Mengapa Dalam Wawancara Kita Harus Memperkenalkan Diri?

mengapa dalam wawancara kita harus memperkenalkan diri terlebih dahulu

Mengapa dalam wawancara kita harus memperkenalkan diri terlebih dahulu? Alasannya adalah agar memberikan kesan baik, sopan dan juga lebih hormat. Sehingga orang yang diwawancarai bisa kenal dengan lawan bicaranya.

Di artikel ini sudah saya tuliskan beberapa alasan mengapa dalam wawancara kita harus memperkenalkan diri terlebih dahulu. Silahkan kamu baca artikel ini sampai selesai.

Mengapa Dalam Wawancara Kita Harus Memperkenalkan Diri Terlebih Dahulu?

Ada beberapa alasan mengapa dalam wawancara kita harus memperkenalkan diri terlebih dahulu, di antaranya:

1. Memberikan kesan pertama yang baik

Saat kita memperkenalkan diri dengan sopan dan jelas, kita dapat memberikan kesan pertama yang baik kepada pewawancara. Hal ini dapat membantu meningkatkan kesempatan kita untuk diterima atau dipertimbangkan sebagai calon kandidat.

2. Menunjukkan sikap sopan dan hormat

Memperkenalkan diri juga merupakan tanda sikap sopan dan hormat terhadap pewawancara. Dengan cara ini, kita menunjukkan bahwa kita memahami pentingnya etika dalam berinteraksi dan berkomunikasi.

3. Mengurangi ketegangan

Memperkenalkan diri juga dapat membantu mengurangi ketegangan atau kecanggungan awal saat memulai wawancara. Kita dapat memulai percakapan dengan ringan dan mengarahkannya pada topik yang lebih serius.

4. Membuat suasana menjadi lebih santai

Memperkenalkan diri dengan cara yang ramah dan santai juga dapat membantu membuat suasana menjadi lebih santai dan menyenangkan bagi kedua belah pihak. Hal ini dapat memudahkan proses wawancara dan membuatnya lebih efektif.

5. Menunjukkan kepercayaan diri

Dengan memperkenalkan diri dengan jelas dan tegas, kita juga menunjukkan kepercayaan diri yang dapat meningkatkan kepercayaan diri pewawancara terhadap kita sebagai calon kandidat.

6. Memberikan gambaran singkat tentang diri kita

Saat memperkenalkan diri, kita dapat memberikan gambaran singkat tentang latar belakang, pengalaman, dan kualifikasi kita yang dapat membantu pewawancara memahami profil dan potensi kita sebagai calon kandidat.

7. Menyamakan persepsi

Memperkenalkan diri juga dapat membantu menyamakan persepsi antara kita dan pewawancara tentang siapa kita dan apa yang kita cari. Dengan demikian, kita dapat memastikan bahwa wawancara berjalan pada jalur yang sama dan berfokus pada hal-hal yang relevan.

8. Meningkatkan kemungkinan mengingat nama

Saat kita memperkenalkan diri dengan jelas, kita juga meningkatkan kemungkinan untuk diingat nama kita oleh pewawancara. Hal ini dapat membantu pewawancara menghubungi kita kembali jika ada tawaran atau peluang kerja yang sesuai dengan profil kita.

9. Menjalin hubungan interpersonal

Memperkenalkan diri juga merupakan langkah awal untuk menjalin hubungan interpersonal yang baik dengan pewawancara. Hal ini dapat membantu kita membangun koneksi atau relasi yang bermanfaat di masa depan.

10. Menunjukkan kesiapan dan keseriusan

Dengan memperkenalkan diri dengan jelas dan tegas, kita juga menunjukkan kesiapan dan keseriusan untuk mengikuti proses wawancara dengan baik. Hal ini dapat meningkatkan kesempatan kita untuk diterima sebagai calon kandidat yang ideal.

Contoh Perkenalan Diri Sebelum Melakukan Wawancara

“Selamat pagi, saya Amanda, calon kandidat untuk posisi Marketing Executive di perusahaan Anda. Saya sangat senang dan berterima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk bertemu dan berbicara lebih lanjut tentang posisi ini.

Saya lulus dari Universitas Gajah Mada dengan gelar Sarjana Pemasaran, dan telah memiliki pengalaman kerja di bidang pemasaran selama tiga tahun. Dalam karir saya, saya telah berhasil mengembangkan beberapa kampanye pemasaran yang sukses dan meningkatkan penjualan produk.

Saya sangat antusias untuk mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan dan bagaimana saya dapat membantu mencapai tujuan pemasaran yang lebih besar. Terima kasih atas kesempatan ini dan saya sangat senang untuk memulai wawancara ini.”

Hanya seorang Blogger enthusiasm dan penikmat kopi saja. Suka berbagi pengetahuan kecil & bercita-cita jadi pengusaha media.

Info Menarik Lain untuk Kamu: