Paragraf Eksposisi Adalah? Ini Ciri, Jenis Dan Contohnya

Paragraf Eksposisi Adalah? Ini Ciri, Jenis dan Contohnya

Paragraf eksposisi adalah paragraf yang isinya memiliki tujuan untuk menjelaskan, memaparkan dan menerangkan informasi. Dan ternyata paragraf eksposisi ini memiliki berbagai macam.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak artikel ini secara lengkap. Tidak hanya itu, kami akan jelaskan juga cara penyusunan paragraf eksposisi ini secara lengkap.

Pengertian Paragraf Eksposisi Adalah?

Paragraf Eksposisi Adalah?

Paragraf itu sendiri adalah suatu gagasan yang berbentuk serangkaian kalimat yang saling berkaitan satu sama lain. dan secara umum, dalam paragraf ini memiliki kalimat utama di awal, tengah, akhir bahkan ada di awal dan akhir.

Paragraf ini memiliki berbagai jenis salah satunya ada paragraf eksposisi. Dan paragraf eksposisi adalah paragraf yang isinya memiliki tujuan untuk menjelaskan, memaparkan, dan menerangkan informasi.

Paragraf eksposisi adalah paragraf yang biasanya terdapat pada jenis yang biasanya terdapat pada jenis teks nonfiksi maupun teks yang bersifat ilmiah.

Karena sifatnya ilmiah, paragraf eksposisi adalah jenis paragraf yang tidak bisa ditulis secara sembarangan. Dan paragraf eksposisi adalah paragraf yang ditulis secara sembarangan.

Paragraf eksposisi adalah paragraf yang perlu ditulis dengan memperhatikan fakta-fakta, sehingga dapat menjelaskan suatu informasi pada pembaca dengan lebih akurat.

Ciri-Ciri Paragraf Eksposisi

Selain mengetahui apa itu paragraf eksposisi adalah paragraf yang ditulis dengan memperhatikan fakta-fakta dan dapat menjelaskan suatu informasi lebih akurat ke pembaca. Untuk lebih jelasnya simak juga beberapa ciri-ciri dari paragraf eksposisi, yaitu:

  • Paragraf eksposisi adalah sebuah paragraf yang menimbulkan suatu pengetahuan dan pengertian atas hal
  • Paragraf eksposisi adalah menjawab semua pertanyaan pembaca dari pertanyaan-pertanyaan dimana, mengapa, apa, kapan dll, mengenai pengetahuan yang dijelaskan
  • Paragraf eksposisi aadalah paragraf yang diberikan bersikap netral, tidak memihak atau memaksa agar pembaca ikut dengan pendapar penulis

Macam-Macam Paragraf Eksposisi

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, paragraf eksposisi adalah jenis paragraf yang dimana isi kontennya dikembangkan dengan tujuan untuk memberikan penjelasan bagi pembaca.

Dan perlu kamu ketahui juga bahwa paragraf eksposisi sendiri terbagi dalam beberapa jenis, sesuai dengan isi dan fungsi yang dimiliki. Adapun jenis-jenis paragraf eksposisi adalah sebagai berikut:

1. Paragraf Eksposisi Definisi

Paragraf eksposisi jenis ini bertujuan memaparkan atau menerangkan pengertian dari suatu topik, dan biasanya, jenis paragraf ini cenderung fokus pada karakteristik dari topik yang sedang di bahas.

Dan jenis teks eksposisi definisi ini sendiri banyak terdapat pada buku pelajaran atau artikel.

2. Paragraf Eksposisi Proses

Selanjutnya ada juga jenis paragraf eksposisi proses dimana paragraf eksposisi ini berfungsi untuk menerangkan proses atau langkah dari suatu topik atau kegiatan. Dan dalam paragraf ini biasanya berisi tahapan-tahapan dari awal hingga akhir.

Penggunaan jenis paragraf ini bisa ditemui pada buku petunjuk penggunaan suatu produk, atau juga dalam artikel resep masakan.

3. Paragraf Eksposisi Ilustrasi

Dan kemudian ada juga paragraf eksposisi ilustrasi yaitu jenis paragraf eksposisi yang berfungsi untuk memberikan suatu gambaran topik disandingkan dengan topik lainnya yang memiliki kesamaan.

Dan biasanya paragraf ini menggunakan kata penghubung “seperti” dan bagaikan.

4. Paragraf Eksposisi Pertentangan

Paragraf eksposisi pertentangan adalah jenis paragraf eksposisi yang memberikan penjelasan dengan cara membandingkan satu hal dengan hal lain yang memiliki sifat berlawanan.

Dan paragraf eksposisi pertentangan sering menggunakan kata penghubung “Akan tetapi”, “Sebaliknya”, “walaupun” atau “Meskipun begitu”.

5. Paragraf Eksposisi Perbandingan

Paragraf eksposisi perbandingan ini adalah jenis paragraf yang menjelaskan sesuatu dengan gaya bahasa perbandingan. Penjelasan dalam paragraf eksposisi perbandingan biasanya melibatkan dengan membandingkan sesuatu dengan hal lain. Baik itu berupa persamaan maupun perbedaan.

6. Paragraf Eksposisi Laporan

Yaitu jenis paragraf eksposisi yang menjelaskan informasi yang merupakan hasil laporan dari terjadinya suatu peristiwa. Bukan hanya itu, paragraf eksposisi laporan juga bisa memuat informasi dari sebuah penelitian.

7. Paragraf Eksposisi Klarifikasi

Yaitu menjelaskan tentang suatu topik dengan cara membagi atau mengelompokan dalam beberapa kategori. Biasanya jenis ini disampaikan secara terstruktur dan rinci agar pemaparan klarifikasi yang dilakukan dapat dipahami secara jelas.

Cara Menyusun Paragraf Eksposisi dengan Benar

Menyusun paragraf eksposisi sebenarnya tidak terlalu sulit namun, berikut cara menyusun paragraf eksposisi secara benar:

  • Menentukan topik menarik yang akan dibahas di dalam tulisan
  • Menentukan target eksposisi
  • Membuat kerangka karangan lengkap dan berurutan atau sistematis
  • Isi kerangka karangan mesti sesuai dengan atrget yang akan dituju
  • Mengembangkan isi karangan cocok dengan kerangka baku
  • Paparan karangan mesti disertai dengan contoh, gambar, grafik yang dianggap perlu

Contoh Paragraf Eksposisi

Berikut beberapa contoh paragraf eksposisi agar kamu semakin paham:

1. Contoh Paragraf Eksposisi Definisi

Kentang adalah umbi bawah tanag di akar tanaman kentang. Tanaman ini berasal dari keluarga nighsthade dan terkait dengan tomat dan tembakau. Kentang umumnya dimakan direbus, dipanggang atau digoreng dan sering disajikan lauk atau cemilan.

2. Contoh Paragraf Eksposisi Proses

Untuk membuat masker kentang camput 3 sendok makan air kentang dengan 2 sendok madu asli kemudian aduk hingga merata. Lalu oleskan pada wajah dan biarkan selama 10 sampai 15 menit kemudian bersihkan.

3. Contoh paragraf eksposisi ilustrasi

Sebenarnya, kondisi ekonomi kita sudah relatif membaik. Indikatornya dapat dilihat dari berbagai aspek. Misalnya, dalam otomotif, setiap harinya kita temukan aneka kendaraan melintas di jalan raja baik mobil baru atau motor baru.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai paragraf eksposisi adalah yang perlu ditulis dengan memperhatikan fakta-fakta, sehingga dapat menjelaskan suatu informasi pada pembaca dengan lebih akurat. Semoga penjelasannya bermanfaat ya!

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: