Mengenal Ukuran Statistika Deskriptif Numerik

Apa itu ukuran statistika deskriptif numerik? Dalam metode penelitian, ukuran statistika deskriptif numerik adalah sebuah penjelasan tentang pemusatan data, penyebatan data dan juga distribusi data. Ada beberapa jenis ukuran statistika deskriptif dalam metode penelitian.

1 Fashion murah

Data memang perlu disajikan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan konsep ukuran statistika deskriptif. Dalam banyak penelitian, ukuran statistika deskriptif memang sering dipakai. Agar lebih jelas, ini dia penjelasan tentang ukuran statistika deskriptif.

fashion muslim murah

Konsep Dasar Statistika Deskriptif

Ukuran statistika deskriptif numerik pada sebuah analisis data digunakan untuk menyajikan nilai – nilai yang obyektif dan mudah mudah dihitung. Dalam statistika ini, data diuraikan untuk menerangkan sebuah keadaan, gejala atau persoalan.

Satu satu ahli, Pangestu Subagyo menyatakan bahwa yang dimaksud dengan statistika deskriptid adalah bagian statistika mengenai pengumpulan data, penyajian, penentuan nilai – nilai, hingga pembuatan diagram demi penyajian data yang mudah dipahami.

Dalam sistematika statistika deskriptif numerik itu ada beberapa ukuran letak. Ada rata – rata hitung atau biasa dikenal dengan Mean. Ada pula ukuran Median yang merupakan nilai tengah dari suatu data. Keduanya diperoleh dengan penggunaan rumus sederhana.

Pada intinya, statistika deskriptif ini menjadi salah satu metode penyajian data yang cukup populer dalam proses penelitian. Metode ini memang berperan besar dalam sajikan data yang mudah dibaca khalayak. Karenanya, sistem statistika deskriptif numerik banyak dipakai oleh para periset.

1 Fashion murah

Perbedaan Statistika Deskriptif dengan Statistika Inferensial

Ada sejumlah perbedaan antara statistika deskriptif dengan statistika inferensial. Perbedaan ini perlu dipahami juga oleh para peneliti. Berikut ini beberapa perbedaan antara statistika deskriptif dengan statistika inferensial yang penting untuk diketahui.

1. Tujuan Utamanya

Perbedaan yang paling mendasar adalah tujuan utama dari kedua metode tersebut. Statistika deskriptif itu digunakan untuk menggambarkan sebuah situasi. Sementara statistka inferensial untuk menjelaskan kemungkinan terjadinya sebuah peristiwa di masa depan.

2. Penyajian Datanya

Perebdaaan juga terletak pada proses penyajian datanya. Pada statistika deskriptif data disajikan secara teratur supaya lebih mudah dibaca audiens. Sementara statistka inferensial sajian datanya berupa perbandingan data yang telah diolah sedemikian rupa.

3. Hasil yang Ingin Dicapai

Perbedaan lainnya juga terletak pada hasil yang ingin dicapai. Pada statistika deskriptif itu menjelaskan data terkait sampel atua populasi tertentu dalam ukuran kecil. Sementara statistika inferensial bertujuan untuk tarik kesimpulan dari seluruh populasi.

4. Gambaran Kesimpulannya

Gambaran dari kesimpulan juga berbeda. Kesimpulan pada statistikan deskirptif itu disajikan dalam bentuk bagan, grafik maupun tabel. Sementara pada statistika inferensial gambaran kesimpulannya menggunakan metode probabilitas.

Mengenali Jenis Ukuran Statistika Deskriptif Numerik

Dalam statistika deskriptif ada yang yang namanya ukuran numerik. Seperti namanya, statistika ini berpegang pada penyajian data numerik berupa simbol nomor serta bilangan. Sehingga, data yang disajikan dalam statistikan deskriptif numberik biasanya dalam bentuk angka.

1 Fashion murah

Ukuran statistika deskriptif numerik dibagi menjadi dua. Yakni ukuran pemusatan data dan ukuran penyebaran data. Dengan ukuran statistika yang tepat, sajian penelitian akan lebih mudah dipahami. Berikut ini penjelasan tentang jenis ukuran statistikan deskriptif numerik.

1. Ukuran Pemusatan Statistika Deskriptif Numerik

Ukuran pemusatan statisatika deskriptif numerik  ada beberapa jenisnya. Seperti yang sudah disebutkan di awal, memang ada ukuran tertentu dalam statistika deskriptif. Berikut ini beberapa jenis dari ukuran pemusatan statistika deskriptif numerik.

a. Mean

Pertama adalah mean yang merupakan rata – rata nilai. Dalam statistika deskriptif numerik, mean adalah nilai yang mewakili himpunan atau sekelompok data. Mean didapat dengan menjumlahkan seluruh individu dalam kelompok dan kemudian dibadi dengan jumlah individu tersebut.

b. Median

Berikutnya ada istilah median yang merupakan nilai yang terletak di kelompok data. Median ini adalah batas tengah antara nilai terkecil sampai dengan yang terbesar pada kelompok data. Median ini letaknya pastinya berada di tengah – tengah dari nilai total.

1 Fashion murah

c. Modus

Terakhir ada data yang bernama modus. Dalam pemusatan statistika deskriptif, modus adalah data yang paling sering muncul pada sebuah penelitian. Modus juga diartikan sebagai nilai mayoritas atau nilai dengan frekuensi paling tinggi di antara yang lain.

2. Penyebaran Data Statistika Deskriptif Numerik

Selain itu ada pula ukuran persebaran data statistika deskriptif. Selain ukuran letak pusat, memang ada ukuran persebatan yang jadi pedoman dalam menganalisis variasi di sekitar pusat data. Berikut ini penyebaran data statistikan deskriptif numerik.

a. Varians

Dalam data statistika deskriptif, varians adalah standar devisiasi yang dipakai untuk mengetahui persebaran dari suatu data kuantitatif. Variasi ini menjelasakan ukuran seberapa jauh sebuah kumpulan dari bilangan terbesar.

b. Kuartil dan Persentil

1 Fashion murah

Pada data statistika deskriptif, kuartil dan persenteil adalah penyajian informasi mendetil mengenai bagaimana suatu data terseba dari nilai terkecil hingga terbesar. Ukuran ini dipakai untuk memperoleh nilai persentase dari sebuah objek penelitian.

c. Koefisien Variasi

Berikutnya adalah ukuran koefisien variasi yang merupakan proses membandingkan dua atau lebih data yang punya rata – rata atau pengukuran yang berbeda. Koefisien variasi didapat melalui pembagian nilai standar deviasi dengan nilai rata – rata.

Manfaat Penyajian Data dengan Ukuran Statistika Deskriptif

Ada beberapa manfaat dari penyajian data dengan ukuran statistika deskriptif numerik. Semua manfaat ini memang bisa diperoleh para pembaca data. Berikut ini beberapa manfaat dari penyajian data dengan ukuran statistika deskriptif numerik.

1. Memudahkan Membaca Laporan Penelitian

Salah satu manfaat dari penyajian data dengan ukuran statistika deskriptif numerik adalah memudahkan proses membaca laporan penelitian. Keberadaan statistia deskriptif ini memang hadir untuk berikan kemudahan kepada para pembaca penelitian.

2. Bisa Menarik Kesimpulan yang Logis

Manfaat lainnya adalah bisa menarik sebuah kesimpulan yang logis. Dalam proses penelitian, proses membuat kesimpulan memang jadi lebih mudah. Kesimpulan memang bisa lebih mudah ditarik dengan bantuan ukuran statistika deskriptif numerik.

1 Fashion murah

3. Mempermudah Proses Pengambilan Keputusan

Pahamilah juga kalau manfaat dari penyajian data dengan ukuran statistika deskriptif numerik adalah mempermudah proses pengambilan keputusan. Keputusan bisa lebih mudah diambil ketika ada bantuan dari ukuran data deskriptif numerik.

4. Memprediksi Keadaan di Masa Depan

Keberadaan ukuran statistika deskriptif numerik juga bisa memprediksi keadaan di masa depan. Sejumlah peristiwa atau keadaan bisa diramalkan atau diprediksikan berdasarkan ukuran statistika deskriptif numerik yang tersaji dalam sebuah penelitian.

Kesimpulan

Itulah penjelasan tentang ukuran statistika deskriptif. Uraian di atas mungkin bisa menjelaskan secara mendasar tentang apa itu ukuran statistika deskriptif dan segala macam fungsinya. Dalam dunia peneletian, metode ini memang perlu mendapatkan atensi.

Buat yang ingin terjun ke dunia penelitian, pemahaman tentang ukuran statistika deskriptif akan memberikan banyak bantuan. Maka dari itu, usahakan untuk mempelajari dengan pasti segala hal yang berkaitan dengan ukuran statistika deskriptif dalam sebuah penelitian.

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu