Mengenal Nomor Identifikasi Bank (BIN) Di Kartu Kredit Dan Debit

Mengenal Nomor Identifikasi Bank (BIN) di Kartu Kredit dan Debit

Nomor Identifikasi Bank (BIN) adalah enam hingga delapan digit pertama pada kartu kredit atau debit, yang dapat ditemukan baik di bagian depan maupun belakang kartu.

Juga dikenal sebagai Nomor Identifikasi Penerbit (IIN), BIN digunakan untuk mengidentifikasi lembaga keuangan yang menerbitkan kartu tersebut. Ini memainkan peran penting dalam transaksi keuangan global.

Semua penerbit utama kartu kredit seperti Discover, American Express, Bank of America, VISA, MasterCard, dan Capital One memiliki BIN yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi mereka.

Mengidentifikasi BIN Anda

Karakter pertama dari BIN disebut sebagai pengenal industri. Misalnya, 4 atau 5 milik lembaga keuangan. Sektor lain seperti perhotelan, maskapai penerbangan, dan hiburan memiliki angka yang terkait dengan mereka.

Digit pertama dalam BIN disebut sebagai pengenal industri utama (MII). Kartu yang tergabung dalam jaringan pembayaran MasterCard seringkali dimulai dengan 5 atau 2 sedangkan kartu yang tergabung dalam jaringan pembayaran VISA biasanya dimulai dengan 4. Angka 2 diberikan kepada sektor maskapai penerbangan dan keuangan, dan angka 4 dan 5 diberikan kepada sektor perbankan dan keuangan.

Semua 14, 15, 16, atau 19 digit dalam nomor kartu membentuk nomor rekening utama (PAN). PAN mengidentifikasi penerbit kartu dan rekening yang mendukung kartu tersebut.

Visa dan MasterCard mulai meluncurkan BIN delapan digit pada tahun 2022 untuk mengatasi kelangkaan yang disebabkan oleh ekspansi global kartu pembayaran. Meskipun BIN enam digit tradisional masih ada, mereka tidak lagi diterbitkan oleh jaringan pembayaran.

Pencarian BIN

Ada beberapa platform pencarian BIN yang dapat digunakan pedagang online untuk memeriksa dan memvalidasi transaksi.

Demikian pula, pemegang kartu dapat menggunakan pencarian IIN untuk memeriksa detail kartu mereka, termasuk skema/jaringan, merek, bank, negara, dan jenis kartu. Anda dapat mendapatkan detail ini dengan memasukkan enam hingga delapan digit pertama.

BIN akan mengungkapkan informasi berikut:

Bank Penerbit

Merek Kartu: MasterCard atau VISA?

Jenis Kartu: Kredit atau Debit?

Tingkat Kartu

Nama Negara ISO: Britania Raya atau Amerika Serikat?

Kode Negara ISO A2: DE untuk Jerman, AS untuk Amerika Serikat, dll.

Kode Negara ISO A3: GBR untuk Britania Raya sementara ARE adalah untuk Uni Emirat Arab, dll.

Nomor Negara ISO: 124 untuk Kanada, 036 untuk Australia, 710 untuk Afrika Selatan, dll.

Situs Web Penerbit

Kontak Penerbit

Hanya seorang Blogger enthusiasm dan penikmat kopi saja. Suka berbagi pengetahuan kecil & bercita-cita jadi pengusaha media.

Artikel Menarik Lainnya: