Membaca Puisi dengan Lagu atau Gerak Tubuh Sebagai Alat Bantu Gerak Disebut?

Membaca puisi dengan lagu atau gerak tubuh sebagai alat bantu gerak disebut apa? Apa itu deklamasi? Pertanyaan ini muncul pada soal mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 4 SD tema 6.

Kamu yang membaca tulisan ini pun pasti sedang mencari jawaban dari soal tersebut bukan? Di sini akan dijelaskan apa itu deklamasi? Serta bagaimana cara membaca puisi dengan metode deklamasi itu.

Membaca Puisi dengan Lagu atau Gerak Tubuh Disebut?

Membaca puisi dengan lagu atau gerak tubuh sebagai alat bantu gerak disebut deklamasi. Deklamasi ini merupakan sebuah istilah yang memang erat kaitannya dengan puisi.

Deklamasi menjadi salah satu metode terbaik yang digunakan pembaca puisi untuk membacakan puisi agar terlihat lebih menarik dan lebih bagus.

Apa itu Deklamasi? Atau Pengertian Deklamasi?

Deklamasi merupakan sebuah istilah yang berasal dari bahasa latin “declare atau declaim” artinya membaca hasil karya tulis seperti sajak atau puisi dengan menggunakan gerak tubuh, lagu atau nyanyian.

Menurut KBBI sendiri deklamasi adalah penyajian atau penyampaian sajak/puisi yang dilakukan dengan lagu dan gaya.

Jadi secara harfiah, deklamasi bisa diartikan sebagai kegiatan membacakan puisi atau sajak dengan menggunakan gaya gerak dan lagu.

Orang yang Melakukan Deklamasi Disebut?

Orang yang melakukan deklamasi disebut sebagai deklamator yaitu orang yang membacakan puisi dengan gaya dan lagu. Baik dilakukan di pertunjukan resmi ataupun tidak.

Seorang deklamator membacakan puisi dengan menggunakan gayanya sendiri berdasarkan penghayatan nya pada puisi yang ia baca pada saat tersebut.

Bagaimana Cara Mendeklamasikan Puisi?

Mendeklamasikan puisi memiliki makna membaca, namun membaca tidak bermakna deklamasi. Karena keduanya merupakan 2 hal berbeda.

Cara membaca dan deklamasi puisi itu 2 hal berbeda. Di mana dalam penyampaian deklamasi puisi ada aturan dan hal-hal yang perlu diperhatikan.

Baik gerakan, tanda baca ataupun intonasi suara perlu di perhatikan dengan baik. Sedangkan membaca hanya perlu memperhatikan tanda baca saja tidak perlu perhatikan gerakan dan intonasi.

Adapun cara mendeklamasikan puisi bisa kamu lakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Persiapkan diri dengan baik
  • Perhatikan tanda baca pada setiap kalimat
  • Baca dulu satu kali
  • Hayati setiap kalimatnya
  • Pilih gaya dan pembawaannya dengan baik
  • Perhatikan tanda garis miring tunggal ( / ) ini adalah tanda jeda sebentar biasanya ada di tengah baris atau koma
  • Perhatikan tanda garis miring double ( // ) ini menunjukkan harus berhenti agak lama biasanya ada di akhir kalimat
  • Perhatikan tanda garis miring triple ( /// ) ini menujukan harus berhenti sangat lama, biasanya ada di bagian akhir puisi atau baris terakhir

Akhir Kata

Jadi membaca puisi dengan lagu atau gerak tubuh sebagai alat bantu gerak disebut deklamasi. Deklamasi merupakan istilah membaca puisi atau sajak dengan gaya dan lagu. Istilah ini diadopsi dari bahasa latin declare.

Orang yang mendeklamasikan puisi disebut dengan istilah deklamator atau pembaca puisi dengan gaya dan lagu..

Demikian informasi mengenai deklamasi puisi. Semoga membantu dan bisa memberikan pencerahan dan referensi yang bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya: