Macam Macam Struktur Pasar di Indonesia

Mengenali macam macam struktur pasar itu penting bagi pegiat ekonomi. Ini adalah hal yang harus dicermati dengan baik buat para pelaku bisnis yang ingin menjual dagangannya ke berbagai jenis pasar. Selalu kenali aneka jenis struktur pasar yang ada di luar sana.

1 Fashion murah

Pada dasarnya struktur pasar adalah penggambaran karakteristik dan dinamika hubungan antara penjual serta pembeli pada sebuah pasar. Jadi, ada sejumlah perbedaan antara pasar dilihat dari karakteristikannya. Biar jelas, ini dia ulasan tentang struktur pasar.

fashion muslim murah

Jenis Struktur Pasar

Kenalilah jenis struktur pasar yang ada di dunia. Jenis struktur pasar itu pada dasarnya ada empat. Tiap struktur pasar itu mempunyai ciri atau karakterisitik yang berbeda. Memang ada beberapa perbedaan yang menonjol.

Ada pasar yang memiliki jumlah penjual dan pembeli yang sama banyaknya. Ada pula pasar yang hanya memiliki satu penjual saja. Tiap pasar itu bisa dilihat dari struktunya. Ini dia beberapa jenis struktur pasar yang ditinjau dari studi ilmu ekonomi.

1. Struktur Pasar Persaingan Sempurna

Jenis pertama adalah struktur pasar persaingan sempurna. Ini adalah struktur pasar yang memberikan kebebasan kepada penjual atau pembeli. Struktur pasar seperti ini tak mengatur jumlah pembeli dan penjual. Sehingga, jumlah pembeli dan penjual di pasar ini sangat banyak jumlahnya.

Contoh dari pasar persaingan sempurna adalah pasar tradisional. Pada pasar tradisional itu penjual dan pembeli bebas keluar masuk. Produk yang ditawarkan juga sangat beragam. Ini selaras dengan karakterisitk struktur pasar tersebut yang identik dengan jumlah penjual dan pembeli yang banyak.

1 Fashion murah

Di era modern, pasar persaingan sempurna menjelma jadi marketplace seperti Tokopedia dan Shopee. Kedua platform tersebut dipakai untuk melakukan transaksi dari segala macam produk dan juga barang.

2. Struktur Pasar Monopoli

Berikutnya ada struktur pasar monopoli di mana hanya ada satu pedagang besar tanpa ada pesaing. Pada struktur ini, para pembeli hanya membeli suatu barang atau jasa pada satu perusahaan saja. Perusahaan atau pengusaha tunggal ini bebas menetapkan harga jual barang atau produk.

Ada beberapa contoh dari struktur pasar monopoli di Indonesia. Contoh yang paling mudah terlihat tentu saja PLN. PLN menjadi satu – satunya penyedia layanan listrik di Indonesia. Masyarakat yang mau dapatkan pasokan listrik harus ke PLN karena tidak ada opsi lainnya.

Contoh lainnya adalah PDAM. PDAM ini menjadi satu – satunya perusahaan yang sediakan air untuk kebutuhan rumah tangga. Jadi, ketika butuhkan paasokan air, masyarakat hanya bisa berlangganan ke PDAM, bukan ke yang lain.

3. Struktur Pasar Persaingan Monopolistik

Berikutnya ada struktur persaingan monopolistik. Ini adalah struktu gabungan dari pasar persaingan sempurna dan monopolistic. Karakterisitik pasar persaingan monopolistik adalah barang yang dijual sama, tapi mempunyai ciri khas masing – masing.

Di Indonesia bisa dilihat dari produk rokok yang beredar di pasaran. Sejumlah perusahaan sama – sama hasilkan produk rokok. Namun tiap perusahaan memiliki ciri khas tersendiri mulai dari rasa, merek hingga bentuk.

1 Fashion murah

Contoh lainnya bisa dilihat dari produk sabun yang ada di Indonesia. Di Indonesia banyak pilihan sabung mandi. Tiap perusahaan mempunyai jenis sabunnya masing – masing dengan kualitas dna karakteristik yang berbeda – beda.

4. Struktur Pasar Oligopoli

Terakhir ada struktus pasar oligopoli yang memiliki karakterisik perusahaan baru sulit masuk ke pasar. Selain itu, pasar dikuasai oleh sejumlah perusahaan yang saling berhubungan. Penetapan harga dari seuatu barang pada pasar ini berdasarkan kesepatakan bersama.

Pasar Oligopoli bisa dilihat dari industri sepeda motor di Indonesia. Pasar sepeda motor dikuasai oleh perusahaan – perusahaan besar macam Honda, Yamaha hingga Suzuki. Pemain baru bakal sulit masuk karena pasar sudah dikuasai nama – nama besar.

Layanan provider teleokomunikasi juga bisa dijadikan sebagai salah satu contoh. Di pasar provider telekomunikasi itu hanya ada beberapa pemain utama. Mereka saling bersaing untuk mendapatkan konsumen Indonesia. Seringkali terjadi perang harga untuk perebutkan konsumen.

Manfaat Memahami Struktur Pasar

Tentu ada beragam manfaat yang bisa diperoleh dari pemahaman tentang struktur pasar. Dengan memahami semua manfaat yang ada, banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan langsung. Ini dia beberapa manfaat dari memahami struktur pasar.

1. Bisa Memahami Karakter Konsumen

Salah satu manfaat memahami struktur pasar pada studi ekonomi adalah penjual bisa memahami karakter konsumen. Pemahaman yang tepat tentang struktur pasar membuat pedagang bisa paham produk seperti apa yang diinginkan oleh konsumen.

1 Fashion murah

Di tiap struktur pasar itu ada ciri dan karakter konsumen yang berbeda – beda. Perbedaan ini memang harus mendapatkan perhatikan lebih karena berpengaruh besar terhadap keuntungan yang nanti bisa didapatkan.

2. Dapat Menentukan Strategi Pemasaran

Penentuan strategi pemasaran yang tepat juga menjadi manfaat yang bisa diperoleh ketika paham dengan struktur pasar. Strategi pemasaran yang sesuai bisa dipetakan berdasarkan struktur pasar yang akan dimasuki.

Kalau telah tetapkan strategi yang tepat, semuanya akan berjalan lebih lancar. Penjualan bisa meningkat sehingga keuntungan finansial bisa lebih mudah didapatkan juga.

3. Mudah Menentukan Jenis Produk yang Dijual

Penentuan jenis produk yang dijual juga bisa menjadi manfaat utama dari mempelajari struktur pasar. Proses menentukan jenis produk yang akan diperjual belikan memang penting. Tiap pasar memang punya spesifikasi khusus terkait jenis produk yang dijual.

Produk yang dijual bisa diatur sesuai dengan target pasar yang akan dituju. Itulah sebabnya sangat disarankan untuk pelajari seluk beluk dari struktu pasar yang akan dimasuki.

4. Meningkatkan Penjualan

Meningkatkan penjualan juga merupakan manfaat utama dari pelajari struktur pasar. Ketika masuk di salah satu pasar dan menyiapkan strategi yang sesuai, penjualan produk bisa ditingkatkan. Proses tingkatkan penjualan memang selalu penting buat pengusaha.

1 Fashion murah

Jika paham dengan sifat dan ciri – ciri konsumen di sebuah pasar, penjualan produk dan jasa bisa lebih meningkat. Inilah yang membuat studi tentang struktur penting untuk dipelajari.

5. Antisipasti Persaingan

Proses untuk antisipasi persaingan juga jadi manfaat dari dari pelajari struktur pasar. Produsen atau perusahaan bisa mengatur bagaimana mengatasi persaingan yang sangat ketat.

Ketika paham dengan seluk beluk struktur pasar, penjual bisa melihat apa saja ancaman terkini dalam pemasaran atau penjualan. Semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari para pedagang.

Kesimpulan

Itulah tadi ulasan mengenai dasar – dasar dari struktur pasar. Kenalilah semua struktur pasar yang ada untuk dapat melihat karakterisitik dari tiap pasar. Dengan mengetahui hal tersebut, banyak manfaat yang bisa diperoleh. Terutama dalam mengembangkan produk yang dijual di pasar.

Struktur pasar memang jadi hal yang perlu dipelajari pada studi ekonomi. Seperti yang sudah dijelaskan, struktur pasar itu bisa memberikan gambaran kepada pelaku usaha tentang karakteristik dari sebuah pasar. Dari sana bisa dicari informasi dan data penting untuk jalankan aktivitas usaha.

1 Fashion murah

Artikel Menarik Lainnya: