Mengatasi Laptop Dell Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Masalah laptop Dell tidak bisa nyala tapi lampu power hidup bisa terjadi ketika kamu kurang memperhatikan kondisi perangkat. Gangguan tersebut dikenal dengan black screen yang menandai adanya masalah tertentu.

Bagaimana cara mengatasi laptop Dell tidak bisa nyala tapi lampu power hidup? Caranya sangat mudah, kamu harus mengenal penyebabnya serta memahami cara mengatasinya melalui artikel berikut ini.

Alasan Laptop Dell Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Perangkat laptop sangat penting untuk menunjang kebutuhan sehari-hari baik itu untuk pendidikan maupun pekerjaan. Ketika laptop Dell tidak bisa nyala tapi lampu power hidup pasti bikin panik pemiliknya.

Masalah ini tidak hanya terjadi pada laptop dell saja, tapi juga terjadi pada perangkat dengan merek lainnya. Sebelum diatasi, coba pahami dulu penyebab laptop dell tidak bisa nyala tapi lampu power hidup.

1. Terjadi Kerusakan pada Bagian LCD

Penyebab laptop dell tidak bisa nyala tapi lampu power hidup yang pertama biasanya karena kerusakan pada LCD. Bagian ini paling rentan mengalami kerusakan akibat pecah atau socket penghubung terputus.

2. Terdapat Kerusakan pada Driver atau Belum Install Driver

Selain itu, hal ini bisa juga akibat kerusakan pada driver. Driver sendiri sangat penting guna mengoptimalkan kinerja perangkat. Sebelum diaktifkan, pengguna harus install driver terlebih dahulu.

Kalau belum install driver, hal ini dapat menyebabkan perangkat tidak dapat menyala walaupun lampu power dalam keadaan aktif. Kalau ini terjadi pada laptop lama, kamu harus memastikan tidak ada kerusakan pada driver.

3. RAM Penuh atau Kinerjanya Menurun

Saat terjadi kerusakan pada bagian RAM, hal ini bisa menyebabkan perangkat mengalami beberapa masalah lain. Kamu perlu menggantinya dengan yang baru apabila cara sederhana tidak dapat mengatasi masalah pada laptop dell.

4. Baterai Laptop Sudah Rusak

Ketika mendapati laptop tidak bisa nyala tapi lampu charger hidup biasanya karena disebabkan oleh kondisi baterai yang sudah menurun. Ini biasa terjadi ketika kamu sering mengisi daya berlebihan sehingga baterai menjadi kembung.

Cara Mengatasi Laptop Dell Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Setelah mengenal penyebab laptop Dell tidak bisa nyala tapi lampu power hidup, coba atasi hal tersebut dengan cara-cara berikut ini.

1. Buka Casing Bagian Belakang Laptop untuk Memeriksa Baterai

Langkah sederhana untuk mengatasi laptop Dell tidak bisa nyala tapi lampu power hidup adalah memeriksa baterai. Kalau kamu tidak bisa melakukannya sendiri, coba minta bantuan teknisi atau orang yang paham dengan elektronik.

Lihat bagian baterai untuk memastikan kondisinya, selain itu cek juga bagian kabel penghubung dengan bagian lainnya. Jangan lupa hubungkan perangkat ke stop kontak dalam mode mengisi daya. Jika benar penyebabnya karena baterai, coba ganti komponen baterai dengan yang baru.

2. Cek Kondisi Layar

Berikutnya coba atasi laptop Dell tidak bisa nyala tapi lampu power hidup dengan memeriksa kondisi layar. Untuk memeriksanya sangat mudah, lepaskan semua komponen eksternal.

Tanda kalau terjadi kerusakan layar biasanya ketika mesin berjalan stabil tapi tidak ada cahaya pada layar laptop. Minta bantuan ke service center untuk mengganti layar LCD.

3. Coba Akses Safe Mode untuk Mengatasinya

Jika terjadi kendala akibat virus atau malware coba akses safe mode di perangkat. Temukan aplikasi yang membawa masalah pada perangkat kemudian hapus aplikasi tersebut.

4. Bersihkan RAM

Agar tidak terjadi black screen pada layar laptop Dell, kamu harus rajin membersihkan RAM perangkat. Hal itu bisa membersihkan sampah data tidak penting agar perangkat bekerja secara optimal.

Perawatan lainnya, coba buka perangkat kemudian bersihkan debu di dalam mesin eksternal terutama di bagian RAM. Debu-debu ini akan menghambat kinerja RAM dan komponen lainnya.

Kalau RAM sudah rusak total, lebih baik diganti saja dengan yang baru supaya perangkat bisa digunakan lagi.

5. Coba Install Ulang Driver

Gangguan laptop Dell tidak bisa nyala tapi lampu power hidup dapat diatasi dengan install ulang driver. Setiap serie laptop Dell mempunyai driver berbeda-beda, kamu harus memastikan driver yang di install sesuai dengan tipe perangkat yang dimiliki.

Cara Mengatasi Laptop tidak Mau Menyala Lampu Indikator Hidup

Laptop Dell tetap black screen atau tidak menyala meski lampu indikator hidup? Lampu indikator pada laptop tak hanya untuk power saja, tapi bisa lampu untuk baterai, hardisk, wifi, numlock, serta ethernet. Bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini panduan singkatnya.

1. Pastikan tidak Ada Masalah pada VGA

Kalau lampu pada seluruh indikator sudah menyala tapi layar laptop tetap tidak mau menyala caranya periksa kondisi VGA laptop. VGA atau Video Graphics Adapter dapat menerjemahkan data dari CPU ke layar monitor.

Jika terjadi masalah pada VGA tentu sangat menghambat layar untuk menyala. Ini tak hanya terjadi pada laptop Dell saja, bisa juga pada merek ASUS hingga Lenovo. Bawa ke tempat service untuk memeriksa kondisinya.

2. Periksa Setiap Kabel Di dalam Komponen Mesin

Untuk memastikan tidak terjadi masalah pada kabel, coba buka komponen mesin laptop Dell. Lihat kabel-kabel di dalamnya untuk memastikan tidak ada kabel yang terputus.

3. Lakukan Force Shutdown

Cara mengatasi laptop tidak mau menyala lampu indikator hidup bisa dengan melakukan force shutdown. Tekan tombol power yang lama untuk mengatasi masalah tersebut. Aktifkan perangkat lagi setelah beberapa saat.

FAQ: Pertanyaan Seputar Laptop Dell tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Apakah Laptop Dell Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup Dapat Diatasi Sendiri?

Kalau kamu kurang paham elektronik, sebaiknya minta bantuan service center dan siapkan budget mulai dari 1 juta atau lebih tergantung tipe laptop Dell yang kamu punya. Kalau meminta bantuan service center masalah bisa teratasi lebih cepat.

Apakah Kerusakan Hardisk Berpengaruh pada Laptop Dell tidak Bisa Nyala?

Iya, ketika SSD atau hardisk mengalami kerusakan dapat menyebabkan layar tidak menyala. Kamu harus masuk ke mode BIOS untuk mengatasi masalah ini.

Berapa Biaya Ganti Baterai dan Layar LCD Laptop Dell?

Harga baterai laptop disesuaikan dengan tipe-nya mulai dari 300 ribu- 1 jutaan. Sementara itu harga service LCD layar laptop Dell mulai dari 1.8 juta- 2.4 juta.

Artikel Menarik Lainnya: