Pengertian, Ciri-Ciri dan Contoh Paragraf Perbandingan

Tahukah kamu apa itu paragraf perbandingan? Mungkin akan banyak dari kamu yang mencari tahu mengenai paragraf perbandingan ini, apalagi bagi para kaum pelajar.

Di sini kamu dapat mencari tahu mengenai paragraf perbandingan meliputi ciri-ciri yang harus diperhatikan agar kamu dapat lebih mengetahui mengenai paragraf perbandingan, beserta beberapa contoh yang dapat membantu kamu menentukan paragraf perbandingan.

Pengertian Paragraf Perbandingan

Sebelum mengetahui mengenai ciri-ciri serta contoh dari paragraf perbandingan ini, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu pengertian paragraf perbandingan.Melansir dari Jurnal kata (Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya) (2015) Paragraf perbandingan adalah sebagai berikut.

Paragraf perbandingan adalah paragraf yang isinya merupakan perbandingan tentang dua hal baik yang menyangkut kesamaan maupun perbedaannya. Sebagai teknik pengembang, perbandingan ini bisa bertujuan menjelaskan satu hal lain sebagai pembanding atau menjelaskan kedua hal yang dibandingkan itu sekaligus.

Di dalam paragraf tersebut mengandung kalimat yang berisikan identifikasi persamaan dan perbedaan pada suatu objek. Paragraf pembanding ini memiliki gagasan pokok yang membandingkan suatu objek yang memiliki persamaan secara kasat mata.

Ciri-ciri Paragraf Perbandingan

Agar kamu lebih memahami mengenai paragraf perbandingan ini, sebaiknya kamu mengetahui ciri-ciri paragraf perbandingan terlebih dahulu. Berikut ciri-ciri paragraf perbandingan yang dapat kamu ketahui.

1. Membandingkan Dua Objek yang Berbeda Namun Agak Mirip

Ciri pertama yang dapat kamu ketahui adalah membandingkan dua objek berbeda namun agak mirip, objek yang dimaksud memiliki arti agak mirip. Sehingga pada awal perbandingan kita akan merasa kesulitan dalam menentukan perbandingan.

Contoh yang dapat kamu ambil agar lebih dipahami misalnya pernyataan mengenai air mineral, kebanyakan orang akan menyebut “Aqua” padahal yang di beli merk lain seperti “Le Mineral”.

Jadi dapat kita simpulkan paragraf perbandingan ini  mengandung arti sama menurut kebanyakan orang dan sebenarnya memiliki arti yang berbeda.

2. Memiliki Sifat Netral

Ciri berikutnya yang dapat kamu ketahui untuk menentukan paragraf perbandingan adalah paragraf ini memiliki sifat netral atau tidak mengunggulkan salah satu objek yang dituliskan dalam paragraf tersebut.

Kamu dapat melihat perbandingan antara objek satu dengan objek lainnya apakah menonjolkan salah satu objek tersebut atau tidak.

Dalam paragraf ini kamu disuruh untuk membuat atau menentukan paragraf perbandingan tapi yang di maksud bukan perbandingan dari objek tersebut, melainkan perbandingan mengenai pengertian dan hal yang bersifat netral dari paragraf tersebut.

3. Mengandung Kata Penghubung

Ciri berikutnya yang dapat kamu lihat dari paragraf penghubung ini adalah banyak mengandung kata penghubung yang diterapkan di paragraf tersebut.

Kata penghubung yang dapat kamu perhatikan adalah sebagai berikut.

  • Seperti.
  • Sama dengan.
  • Selaras dengan.
  • Demikian juga.
  • Sesuai dengan.
  • Sementara itu.
  • Dan lain-lainnya.

Beberapa kata penghubung tersebut dapat menjadi acuan bagi kamu untuk menentukan sebuah paragraf perbandingan.

Contoh Paragraf Perbandingan

Agar kamu lebih memahami mengenai paragraf perbandingan, kamu bisa simak contoh paragraf perbandingan di bawah ini.

Contoh 1

1. Contoh

Aqua dan Le Mineral merupakan merk dari air minum yang sudah terkenal. Kedua merk minuman ini merupakan air minum yang memiliki kandungan baik bagi tubuh kita dan sudah melalui pengujian. Kedua merk minuman ini dapat kamu temukan dengan mudah di toko-toko atau supermarket terdekat.

Aqua mempunyai rasa yang lebih segar, hampir sama dengan Le Mineral. Namun Le Mineral memiliki rasa yang agak sedikit manis ketika kamu minum, tetapi kedua nya sama-sama menyegarkan ketika di minimum.

2. Penjelasan

Dapat kita simak, dalam paragraf di atas ada perbandingan mengenai dua merk air minum yaitu merk Aqua dan merk Le Mineral. Tidak ada objek yang menonjol di paragraf tersebut, kedua merk tersebut memiliki penjelasan yang hampir sama.

Dalam paragraf tersebut juga menjelaskan kedua merk air minum tersebut memiliki kandungan yang baik untuk tubuh dan kedua merk tersebut dapat dengan mudah kamu temukan di toko-toko atau supermarket terdekat.

Jadi inti nya tidak ada objek yang diunggulkan dalam paragraf tersebut.

Contoh 2

1. Contoh

Sepak bola merupakan olah raga yang banyak diminati di seluruh dunia. Sama hal nya dengan sepak bola, futsal juga merupakan olah raga yang banyak diminati oleh orang-orang di seluruh dunia. Sepak bola dan futsal sama-sama memiliki teknik permainan yang sama.

Sepak bola dan futsal merupakan olah raga yang dilakukan dengan cara mengoper bola menggunakan kaki dan berusaha mencetak gol ke gawang lawan. Dalam sepak bola membutuhkan kerja sama tim yang baik dan taktik yang bagus antar pemain, kerja sama dan taktik itu juga sama dengan futsal.

2. Penjelasan

Dalam paragraf tersebut terdapat perbandingan antara dua objek yang berbeda yaitu mengenai dua olahraga yang berbeda antara sepak bola dan futsal. Sepak bola dan futsal merupakan olah raga yang berbeda namun memiliki pola permainan yang sama.

Dalam paragraf tersebut juga menjelaskan mengenai kerja sama dan taktik yang diperlukan antara sepak bola dan futsal agar dapat mencetak angka ke gawang lawan. Dalam paragraf tersebut tidak ada objek yang diunggulkan.

FAQ | Pertanyaan Tentang (Paragraf Perbandingan)

Apa Saja Ciri-Ciri Paragraf Perbandingan?

1. Membandingkan Dua Objek yang Berbeda Namun Agak Mirip.
2. Memiliki Sifat Netral.
3. Mengandung Kata Penghubung.

Apa itu Paragraf Perbandingan?

Paragraf perbandingan adalah paragraf yang isinya merupakan perbandingan tentang dua hal baik yang menyangkut kesamaan maupun perbedaannya. Sebagai teknik pengembang, perbandingan ini bisa bertujuan menjelaskan satu hal lain sebagai pembanding atau menjelaskan kedua hal yang dibandingkan itu sekaligus.

Artikel Menarik Lainnya: