Memahami Pengertian Data dan Statistika (Lengkap)

Memahami pengertian data dan statistika itu sangat penting sebelum melakukan penelitian. Mahasiswa yang ingin terjun ke lapangan untuk lakukan penelitian memang harus siap dengan penguasaan data dan statistika. Hal ini bakal berperan besar terhadap kesuksesan penelitian.

1 Fashion murah

Data maupun statistika adalah elemen penting dalam sebuah penelitian. Tanpa data dan statistika, sebuah penelitian bisa dianggap kurang valid. Karenanya, ada baiknya untuk mempelajari segala macam hal yang berkaitan dengan data dan statistika. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

fashion muslim murah

Konsep Dasar Data dan Statistika Penelitian

Pahami terlebih dulu tentang dasar data dan statistika sebelum lakukan peneltian. Secara sederhana data dan statistika adalah elemen penting dalam penyajian penelitian. Data adalah catatan atas kumpulan fakta di lapangan. Sedangkan statistika adalah ilmu tentang perhitungan data.

Segala macam bentuk informasi dan fakta yang benar – benar ada di lapangan saat lakukan penelitian disebut dengan data. Data bisa berbentuk angka atau juga narasi. Semua tergantung dari jenis metode penelitian yang dilakukan.

Setelah data didapatkan, maka nantinya akan ada proses pengumpulan, perhitungan dan pengolahan data. Proses tersebut bisa memakai statistika yang merupakan metode untuk mengolah dan menghitung data agar bisa ditarik sebuah kesimpulan.

Intinya, data dan statistika adalah sesuatu yang penting dalam membuat penelitian. Dengan mengolah data memakai metode statistika yang sesuai, akan diperoleh kesimpulan dalam sebuah penelitian. Jadi, peran data dan statistika memang besar dalam proses penelitian.

1 Fashion murah

Memahami Data dan Fungsinya

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, data adalah sekumpulan fakta yang telah melewati sejumlah proses. Agar menjadi data yang valid, maka harus ada proses yang dilalui dulu. Ada tahap pengolahan data dan sebagainya.

Salah satu ahli penelitian, Mills mengungkapkan kalau data merupakan fakta mentah, observasi, atau kejadian dalam bentuk angka. Menurut Mills, data bisa berupa angka dan simbol yang diperoleh dari proses observasi di lapangan.

Ahli lainnya, Suharsimi Arikunto mengatakan bahwa data merupakan segala bentuk fakta dan angka yang bisa dijadikan bahan dalam menyusun informasi tertentu. Dalam teori ini, fakta dalam bentuk apapun bisa dijadikan sebagai data dalam melakukan penelitian.

1. Fungsi Data

Data dalam penelitian itu mempunyai beberapa macam fungsi. Berbagai fungsi ini bisa dilihat dan dipahami dengan cukup mudah. Apa saja fungsi utama dari sebuah data itu? Berikut ini beberapa fungsi data yang perlu dipahami.

a. Basis Pengambilan Keputusan

Salah satu fungsi utama dari data adalah basis mengambil sebuah keputusan. Pengambilan keputusan akan suatu hal memang harus berdasarkan data yang valid.

1 Fashion murah

b. Membantu Memecahkan Masalah

Data itu juga berfungsi untuk membantu memecahkan sebuah masalah. Data yang valid dari lapangan bisa dijadikan indikator dalam mengatasi sebuah masalah.

c. Menemukan Pola dan Tren Tertentu

Data juga berguna dalam menemukan pola dan tren tertentu. Pola dan tren tertentu itu bisa diketahui dari data yang tersaji dalam proses penelitian.

d. Mencari Solusi Terbaik

Mencari solusi terbaik juga menjadi funsi dari sebuah data. Data bisa dijadikan sebagai bahan untuk mengambil solusi dari sebuah masalah maupun persoalan.

1 Fashion murah

2. Klasifikasi Data Berdasar Cara Memperolehnya

Data bisa dikelompokkan pada beberapa jenis. Sebab, proses pengumpulan data sendiri juga berbeda – beda. Ada yang langsung turun ke lapangan, ada pula yang dari pihak ketiga. Berikut ini beberapa klasifikasi data berdasar cara mendapatkannya.

a. Data Primer

Pertama adalah data primer. Data primer ini adalah fakta yang diperoleh atau dikumpulkan langsung di lapangan oleh periset. Data primer biasanya didapatkan dari hasil wawancara, survei hingga kuesioner. Intinya, data primer ini didapatkan langsung dari subyek atau objek penelitian.

b. Data Sekunder

Selanjutnya ada data sekunder. Data sekunder ini adalah data yang diperoleh dari sumber lain yang telah ada sebelumnya. Data bisa berasal dari individu lain. Data sekunder ini lebih mudah diakses daripada data primer. Contoh dari data sekunder adalah jurnal, artikel hingga buku.

3. Klasifikasi Data Berdasar Sifat Utamanya

Data juga bisa dibedakan menurut klasifikasi sifat utamanya. Data yang dikumpulkan memang berbeda – beda bentuknya. Ada yang semuanya berbentuk angka. Ada pula yang bentuknya narasi mentah. Berikut ini klasifikasi data berdasar sifat utamanya.

1 Fashion murah

a. Data Kualitatif

Data pertama adalah kualitatif. Data kualitatif ini sifatnya adalah narasi. Jadi, data berupa penjelasan mengenai suatu fenomena atau peristiwa. Pada dasarnya, dara kualitatif itu tak dapat dihitung dengan rumus matematika. Data kualitatif ini memang disenangi karena tak perlu perhitungan.

b. Data Kuantitatif

Berikutnya adalah data kualitatif yang bentuknya berupa angka. Data berupa angka tersebut nantinya bisa diolah untuk menjadi kesimpulan. Beberapa hal yang dihasikan dalam pengolahan data kuantitatif antara lain adalah jumlah total, perbedaan jumlah hingga nilai rata – rata.

Memahami Statistika dan Fungsinya

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, statistika adalah salah satu metode pengolahan data. Berbagai data yang diperoleh di lapangan bisa diolah menggunakan metode statistika. Nantinya akan tersaji informasi valid dari hasil pengolahan pakai sistem statistika.

Salah satu ahli penelitian, Anderson & Bancroft mengemukakan bahwa statistika adalah ilmu serta seni dalam mengembangkan metode yang dirasa paling efektif dalam mengumpulkan, mentabulasi, dan menafsirkan data kuantitatif sedemikian rupa.

1 Fashion murah

1. Fungsi Utama Statistika

Ada beberapa fungsi utama dari statistika. Beberapa fungsi utama ini memang perlu diperhatikan dengan sangat baik. Mungkin banyak yang belum paham tentang fungsi penggunaan rumus statistika. Berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari metode statistika dalam penelitian ilmiah.

a. Mendeskripsikan Data

Fungsi pertama dari metode statistika adalah mendeskripsikan data. Data yang telah dikumpulkan dan diolah memang harus dideskripsikan dengan baik biar mudah dibaca dan dipahami. Deskripsi data akan jadi lebih mudah dengan penggunaan rumus statistika yang tepat.

b. Estimasi Nilai Populasi

Fungsi lainnya dari penggunaan metode statistika adalah memperlihatkan esitmasi nilai dari sebuah populasi. Sampel data yang dikumpulkan bisa diolah hingga memunculkan nilai populasi berdasarkan estimasi. Estimasi ini memang bisa dilihat dengan pengolahan data berdasar rumus statistika.

c. Mempermudah Membuat Kesimpulan

1 Fashion murah

Statistika juga bisa mempermudah proses membuat kesimpulan. Usai lakukan pengumpulan dan pengolahan data, kesimpulan dari sebuah masalah bisa diambil dengan lebih mudah. Fungsi dari statistika yang paling dicari memang memudahkan pengambilan kesimpulan.

Kesimpulan

Seperti yang sudah dijelaskan, data dan statistika ini adalah bagian penting dalam proses penelitian. Jika ingin melakukan penelitian secara baik, maka pastikan pahami seluk beluk tentang data dan statistika. Selalu pelajari dengan baik tentang data dan statistika.

Data dan statistika adalah bagian penting yang tak bisa dilepaskan begitu saja dari penelitian ilmiah. Karenanya, selalu pahami seluk beluk tentang kedua hal tersebut ketika ingin menghasilkan penelitian ilmiah yang valid dan bisa dipertanggung jawabkan.

Artikel Menarik Lainnya: