktur dan jenis-jenis resensi buku. Simak terus artikel ini sampai selesai agar kamu bisa mengetahui beberapa informasi penting mengenai cara meresensi sebuah buku novel.

Apa Itu Resensi Buku Novel?

Seperti yang telah disinggung dalam paragraf pertama di atas resensi buku merupakan sebuah tulisan yang berisi tentang ulasan buku. Kata resensi sendiri berasal dari bahasa latin, yaitu recensere yang artinya “melihat kembali”, “menimbang” atau “menilai.

Meresensi buku merupakan kegiatan menelaah suatu karya yang berbentuk sebuah isi cerita yang dituangkan ke dalam buku, novel, cerita pendek atau pun sebuah buku pengetahuan.

Oleh karena itu resensi buku ialah memberikan tinjauan kualitas suatu buku. Meresensi sebuah buku berarti merupakan aktivitas seorang yang menyampaikan gagasan secara tertulis dalam hal mengukur baik-buruknya suatu buku.

Hal-hal yang diukur dari satu buku tersebut meliputi isi, struktur, penyajian, serta manfaatnya bagi pembaca. Membuat resensi tidak bisa hanya semata-mata menilai saja, namun terdapat ketentuan yang harus dipatuhi ketika menulis sebuah resensi.

Dan lebih lanjutnya kami juga akan jelaskan mengenai langkah-langkah meresensi yang baik dan benar juga unsur-unsur, struktur dan jenis-jenis dari resensi itu sendiri.

Langkah-Langkah Menulis Resensi Buku Novel

Adapun di bawah ini merupakan langkah-langkah menulis resensi buku novel, diantaranya adalah:

1. Menentukan Buku Yang Akan Diresensi

Langkah pertama jika kamu ingin meresensi sebuah buku kamu perlu menentukan buku apa dulu yang akan kamu resensi apakah berupa buku karya fiksi seperti novel, antalogi cerpen, antalogi puisi dan lain-lain.

Ataukah buku yang akan kamu resensi termasuk jenis buku karya nonfiksi seperti sejarah, ilmu pengetahuan, biografi tokoh. Dan seorang peresensi harus mengetahui jenis buku apa yang akan diresensi olehnya.

2. Membaca Buku Yang Akan Diresensi

Selanjutnya langkah kedua adalah membaca buku yang akan diresensi dengan tehnik membaca cepat sehingga kamu tidak perlu menghabiskan waktu terlalu banyak untuk membacanya.

Kamu hanya perlu melihat bagian-bagian penting dari buku dan ambilah intisari dari buku yang telah kamu baca tersebut. Simpulkan dan teliti apa kekurangan dan kelebihannya.

3. Mencatat Data Atau Informasi Buku Yang Akan Diresensi

Berikutnya langkah meresensi buku adalah mencatat data informasi dari buku yang akan diresensi. Data buku yang harus kamu tulis dalam meresensi buku adalah
Judul buku, pengarang, penerbit, cetakan, tebal buku, dan harga buku.

4. Menuliskan Poin-Poin Penting Dalam Buku

Nah, langkah selanjutnya adalah menuliskan poin-poin penting dalam buku yang menurut kamu itu penting. Seperti kutipan yang dirasa mengesankan dan jangan lupa tandai halaman tersebut.

Lalu tulis gagasan yang dianggap penting ke dalam tulisan singkat yang memiliki satu kesatuan yang integral. Sehingga memudahkan kamu nanti dalam meresensi buku tersebut.

5. Menuliskan Isi Resensi

Dan di bagian ini adalah menulis isi resensi, pada cara ini adalah bagaimana anda memberikan komentar dan pandangan terhadap buku yang kamu resensi. Nah, lalu bagaimana langkah-langkah dalam menuliskan isi resensi adalah:
• Pertama buatlah informasi umum tentang buku yang akan kau resensi
• Membuat judul dari buku resensi tersebut
• Membuat ringkasan buku secara garis besar tulislah poin-poin penting yang dirasa kamu itu merupakan bagian atau poin-poin penting dari buku yang akan kamu resensi.
• Menonjolkan sisi lain dari buku yang kamu resensi seperti pernahnya novel tersebut mendapatkan berbagai penghargaan.
• Mengulas manfaat membaca buku tersebut bagi pembaca. Bisa berupa pengulasan tentang pujian karena buku ini memiliki banyak pesan moral atau cara gaya bahasanya yang cukup dan ringan sehingga membuat pembaca merasa nyaman saat membaca.
• Selanjutnya langka menuliskan isi resensi adalah menuliskan kelebihan dan juga kekurangan yang terdapat dalam novel tersebut.
• Dan terakhir dari penilaian kelengkapan karyanya, EYD, dan sistematika resensi yang baik dan benar.

6. Kesimpulan

Langkah selanjutnya adalah ungkapan apa yang kamu peroleh dari buku yang kamu resensi. Beri saran kepada pembaca mengapa mereka harus membaca buku tersebut. Dan apa ruginya jika kalian tidak membaca buku novel tersebut.

7. Mengecek Kembali Semua Resensi Yang Telah Di Tulis

Setelah selesai menulis resensi maka kamu harus koreksi kembali memeriksa barangkali ada typo, kesalahan struktur tulisan, data yang belum lengkap dan lain sebagainya.

Unsur-Unsur Resensi Buku Novel

Berikut ini merupakan unsur-unsur resensi buku novel, diantaranya adalah:

1. Judul Resensi Buku

Judul merupakan bagian pemikat sebagai daya tarik pada pandangan pertama bagi pembaca. Judul harus memiliki kesinambungan dengan isi resensi. Dan berikan judul yang menarik agar memiliki nilai tersendiri.

2. Identitas Buku

Identitas buku merupakan gambaran umum yang ada dari dalam buku yang berisi Data buku seperti judul, pengarang, penerbit, nomor edisi penerbit, tahun terbit, ukuran buku, dan harga buku.

3. Isi Resensi Buku

Berisi bagian sinopsis yaitu ulasan singkat buku dengan kutipan singkat dan keunggulan serta kelemanhan buku. Rumusan kerangka buku dan bahasa yang digunakan.

Saat menulisnya tidak perlu memperhatikan kronologi cerita. Kamu bisa menulis sinopsis secara bebas. Perlu banget dengan merangkai sebuah sinopsis yang memancing rasa penasaran dan ketertarikan pembaca tanpa perlu tanpa perlu menulis secara lengkap isi buku.

4. Penutup Resensi Buku

Bagian unsur terakhir yakni penutup ini bisa berupa kesimpulan dari resensi buku tersebut. Kamu bisa menuliskan opini kamu tentang buku tersebut. Dan memberikan kritik serta saran untuk buku tersebut.

Struktur Teks Resensi Buku Novel

Nah, ini merupakan struktur resensi buku novel, yaitu:

1. Identitas Buku

Identitas dalam resensi buku meliputi judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, tebal halaman, dan ukuran buku.

2. Orientasi

Bagian ini biasanya terletak di paragraf pertama, yakni penjelasan tentang kelebihan buku seperti penghargaan yang pernah didapatkan oleh buku yang diresensi.

3. Sinopsis

Selanjutnya struktur resensi buku adalah berupa ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis terhadap isi novel.

4. Analisis

Analisis adalah berupa paparan tentang keberadaan unsur-unsur Baik unsur intrinsik ataupun unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik itu berupa tema, tokoh dan penokohan, alur, latar tempat/waktu, sudut pandang, amanat, gaya bahasa dan lain-lain.

Dan unsur ekstrinsik bisa berupa biografi latar belakang pengarang, nilai agama, nilai sosial, nilai moral dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Resensi Buku Novel

Berikut ini merupakan jenis-jenis resensi buku novel, diantaranya adalah:

1. Resensi Informatif

Resensi informatif adalah resensi yang disampaikan dengan singkat dan umum dari keseluruhan isi buku.

2. Resensi Deskriptif

Resensi deskriptif adalah resensi yang membahas secara detail pada setiap bagian atau babnya.

3. Resensi Kritis

Resensi kritis adalah merupakan sebuah resensi yang mengulas detail buku menggunakan metodologi ilmu pengetahuan tertentu. Isi dari resensi kritis biasanya objektif dan kritis dalam menilai isi buku.

Akhir Kata

Nah, itu dia artikel lengkap mengenai langkah-langkah menulis resensi buku novel. jangan lupa share ke media sosialmu ya jika di rasa artikel ini bermanfaat.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: