Pengertian Analisis Data Kualitatif Dan Kuantitatif

Pengertian Analisis Data Kualitatif dan Kuantitatif

Pengertian Analisis Data Kualitatif dan Kuantitatif

Memahami pengertian analisis data itu penting dalam dunia pendidikan maupun kerja. Menggunakan data sebagai tolak ukur dalam mengambil keputusan itu memang lazim digunakan. Baik dalam kehidupan sehari – hari individu maupun ambil kebijakan dari sisi pemerintah.

Pada dasarnya, analisis data itu memang beragam. Ada analisis data yang berpatokan pada angka. Ada pula jenis analisis yang berpegang pada penjelasan deskriptis. Berikut ini ulasan lengkap terhadap apa itu analisis data dan jenis – jenisnya.

Memahami Dasar Analisis Data

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya untuk memahami definisi mendasar dulu dari analisis data. Secara sederhana, analisis data bisa diartikan sebagai proses mengolah suatu data yang nantinya akan disajikan menjadi informasi yang berguna.

Analisis data itu juga biasa digunakan untuk dasar mengambil keputusan atau kebijakan. Data yang diperoleh di lapangan nantinya diolah sedemikian rupa. Nantinya data yang diolah itu akan memunculkan sebuah informasi yang dapat berguna dalam banyak hal.

Dalam dunia penelitian, analisis data bisa dibedakan menjadi dua. Yakni analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Keduanya menjadi metode analisis yang bisa dipakai untuk mengolah data dengan baik.

Sudah banyak yang menerapkan penggunaan analisis tersebut. Mulai dari lembaga pemerintah resmi, hingga para mahasiswa yang sedang melakukan penyusunan skripsi. Intinya, analisis data ini adalah bagian yang tak bisa dipisahkan dari usaha penelitian.

Fungsi Analisis Data

Ada baiknya juga untuk memahami fungsi analisis data. Dalam lingkup yang luas, analisis data bisa berguna sebagai bahan mengambil keputusan. Namun ada banyak fungsi lain dari analisis data itu sendiri. Berikut ini beberapa penjelasan mengenau fungsi analisis data.

1. Bahan Penilaian

Salah satu fungsi dari analisis data yang paling utama adalah sebagai bahan penilaian terhadap suatu hal. Dalam bidang pemerintahan, analisis data bisa dipakai untuk menilai apakah kinerja dari lembaga negara berjalan dengan baik atau tidak.

2. Bahan Pengambilan Keputusan

Analisis data juga bisa dijadikan sebagai bahan pengambilan keputusan. Dalam pemerintahan, pengambilan keputusan berdasar analisis data itu jadi hal yang sangat krusial. Data ril di lapangan bisa dijadikan sebagai sumber utama dalam membuat keputusan besar.

3. Dasar Membuat Rencana Pembangunan

Fungsi lainnya dari analisis data adalah menjadi dasar dalam membuat rencana pembangunan yang berkelanjutan. Rencana pembangunan memang harus dilakukan dengan cermat. Analisis data yang dilakukan bisa menjadi dasar pertimbangan utama untuk perencanaan pembangunan.

4. Memecahkan Sebuah Masalah

Analisis data itu juga bisa dimanfaatkan untuk selesaikan sebuah permasalahan. Hasil dari analisis data bisa hasilkan informasi baru tentang suatu masalah. Nantinya akan ada tindakan atau kebijakan yang diambil sebagai langkah untuk mengatasi masalah tersebut.

Analisis Data Kuantitatif

Seperti yang sudah disebutkan, analisis data bisa dikategorikan menjadi dua. Yakni kuantitafi dan kualitatif. Pada analisis data kuantitatif, hal yang paling menonjol adalah data berupa angka mentah. Data berupa angka mentah nantinya diolah dengan rumus tertentu untuk hasilkan informasi baru.

Analisisi data kuantitatif ini mempunyai sejumlah tolak ukur. Umumnya, analisis data kuantitatif ini berkutat dengan angka – angka. Hasilnya bisa disajaikan dalam bentuk statistik. Berikut ini beberapa metode analisis data kuantitatif.

1. Analisis Statistik Deskriptif

Pertama adalah analisis data deskriptif yang jadi metode analisis data kuantitatif. Analisa data ini dilakukan dengan menggambarkan atau mendeskripsikan data yang sudah dikumpulkan. Pada dasarnya, analisis ini berfokus pada karakterisitik dari masing – masing variabel penelitian.

2. Analisis Statistik Inferensial

Salah satu metode data kuantitatif berikutnya adalah analisis statistik inferensial. Ini adalah analisis statistik yang memakai rumus perhitungan khusus. Hasil dari perhitungannya akan dijadikan sebagai pedoman dalam membuat kesimpulan secara umum.

3. Analisis Diskriminan

Terakhir ada analisis diskriminan yang juga menjadi metode analisis data kuantitatif terpopuler. Ini adalah sistem analisis yang berpegang pada statistika. Analisis ini sendiri berusaha untuk menjelaskan variabel mana yang membedakan suatu kelompok dengan kelompok yang lain.

Analisis Data Kualitatif

Sementara itu, analisis data kualitatif adalah sebuah metode analisis dengan cara menyusun data yang diambil dari hasil wawancara hingga observasi. Berbeda dengan kuantitaif yang dominan angka, analisis data kuantitatif lebih menekankan narasi.

Salah satu ciri khas dari analisis data kualitatif adalah proses pengumpulan datanya. Proses pengumpulan datanya dari beberapa cara. Berikut ini beberapa metode pengumpulan data dari analisa data kualitatif.

1. Wawancara

Salah satu pengumpulan analisis data kualitatif adalah dengan wawancara. Ada sejumlah metode wawancara yang bisa dipakai. Pertama adalah wawancara mendalam. Di mana pertanyaan yang diajukan dalam wawancara kadang spontan dan tidak semuanya terstruktur.

Kemudian ada wawancara terstruktur di mana pertanyaan yang diajukan telah ditulis secara rapi. Ini adalah metode yang sering digunakan karena membatasi hal – hal yang ingin ditanyakan kepada orang yang diwawancara. Hal ini dilakukan agar tidak keluar topik.

2. Studi Dokumen

Studi dokumen juga menjadi salah satu metode pengumpulan data dari analisa data kualitatif. Seperti namanya, studi dokumen dilakukan dengan melihat, mengamati dan membaca aneka dokumen. Dengan studi dokumen yang tepat, analisis bisa dilakukan dengan mendalam.

Objek dokumen sangatlah bervariasi. Ada dokumen tertulis yang bentuknya buku. Ada pula dokumen lain seperti skripsi, jurnal hingga laporan lainnya. Dalam studi dokumen ini, ada banyak informasi yang bisa dihimpun.

3. Observasi

Observasi juga menjadi metode pengumpulan data dari analisa data kualitatif. Dalam mendapatkan data, observasi atau pengawasan juga bisa dilakukan. Misalnya objek penilitiannya adalah pasar tradisional. Dari sana bisa dilakukan observasi untuk melihat apakah pasar itu ramai atau tidak.

Observasi memang menjadi metode yang paling bisa diandalkan untuk dapatkan data valid secara kualitatif. Metode ini banyak dipakai dalam mengumpulkan data untuk laporan lembaga hingga skripsi. Maka dari itu, observasi penting untuk dilakukan untuk kumpulkan data.

4. Diskusi

Diskusi merupakan metode pengumpulan data dari analisa data kualitatif berikutnya. Diskusi dengan lingkaran yang dekat dengan objek penelitian memang sangat penting. Dari hasil diskusi tersebut akan diperoleh banyak data untuk diolah.

Diskusi bisa dilakukan antar individu atau dengan metode forum group discussion. Ini adalah metode penelitian yang bisa hasilkan narasi yang tepat dalam laporan penelitian. Karenanya, diskusi bisa menjadi metode analisis data kualitatif yang tepat.

Kesimpulan

Dalam bidang pendidikan, analisis data memang harus dipahami dengan sangat baik. Dengan memahami apa itu analisis data, seorang bisa melakukan banyak hal. Mulai dari menentukan langkah yang perlu diambil sampai buat kebijakan yang berdampak kepada banyak orang.

Dilihat dari fungsi dan juga kegunaannya, analisis data memang bisa dimaksimalkan dengan baik demi memperoleh hal – hal positif. Mulai dari perencanaan pembangunan dan kebijakan ekonomi yang berdampak langsung terhadap rakyat. Analisis data pasti sangat penting perannya.

Penulis bayangan yang suka mengaspal di sepanjang jalan pantura.

Artikel Menarik Lainnya: