Pengertian Historiografi Beserta Sejarah Dan Fungsinya

Pengertian Historiografi Beserta Sejarah dan Fungsinya

Pengertian Historiografi Beserta Sejarah dan Fungsinya

Pengertian historiografi yaitu ilmu yang mempelajari metode penggambaran atau penulisan sejarah, seperti asala usul, riwayat atau pengetahuan tentang peristiwa di masa lampau. Bagi kamu yang ingin mengetahui historiografi secara lengkap.

Kami bisa simak artikel ini sampai selesai karena tim Mustakim Media akan menjelaskan secara lengkap bagaimana pengertian, macam-macam, fungsi dan tujuan, tantangan dan prospek Historiografi simak sampai akhir ya!

Pengertian Historiografi dan Sejarahnya

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya historiografi adalah ilmu yang mempelajari metode penggambaran atau penulisan sejarah, seperti asal usul, riwayat, atau pengetahuan tentang peristiwa di masa lampau.

Histografi juga dapat diartikan sebagai hasil atau karya penulisan sejarah yang didasarkan pada sumber, tehnik dan pendekatan teoritis tertentu.

Historiografi mencerminkan cara pandang sejarawan terhadap peristiwa-peristiwa sejarah dan bagaimana mereka menyajikannya dalam bentuk tulisan.

Nah, tulah pengertian Historiografi secara singkat dan historiografi ini memiliki sejarah dan perkembangan yang panjang dan beragam. Berikut adalah beberapa tahapan penting dalam sejarah dan perkembangan Historiografi. Diantaranya adalah:

1. Historiografi Kuno

Pertama ada historiografi kuno yaitu merupakan bentuk awal dari penulisan sejarah yang dilakukan oleh bangsa kuno, seperti Mesir, Babilonia, Yunani, Romawi, India, Cina dan lain sebagainya.

Historiografi kuno cenderung bersifat naratif, deksriptif, kronologis, dan etnosentris. Contoh dari historiografi kuno adalah seperti karya-karya Herodotos, Thukidides, Livius, Sima Qian dan lain sebagainya.

2. Histroriografi Abad Pertengahan

Historiografi abad ini merupakan bentuk penulisan sejarah yang dilakukan oleh bangsa-bangsa Eropa, Islam, dan Asia Timur selama periode abad pertengahan. Historiografi abad pertengahan cenderung bersifat religius, moralis, teologis dan hagiografis.

Untuk contoh historiografi abad pertengahan adalah karya-karya beda venerabilis, Ibnu Khaldun, Marco Polo dan lain-lain.

3. Historiografi Modern Awal

Selanjutnya ada juga historiografi modern awal merupakan bentuk penulisan sejarah yang dilakukan oleh bangsa-bangsa Eropa dan Amerika selama periode modern awal. Historiografi modern awal cenderung bersifat rasionalis.

Contohnya yaitu historiografi modern awal adalah karya-karya Voltaire, Ggibbon, Ranke, Macaulay dan lain sebagainya.

4. Historiografi Modern Akhir

Dan sejarah terakhir dari historiografi yaitu adalah modern akhir merupakan bentuk penulisan sejarah yang dilakukan oleh bangsa-bangsa di seluruh dunia selama periode modern akhir.

Historiografi modern akhir cenderung bersifat pluralis, interdisipliner, globalisasi, dan postmodernis. Untuk contohnya historiografi modern akhir adalah karya-karya dari Braudel, Foucault, Hobsbawm, Said dan lainnya.

Fungsi dan Tujuan Historiografi

Selain mengetahui pengertian historiografi alangkah baiknya kamu simak terlebih dahulu apa fungsi dan tujuan dari historiografi. Nah, bagi kamu yang belum mengetahuinya kamu bisa simak beberapa langkah di bawah ini ya:

1. Mengkomunikasikan Hasil Penelitian

Nah, fungsi dan tujuan dari historiografi merupakan sarana bagi penulis sejarah untuk menyampaikan teman-teman dan gagasan-gagasan kepada pembaca atau khalayak luas.

Dengan historiografi penulis dapat membagikan pengetahuannya tentang masa lampau dan berkontribusi dalam perkembangan ilmu sejarah.

2. Mengkaji Metode Penulisan Sejarah

Selain itu, fungsi dan tujuan selanjutnya yaitu sebagai alat bagi pembaca sejarah untuk mempelajari cara kerja penulis dalam menggali, mengolah, dan menyusun data-data sejarah.

Dengan historiografi pembaca dapat menilai kekuatan dan kelemahan suatu karya sejarah dari segi sumber tehnik dan pendekatan yang digunakan.

3. Mengembangkan Pemikiran Kritis

Histogriografi juga merupakan stimulus bagi penulis dan pembaca sejarah untuk mengembangkan pemikiran kritis terhadap peristiwa-peristiwa masa lampau.

Dengan histogriografi penulis dan pembaca dapat melakukan analisis komparatif, sintesis integratif atau reinterprestasi kreatif terhadap berbagai pandangan-pandangan sejarah yang ada.

4. Mengembangkan aksi sosial

Historiografi juga merupakan inspirasi bagi penulis dan pembaca sejarah untuk menginspirasi aksi sosial yang berdampak positif bagi masyarakat.

Dengan historiografi, penulis dan pembaca dapat belajar dari pengalaman-pengalaman masa lampau dan menerapkannya dalam konteks masa kini dan masa depan.

Nah, itulah beberapa pengertian historiografi menurut sejarah perkembangannya mari kita bahas selanjutnya apa saja macam-macam historiografi akan dijelaskan secara lengkap di bawah ini.

Macam-Macam Historiografi

Historiografi ini dapat dibedakan menjadi beberapa macam berdasarkan kriteria tertentu, seperti bentuk, sumber, sudut pandang atau metodenya. Agar lebih lengkapnya kamu bisa simak macam-macam historiografi di bawah ini.

1. Historiografi Tradisional

Historiografi ini merupakan ekspresi kultural dari usaha untuk merekam sejarah dengan menggunakan sumber-sumber lisan, tulisan, atau benda-benda peninggalan.

Historiografi macam ini sering mengandung unsur-unsur sastra, imajinatif dan mitologi. Contoh historiografi tradisional adalah seperti babad, hikayat, cerita rakyat, genealogis, kronik, annalis dan logis.

2. Historiografi Modern

Historiografi ini merupakan hasil dari perkembangan ilmu sejarah sebagai disiplin akademis yang berusaha untuk mengungkap kebenaran sejarah dengan menggunakan metode ilmiah.

Histogriografi modern ini menekankan pada penggunaan sumber-sumber primer yang kredibel seperti halnya verifikasi data, analisis kritis, dan interprestasi objektif. Untuk contoh historiografi modern adalah monograf, biograf, tesis, disertasi dan artikel jurnal.

3. Historiografi Tematik

Historiografi ini merupakan penulisan sejarah yang berfokus pada tema-tema tertentu yang relevan dengan kepentingan penulis atau pembaca. Historiografi  tematik dapat bersifat lintas zaman, lintas ruang, atau lintas disiplin ilmu.

Contoh historiografi tematik adalah sejarah ekonomi, sejarah sosial, sejarah politik, sejarah budaya, sejarah perempuan, sejarah lingkungan dan sebagainya.

4. Historiografi Kritis

Selanjutnya ada juga macam historiografi kritis yaitu penulisan sejarah yang bertujuan untuk mengkritisi atau menantang pandangan-pandangan sejarah yang dominan atau konvensional.

Historiografi  kritis sering menggunakan pendekatan teoritis yang alternatif atau radikal untuk membuka perspektif baru terhadap peristiwa-peristiwa sejarah. Contohnya seperti sejarah masrxis, sejarah postkolonial, sejarah subaltern dan sejarah feminis.

Tantangan dan Prospek Historiografi

Historiografi menghadapi beberapa tantangan dan prospek di era digital saat ini. berikut adalah beberapa diantaranya adalah:

1. Tantangan

Berikut beberapa tantangan yang akan di hadapai historiografi, diantaranya adalah:

  • Tantangan pertama yaitu historiografi akan menghadapi keterbatasan sumber yang seringkali tidak lengkap, tidak objektif, atau tidak dapat diakses dengan mudah
  • Selanutnya metode-metode penulisan sejarah yang digunakan seringkali tidak sesuai tidak onsisten, dan tidak kompatibel
  • Kemudian interprestasi-interprestasi sejarah yang dihasilkan seringkali tidak jelas, tidak relevan, tidak koheren
  • Persaingan pandangan dan seringkali bertentangan, saling menyalahkan, atau saling mengancam

2. Prospek

Sedangkan berikut merupakan prosek dari hitoriografi, diantaranya adalah:

  • Pemanfaatan teknologi digital yang berkembang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas yang tersedia
  • Kolaborasi lintas disiplin ilmu dan lintas budaya dapat dilakukan untuk memperkaya metode-metode penulisan sejarah yang digunakan
  • Inovasi kreatif dan kritis dapat diciptakan untuk menyajikan interprestasi sejarah yang baru dan menarik
  • Dialog konstruktif dan inklusif dapat dibentuk untuk menghargai dan menghormati pandangan sejarah yang berbeda.

FAQ| Pertanyaan Seputar Pengertian Historiografi

Apa itu historiografi nasional?

Yaitu penulisan sejarah yang dilakukan oleh sejarawan Indonesia pasca proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Apa itu historiogrfai kolonial?

Yaitu merupakan karya sejarah yang ditulis pada asa pemerintahan kolonial di Indonesia, yakni sejak zaman VOC hingga berakhirnya masa pemerintahan Hindia Belanda.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: