Menurut Bahasa Thawilah Berarti? [Arti, Ciri & Contohnya]

Menurut bahasa Thawilah berarti? Ini adalah pertanyaan yang muncul pada mata pelajaran agam Islam di SLTP yang membahas hukum MAD atau bacaan panjang pendek pada Alquran.

1 Fashion murah

Jawabannya akan kamu temukan di sini lengkap dengan penjelasan dan contohnya pada Alquran. Setelah mempelajari ini, kamu akan paham beberapa hal berikut ini:

fashion muslim murah
  • Paham arti Thawilah menurut bahasa
  • Paham ciri-ciri Thawilah dalam Alquran
  • Mengetahui contoh-contoh Thawilah

Mari kita mulai pembahasan nya dari point yang pertama.

Menurut etimologi bahasa, Thawilah adalah panjang atau memanjangkan. Definisi diambil dari pengertian mad itu sendiri, Thawilah adalah salah satu jenis hukum mad.

Sedangkan menurut istilah, Thawilah merupakan salah satu hukum mad bernama”Mad silah Thawilah” yang dimana huruf ‘Ha’ Dhamir bertemu dengan hamzah dalam satu kalimat namun dengan kata berlainan.

Menurut Imam Zarkasyi dalam Pelajaran Tajwid (1987) menuliskan bahwa hukum bacaan mad shilah thawilah wajib dilafalkan dengan panjang 4-5 harakat (Tirto.id).

1 Fashion murah

Ciri-Ciri Mad Shilah Thawilah

Untuk mempermudah kamu menghafalkan dan mengenali hukum bacaan mad Shilah Thawilah kamu harus paham dulu ciri dari mad Shilah Thawilah tersebut.

Saya sendiri ketika belajar menghafalkan hukum bacaan seperti ini, maka akan saya buatkan rincian ciri-ciri dari masing-masing hukum bacaan tersebut tujuannya agar lebih mudah mengetahui hukum bacaan tersebut secara jelas.

Adapun beberapa ciri dari mad Shilah Thawilah, di antaranya yaitu:

  • Terdapat huruf ‘Ha’ hidup (Bersyakal)
  • Di depan huruf ‘Ha’ ada huruf hamzah
  • Kedua huruf ini hidup dan bersayakal
  • Dibaca 4 harakat

Contoh Mad Shilah Thawilah

Contoh hukum Mad Shilah Thawilah dalam Alquran itu ada banyak sekali. Mungkin ada ratusan atau bahkan ribuan. Agar kamu lebih mudah memahaminya, berikut ini saya tuliskan contoh-contoh hukum bacaan Mad Shilah Thawilah:

1. Surah Al-Muthaffifin Ayat 12

وَمَا يُكَذِّبُ بِهِۦٓ إِلَّا كُلُّ مُعْتَدٍ أَثِيمٍ

Latinnya: “Wa mā yukażżibu bihī illā kullu mu’tadin aṡīm“.

1 Fashion murah

Penjelasan hukum bacaan: Hukum mad Shilah Thawilah terdapat pada huruf ‘Ha’ Dhamir yaitu ‘Hi’ (هِۦٓ ) bertemu dengan hamzah yaitu ‘I’ (إِ).

2. Surat Al Baqarah ayat 90

بِهِ أَنْفُسَهُمْ
Latinnya: “Bihii angfusahum“.

Penjelasan hukum bacaan: Hukum mad Shilah Thawilah terdapat pada huruf Ha yaitu bihi atau ‘hi’ (هِ) berhadapan dengan hamzah (أَ).

3. Surat Ali Imran ayat 7

تَأْوِيلَهُ إِلَّا اللَّهُ
Latinnya: “takwiilahuu illallah“.

Penjelasan hukum bacaan: Hukum Mad Shilah Thawilah terdapat pada huruf Ha yaitu ‘Hu’ (هُ) berhadapan dengan huruf hamzah (إِ).

4. Surat Ali Imran ayat 30

وَبَيْنَهُ أَمَدًا بَعِيدًا
Latinnya: “Wabainahuu amadamba’iidaa“.

1 Fashion murah

Penjelasan hukum bacaan: Penjelasan hukum bacaan: Hukum Mad Shilah Thawilah terdapat pada huruf Ha yaitu ‘Hu’ (هُ) berhadapan dengan huruf hamzah (إِ).

5. Surat Ali Imran ayat 36

وَضَعْتُهَا أُنْثَىٰ
Latinnya: “wadho’tuhaa untsaa”.

Penjelasan hukum bacaan: Hukum Mad Shilah Thawilah terdapat pada huruf Ha yaitu ‘Ha’ (هَ) berhadapan dengan huruf hamzah (إِ).

Akhir Kata

Jadi, menurut bahasa Thawilah berarti panjang atau memanjangkan bacaan hingga 4-5 harakat. Contohnya bisa kamu lihat pada penjelasan di atas.

Jika ada pembahasan kurang jelas atau materinya yang kurang silahkan tanyakan di kolom komentar ya. Terimakasih.

1 Fashion murah

Artikel Menarik Lainnya: