13 Daftar Nama Alat Musik Jawa Tengah [Terlengkap]

Jawa Tengah terkenal dengan seni musik gamelan, padahal masih banyak alat musik lain yang tak kalah menghibur. Kenali nama alat musik Jawa Tengah lainnya agar kamu bisa melestarikannya.

Generasi muda saat ini wajib mengenal alat musik tradisional agar budaya dan seni tidak terlupakan. Oleh sebab itu, kamu harus mengenal nama alat musik Jawa Tengah, fungsi, dan cara memainkannya.

Mengenal Sejarah dan Perkembangan Alat Musik di Jawa Tengah

Jawa Tengah merupakan salah satu daerah di Indonesia yang dikenal karena seni dan kearifan lokalnya. Dulunya, wilayah ini menjadi daerah penyebaran agama Hindu dan Buddha sehingga menjadi awal kehadiran alat musik seperti gamelan.

Gamelan di Jawa Tengah merupakan alat musik tertua yang katanya dibuat oleh Sang Hyang Guru di era Saka. Dulunya, alat ini digunakan untuk memanggil dewa dari yang awalnya satu berubah jadi beberapa gamelan.

Singkatnya di awal abad ke 17, musik gamelan mulai berkembang karena digabungkan dengan alat musik lainnya dari Bali hingga Sunda.

Mengenal Nama Alat Musik Jawa Tengah

Setelah mengenal sekilas mengenai sejarah musik yang berkembang di Jawa Tengah, selanjutnya kenali nama alat musik Jawa Tengah berikut ini.

1. Kendang

Kendang atau gendang merupakan salah satu nama alat musik Jawa Tengah yang cukup populer. Fungsi alat ini salah satunya guna mengatur irama serta tempo lagu.

Umumnya, kendang dibuat dari kayu pohon cempedak, nangka, kelapa, hingga kulit kerbau. Semakin kuat ikatan tali rotan pada kulit, maka suara yang dihasilkan semakin keras. Cara memainkannya dipukul menggunakan telapak tangan.

2. Gong

Gong merupakan salah satu alat musik yang dapat kamu temukan di Jawa Tengah. Alat ini dibuat dari material tembaga atau logam bentuknya bulat dan besar seperti kuali. Umumnya, instrumen ini memiliki diameter antara 69-105 cm.

Penempatannya cukup unik karena digantung pada tiang kayu, cara memainkannya dipukul menggunakan alat. Suara yang dihasilkan biasanya nada rendah dan bergelombang.

3. Demung

Demung dapat menghasilkan sejumlah nada, alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul. Terdapat beberapa jenis demung yakni demung pelog dan slendro. Kecepatan tempo ketukan pada demung mengikuti lagu atau pemainnya.

Pada Gendhing Gangsaran, demung dimainkan dengan cepat dan keras. Tapi saat main musik Gati, biasanya dimainkan dengan perlahan-lahan namun tetap keras. Demung juga dimainkan secara pelan ketika digunakan untuk mengiringi lagu.

4. Gambang

Nama alat musik Jawa Tengah berikutnya adalah Gambang, cara memainkannya sama saja dengan alat lain yakni dipukul. Gambang biasanya digunakan untuk mengiringi lagu karena dapat mengeluarkan irama Doremifasolasi.

Gambang terdiri dari 20 rangkai belahan bambu sebagai penghasil nada. Alat ini digunakan ketika pentas kesenian gambang kromong.

5. Siter

Siter merupakan bagian dari alat musik gamelan, umumnya alat ini dimainkan pada gamelan Jawa Tengah maupun Jawa Barat. Ukuran alat musik ini sepanjang 30 cm, siter ini dimainkan dengan cara dipetik seperti kecapi.

Untuk memainkan siter, kamu harus menempatkan ibu jari untuk memetik senar sedangkan jari lain menahan getaran saat senar sedang dipetik.

Untuk memainkannya, kamu harus menempatkan jari-jari tangan kanan di bawah senar serta jari-jari tangan kiri di atas senar.

6. Kentongan

Kentongan dikenal sebagai salah satu nama alat musik Jawa Tengah yang dibuat dari kayu jati atau bambu. Alat ini diukir sehingga tampilannya bagus, beberapa orang menyebut instrumen ini sebagai jidor.

Alat musik yang satu ini lebih populer sebagai alat komunikasi tradisional. Cara memainkannya harus dipukul dengan alat bambu juga.

7. Suling

Alat musik yang satu ini dibuat dari bambu serta dimainkan dengan cara ditiup. Selain ditemukan di Jawa Tengah, alat ini juga ditemukan di daerah Indonesia lainnya.

Penggunaan alat ini biasanya digabungkan dengan alat musik lain supaya menghasilkan melodi yang murni.

8. Slenthem

Slenthem merupakan bagian dari gamelan, biasanya dibuat dari logam tipis dengan ukuran besar. Alat ini direntangkan pada sebuah tabung serta disusun bersama dawai.

Alat ini berfungsi untuk mengeluarkan timbre saron, balungan, serta ricik. Orang-orang sering menyebut slenthem sebagai penembung. Nada pelog yang dihasilkan dari alat ini mulai dari C-B sedangkan slendro menghasilkan nada C, D, E, G, A, C.

Untuk memainkan slenthem, kamu harus memukul balungan sementara itu getaran ditahan oleh tangan kiri.

9. Saron

Saron juga salah satu nama alat musik Jawa Tengah yang termasuk ke dalam balungan. Alat ini terdiri dari 7-14 bilah yang dibuat dari logam. Dalam permainan gamelan dibutuhkan 4 saron untuk menghasilkan pentatonis, pelog, dan slendro.

Alat ini juga dimainkan dengan cara dipukul, untuk menentukan kecepatan getaran ada komando gendang sebagai orang yang mengaturnya. Alat ini bisanya ditabuh dengan keras, lambat, pelan, dan halus.

10. Kenong

Alat musik yang ke 10 ini dimainkan dengan cara dipukul, nama alatnya adalah kenong. Biasanya, alat ini disertakan dalam permainan gamelan. Alat musik yang satu ini biasanya digunakan untuk mempertajam ritme serta menyangga akord.

Biasanya alat ini dikenal sebagai perkusi dengan ukuran yang lebih besar dari bonang. Kenong disusun pada alas kayu dengan dilengkapi tali supaya tidak bergoyang ketika dimainkan.

11. Gamelan

Ciri khas musik di Jawa Tengah adalah gamelan, alat yang satu ini sering digabungkan dengan gong, gendang, gambang, serta metalofon. Alat musik ini juga dikenal sebagai bagian dari musik ansambel tradisional dari Indonesia.

Selain di Jawa Tengah, alat musik ini biasanya ditemukan di Lombok, Bali, dan Madura. Gamelan termasuk alat musik yang cukup tua yakni sudah ada sejak tahun 404 masehi.

Biasanya, gamelan juga digunakan untuk mengiringi tarian, dakwah, atau menyambut acara-acara penting.

12. Bonang

Bonang adalah salah satu alat musik dari Jawa Tengah yang dibuat dari bahan logam serta kuningan. Sama dengan instrumen lainnya, alat ini dimainkan dengan cara dipukul.

Ada 2 jenis bonang yang sering dimainkan di Jawa Tengah yakni bonang barung dan bonang penerus.

12.1. Bonang Barung

Bonang barung dapat menghasilkan nada tinggi, biasanya dimainkan sebagai pembuka serta memandu lagu.

12.2. Bonang Penerus

Sementara itu, bonang penerus merupakan alat yang bentuknya lebih kecil dengan nada yang tinggi. Bonang yang satu ini tidak digunakan sebagai lagu pendoman sebab memiliki kecepatan dan nada yang tinggi.

Untuk memainkan alat ini biasanya digunakan untuk mengikuti alur lagu pad bonang barung.

13. Gender

Berikutnya adalah alat musik yang dikenal dengan gender, alat ini juga salah satu bagian dari gamelan Bali dan Jawa. Di dalam instrumen ini terdiri dari 10-14 belahan logam, suara yang dihasilkan dari alat ini berbeda-beda mengikuti skala permainan.

Akhir Kata

Ada belasan nama alat musik Jawa Tengah yang umumnya dimainkan dengan mengikuti gamelan. Alat-alat ini biasanya dimainkan dalam pementasan musik ansambel tradisional maupun pementasan seni lainnya.

Artikel Menarik Lainnya: