Kalimat Efektif Untuk Pengantar Penulisan Tujuan Karya Tulis

Kalimat Efektif untuk Pengantar Penulisan Tujuan Karya Tulis

Gambar Dibuat di Canva | Ilustrasi Karya Ilmiah

Kalimat efektif untuk pengantar penulisan tujuan karya tulis adalah? Ini adalah soal bahasa Indonesia. Kamu akan temukan jawaban lengkapnya di artikel ini.

Penulisan tujuan dalam karya tulis harus ditulis dengan baik. Tentu ada aturan penulisannya yang baku. Lantas seperti apa kalimat yang efektif untuk pengantar penulisan tujuan karya tulis?

Pertanyaan & Soal

Kalimat efektif untuk pengantar penulisan tujuan karya tulis adalah?

A. Tujuan daripada penulisan ini yaitu seperti berikut…..

B. Karena itu, tujuan dari penelitian ini yaitu sebagai berikut….

C. Tujuan yang akan dicapai dari penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut….

D. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut….

E. Di Halaman depan sudah dikemukakan latar belakang permasalahan. Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut….

Jawaban Soal

Kalimat efektif untuk pengantar penulisan tujuan karya tulis adalah: D (Di muka telah dikemukakan latar belakang permasalahan. Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut….).

Pembahasan Soal

Untuk mempermudah kamu dalam memahami jawaban dari soal di atas, akan saya coba jelaskan apa yang salah dari ke 4 jawaban di atas. Dan kenapa jawabannya harus poin D.

Dalam beberapa jawaban lain, terdapat beberapa kalimat yang kurang efektif, yaitu:

Jawaban 1: “A. Tujuan daripada penulisan ini yaitu seperti berikut…..“.

Jawaban ini dianggap salah karena menggunakan kalimat yang tidak efektif yaitu pada kata “daripada”. Kata ini disatukan tanpa spasi, tujuannya untuk membandingkan.

Kata tersebut harusnya dihilangkan saja, karena penghamburan kata.

Jawaban kedua, “B. Karena itu, tujuan dari penelitian ini yaitu sebagai berikut….

Jawaban ini juga dianggap salah karena ada kalimat “karena itu”. Kalimat ini menjadi tidak efektif dalam penulisan tujuan karya ilmiah.

Jawaban 3: “C. Tujuan yang akan dicapai dari penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut….“.

Jawaban C dianggap kurang tepat karena ada kata “dapat dikemukakan” harusnya di hapus saja.

Jawaban 4: “D. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut….“.

Jawaban “D” ini dianggap paling tepat karena sangat efektif dan tidak menggunakan kata atau kalimat yang membuatnya ngambang. Jawaban ini simpel dan langsung ke intinya.

Jawaban 4: “E. Di Halaman depan sudah dikemukakan latar belakang permasalahan. Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut….“.

Jawaban ini juga dianggap sebagai jawaban yang salah karena menggunakan kalimat “Di Halaman depan sudah dikemukakan latar belakang permasalahan”.

Kalimat ini sama sekali tidak perlu dituliskan pada bagian pengantar tujuan karya tulis ilmiah. Hilangkan saja dan langsung ke kalimat “Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut….”.

Akhir Kata

Kalimat efektif untuk pengantar penulisan tujuan karya tulis adalah kalimat yang tidak menggunakan pemborosan kata. Kalimatnya harus ditulis secara singkat dan jelas.

Dari contoh soal di atas, maka jawabannya adalah “D“. Karena kalimat tersebutlah yang paling simpel dan tidak menggunakan pemborosan kata pada kalimatnya.

Hanya seorang Blogger enthusiasm dan penikmat kopi saja. Suka berbagi pengetahuan kecil & bercita-cita jadi pengusaha media.

Artikel Menarik Lainnya: