30 Novel Paling Populer di Indonesia & Dunia Sepanjang Masa

Novel paling populer di Indonesia yaitu layangan putus, Dikta dan Hukum, Laut Bercerita. Sedangkan novel paling populer di dunia yaitu Le Petit Prince, A Tale of Two Cities & Harry Potter.

Beberapa novel ini tidak hanya populer sebagai karya tulis saja, tapi juga berhasil dijadikan sebuah karya film layar lebar. Bahkan mungkin kamu baru tahu kalo film yang sering kamu tonton itu ternyata berasal dari karya tulis novel.

Novel Paling Populer di Indonesia

Berikut ini disajikan 30 novel paling populer di Indonesia yang memiliki isi cerita cukup menarik.

1. Layangan Putus

Novel populer yang pertama adalah Layangan Putus karya Mommy ASF. Bercerita tentang rumah tangga Kinan dan Aris yang hancur akibat adanya orang ketiga.

Kabarnya, cerita Layanan Putus diambil dari kehidupan nyata Mommy ASF.

2. Dikta dan Hukum

Novel kedua adalah Dikta dan Hukum karya Dhia’ah Farah. Bercerita tentang seorang mahasiswa hukum bernama Dikta yang dijodohkan dengan siswi kelas 12 bernama Nadhira.

Awal perjodohan tidak berjalan lancar karena Nadhira sudah memiliki pujaan hati. Hingga suatu saat muncul rasa tertarik diantara keduanya.

3. Laut Bercerita

Novel karya Leila Salikha Chudori bertema historical ini menceritakan tentang kekejaman yang diterima oleh kelompok mahasiswa pada masa Orde Baru.

Belum lama ini, Laut Bercerita membuka pre-order dalam bentuk hardcover.

4. Jakarta Sebelum Pagi

Novel satu ini adalah karya dari penulis yang memiliki nama unik, yaitu Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie.

Bercerita tentang Emina, seorang pekerjaan kantoran yang tinggal di kota metropolitan dan menerima surat misterius entah dari siapa.

5. 00.00

Novel karya penulis muda bernama Ameylia Falensia ini awalnya dipublikasikan dalam bentuk cerita bersambung di suatu platform baca. Menceritakan tentang kehidupan Lengkara yang sangat hancur.

Keluarganya yang berantakan dan kehilangan Masnaka, orang yang dia cintai, membuat Lengkara tidak ingin hidup.

6. Kisah Tanah Jawa

Novel keenam adalah novel bergenre horor karya Mada Zidan (Mbah KJ) dan Bonaventura D Genta dan Hari Hao (Om Hao). Berisi tentang mitos-mitos yang telah dipercaya oleh masyarakat, khususnya masyarakat Jawa.

7. Geez dan Ann

Sebuah kisah karya atau Tsana atau Rintik sedu. Bercerita tentang kisah cinta remaja bernama Keana Amanda (Ann) dan Gazza Chayadi (Geez) yang dibatasi oleh jarak.

Geez adalah sosok penuh misteri, banyak hal mengenai dirinya yang sulit Ann pahami.

8. Laskar Pelangi

Sebuah novel dari Andrea Hirata yang pertama kali terbit pada tahun 2005.

Bercerita tentang perjuangan anak-anak SD Muhammadiyah di Belitung yang berasal keluarga miskin berusaha menempuh pendidikan dengan semangat tinggi.

9. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

Novel karya Marchella FP ini Novel Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini menceritakan tentang seorang ibu berusia 27 tahun bernama Awan. Awan menuliskan keinginannya di masa depan agar bisa dibaca oleh anaknya.

10. LukaCita

Novel karya Valerie Patkar ini bercerita tentang pemimpi yang masih tetap terluka, walaupun berhasil menggapai cita-cita. Javier, pendiri perusahaan startup dan Utara, mantan atlet catur yang penakut.

11. A+

Novel karya Ananda Putri ini menceritakan tentang lima siswa terbaik di SMA Bina Indonesia yang bersatu menyusun pemberontakan kepada sekolah dengan bantuan mantan Presiden Ikatan Alumni.

12. Dear Nathan

Novel karya Erisca Febriani ini menceritakan tentang percintaan masa SMA antara Nathan dengan Salma. Pertemuan pertama yang cukup unik, yaitu ketika Nathan membantu Salam lolos melewati gerbang karena terlambat, berlanjut hingga keduanya saling mencintai.

13. Mariposa

Novel karya Luluk HF ini juga merupakan novel percintaan remaja. Mariposa merupakan cerita perpaduan genre romance dan comedy.

Tentang Acha yang sangat ingin mendapatkan Iqbal, cowo super dingin di sekolah.

14. Antares

Masih tentang cerita remaja masa SMA, novel karya Rweinda ini menceritakan tentang Antares dan Zea yang saling jatuh cinta setelah pertempuran-pertemuan yang sangat klise.

Keduanya merupakan anak geng motor.

15. Lavender

Novel karya Astri Salvia Aznani bercerita tentang Calista yang ingin menegakkan keadilan hingga Cakrawala datang dan menggoyahkan prinsip awalnya.

Sebuah quote terkenal Lavender adalah “Terkadang, dibutuhkan monster lain untuk bisa melawan monster yang sebenarnya.”

Novel Paling Populer di Dunia

Novel populer di dunia, diantaranya:

1. Le Petit Prince

Novel ini dalam bahasa Indonesia berjudul Pangeran Cilik. Merupakan novel karya Antoine de Saint-Exupery.

Menceritakan tentang pertemuan seorang pilot dengan pangeran cilik asalnya dari luar angkasa. Mereka bertemu di tengah-tengah Gurun Sahara.

2. The Hobbit

Merupakan novel karya J.R.R. Tolkien yang memiliki genre fantasi. Novel ini akan membawamu berpetualang dan berburu harta karun bersama tokoh bernama Bilbo Baggins.

3. The Lord of the Rings

Novel lain karya J.R.R. Tolkien yang populer ini bercerita tentang Frodo yang diberi warisan cincin berkekuatan jahat. Lalu, dia melakukan perjalanan panjang ke Mount Doom demi menghilangkannya.

4. A Tale of Two Cities

Adalah novel sejarah karya Charles Dickens yang berlatar di Paris dan London.

Novel ini menceritakan tentang Dokter Manette Prancis, dari mulai ia dipenjara sampai saat dia dibebaskan dan bertemu putrinya yang belum pernah bertemu.

5. Impian di Bilik Merah

Juga berjudul Impian dari Paviliun Merah adalah karya Cao Xueqin yang menceritakan tentang perjuangan Jia Baoyu dan Lin Daiyu.

Mereka berdua berjuang untuk bebas dalam hal cinta dan perkawinan yang saat itu bertentangan dengan etika di sana.

6. Harry Potter dan Batu Bertuah

Novel karya J. K. Rowling ini menceritakan tentang seorang anak yatim piatu bernama Harry Potter yang mengetahui bahwa ia adalah penyihir saat menghadiri Sekolah Sihir Hogwarts.

7. She: A History of Adventure 

Novel karya Sir Henry Rider Haggard ini menceritakan tentang petualangan profesor muda bernama Ludwig Horace Holly yang didatangi oleh Vincey dan mengatakan bahwa dia akan segera mati.

Dia menitipkan anaknya, Leo Vincey kepada Ludwig.

8. The Lion, the Witch and the Wardrobe

Novel fantasi karya C. S. Lewis berlatar Perang Dunia kedua. Menceritakan tentang 4 bersaudara yang menemukan lemari dan membawa mereka ke dunia ajaib.

9. The Da Vinci Code 

Adalah sebuah novel karya Dan Brown yang menceritakan tentang Robert Langdon dan Sophie Neveu setelah peristiwa pembunuhan di Museum Louvre di Paris, ketika mereka terlibat dalam suatu pertarungan.

10. Pinocchio

Sebuah novel karya Carlo Collodi ini bercerita tentang anak laki-laki yang berasal dari boneka kayu bernama Pinocchio karena bantuan peri.

Petualangan yang dia lalui mengubahnya menjadi anak baik dan patuh pada orang tua.

11. To Kill a Mockingbird

Sebuah novel karya Harper Lee ini bermula dengan Jem, Scout, dan Dill, yang mengunjungi Maycomb untuk tinggal bersama bibinya dan terpesona dengan tetangga.

12. The Jungle

Novel tahun 1906 ini adalah karya Upton Sinclair yang menggambarkan kondisi keras di Amerika Serikat, kehidupan imigran yang dieksploitasi di kota-kota industri.

13. Nineteen Eighty-Four

Adalah novel fiksi karya George Orwell bertema totalitarianisme dan pengendalian pola pikir masyarakat yang menguji kebenaran/fakta politik yang dimanipulasi.

14. Madame Bovary

Novel karya Gustave Flaubert menceritakan tentang seorang remaja pemalu dan berpakaian aneh yang dijauhi oleh teman-temannya. Dia berjuang untuk bisa mendapatkan gelar dokter.

15. The Tragedy of Hamlet

Novel karya William Shakespeare menceritakan tentang seorang raja yang meninggal dengan misterius dan arwahnya gentayangan di istana kerajaan.

Artikel Menarik Lainnya: