Laptop ASUS Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Ada beberapa cara untuk mengatasi laptop ASUS tidak bisa nyala tapi lampu power hidup. Sebelum ke service center, lebih baik coba beberapa cara untuk mengatasi laptop black screen atau layar menghitam padahal sudah dinyalakan.

Penyebab Laptop ASUS tidak Menyala Padahal Sudah Dinyalakan

Penyebab laptop ASUS tidak bisa nyala tapi lampu power hidup beragam mulai dari yang ringan hingga kerusakan berat. Berikut ini sejumlah penyebab kenapa layar laptop ASUS menghitam.

1. Baterai Habis

Penyebab paling ringan bisa jadi karena baterai habis, silakan sambungkan kabel adaptor untuk mengisi daya.

2. Terjadi Kerusakan pada Pengisi Daya

Selain itu, ada kerusakan pada pengisi daya sehingga menyebabkan gangguan pada saat proses booting. Masalah ini dapat diatasi dengan sangat mudah dan cenderung murah karena tinggal ganti pengisi daya.

3. Terdapat Gangguan pada Mode Hibernasi

Jika masalah laptop ASUS tidak bisa nyala tapi lampu power hidup akibat kesalahan pada mode hibernasi hal itu bisa diatasi dengan mudah. Kamu dapat menyalakannya lagi dengan menekan tombol power lalu masuk ke command prompt untuk mengaturnya.

4. Windows Harus di Update

Windows harus diperbarui supaya sistem operasi kembali stabil. Proses update windows sangat mudah karena bisa diperiksa lewat pengaturan. Jika windows diperbarui maka virus maupun malware di perangkat akan ikut terhapus.

5. Terdapat Gangguan pada Perangkat Keras

Masalah lainnya cukup serius, laptop ASUS tidak bisa nyala tapi lampu power hidup bisa disebabkan karena kerusakan pada RAM, CPU, Hard Drive, dll.

6. Ada Kesalahan Pengaturan BIOS

Pengaturan BIOS yang salah dapat menyebabkan laptop ASUS gagal booting dan layar tetap hitam walaupun sudah menyala. Hal ini biasanya dapat diatasi dengan menekan tombol F9 atau F10.

7. Terjadi Kerusakan pada Layar

Terjadinya kerusakan pada layar LCD dapat menyebabkan laptop ASUS tidak bisa nyala tapi lampu power hidup. Kamu harus mengganti LCD dan beli perangkat yang baru untuk memperbaikinya.

Mengatasi Lampu Indikator Laptop Nyala Tapi Layar Mati ASUS

Masalah lampu indikator laptop nyala tapi layar mati ASUS kini dapat diatasi dengan beberapa cara sederhana. Coba langkah-langkah berikut ini kalau laptop ASUS kamu mengalami black screen saat dinyalakan.

1. Lepaskan Baterai atau Ganti

Salah satu cara mengatasi laptop tidak mau menyala lampu indikator hanya berkedip yakni melepaskan interface baterai. Lepaskan baterai atau ganti dengan baterai baru untuk mengatasinya.

Hal itu dapat dilakukan kalau penyebabnya akibat kerusakan baterai. Setelah proses ganti baterai ini, tunggu 1-2 menit untuk memulihkan masalah. Selain itu, kamu juga harus menghindari force shutdown.

2. Coba Ganti Modul Memori Sesuai Kapasitas

Mengganti modul memori dapat mengatasi masalah laptop ASUS tidak bisa nyala tapi lampu power hidup. Pilihlah modul memori yang sesuai dengan kapasitas perangkat, agar lebih sesuai pilih juga merek lain.

3. Ganti Kabel Pengisi Daya

Untuk mengatasi permasalahan ini coba ganti dengan kabel pengisi daya yang baru agar perangkat bisa menyala dengan normal. Sesuaikan kabel pengisi daya dengan tipe perangkat yang kamu miliki.

4. Coba Matikan Paksa

Laptop ASUS tidak bisa nyala tapi lampu power hidup dapat diatasi dengan mematikan perangkat secara paksa. Setelah dimatikan silakan nyalakan ulang laptop untuk memastikan perangkat masih bisa digunakan atau tidak.

Kalau tidak ada kerusakan berat, biasanya hanya error biasa setelah dimatikan, perangkat bisa kembali menyala.

5. Perbaiki Kerusakan Perangkat Keras

Kalau laptop ASUS tetap tidak menyala setelah dicoba beberapa kali, coba bawa ke tempat servis untuk mengetahui masalahnya.

Jika permasalahannya akibat ada kerusakan nanti akan diperbaiki. Masalah kerusakan layar, CPU, hard drive, hard disk, maupun RAM dapat diperbaiki lagi oleh servis center.

6. Bersihkan Komponen Bagian Belakang dari Debu

Jika terdapat permasalahan pada komponen bagian dalam maka minta tempat servis untuk mengatasi hal tersebut. Coba bersihkan chipset atau prosesor dari debu agar bisa digunakan lagi. Kalau bagian ini kotor dapat dipastikan menyebabkan kinerja perangkat jadi melambat.

7. Ganti Hard Disk dengan Perangkat Baru

Kalau terjadi kerusakan berat pada sistem hard disk, kamu harus membeli hard disk internal yang baru. Meski data di hard disk sebelumnya tidak bisa dipulihkan namun mengganti hard disk dengan yang baru bisa meningkatkan kinerja perangkat.

8. Lakukan Reset dan Hard Reset

Apabila laptop ASUS tidak bisa nyala tapi lampu power hidup disebabkan oleh hardware, kamu bisa coba melakukan hard reset. Cara ini dapat mengembalikan pengaturan perangkat ke setelan pabrik.

  • Untuk melakukan hard reset caranya sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:
  • Pindahkan file penting ke cloud
  • Matikan laptop ASUS
  • Buka casing di belakang laptop
  • Minta bantuan profesional untuk melepaskan semua perangkat eksternal
  • Lepaskan pengisi daya
  • Tekan dan tahan tombol power di keyboard selama 40 detik
  • Sambungkan kabel pengisi daya kemudian aktifkan lagi perangkatnya

FAQ: Pertanyaan Seputar Laptop ASUS Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Bagaimana Cara Masuk ke Safe Mode Saat Laptop ASUS tidak Menyala?

Caranya sangat mudah, silakan masuk ke start kemudian pilih setting. Berikutnya tinggal pilih recovery, restart now, advanced start up, kemudian pilih restart now, ikuti langkah selanjutnya untuk masuk ke safe mode.

Bagaimana Cara Mengatasi Laptop ASUS Black Screen karena LCD Rusak?

Anda bisa mengatasinya dengan cara langsung datang ke tempat servis untuk memperbaiki layar laptop supaya dapat dinyalakan ulang. Mengganti layar LCD harus menyiapkan dana mulai dari Rp 900.000.

Bagaimana Cara Cepat Mengembalikan Layar ASUS yang Menghitam?

Tekan Windows atau Shift+Ctrl+B agar layar kembali aktif.

Artikel Menarik Lainnya: