Pengertian Kas Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Kas merupakan suatu harta kekayaan yang memiliki sifat lebih likuid dan berjangka waktu lebih pendek untuk bisa dimanfaatkan secara bebas dalam pendanaan operasional perusahaan. Lantas apa pengertian Kas menurut para ahli?

Nah, bagi kamu yang penasaran ingin mengenal lebih jauh dari pengertian kas kamu bisa simak beberapa artikel ini karena tim Mustakim Media akan menjelaskan pengertiannya, contohnya hingga jenis-jenis kas. Simak sampai akhir ya!

Pengertian Kas Secara Umum

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa KAS adalah suatu harta kekayaan yang memiliki sifat lebih likuid dan berjangka waktu lebih pendek untuk bisa dimanfaatkan secara bebas dalam pendanaan operasional perusahaan.

Kata lain kas adalah salah satu istilah yang sering digunakan dalam dunia akuntansi. Dan istilah ini biasanya dipakai untuk menggambarkan kepemilikan uang tunai perusahaan. Dan jika makin besar nilai kasnya maka semakin besar pula uang tunai yang mereka miliki.

Dalam dunia bisnis jumlah kas sebuah perusahaan kerap dijadikan salah satu indikator kemampuan atau kinerja perusahaan tersebut makin besar kas yang dimiliki makin baik pula kinerja perusahaan tersebut.

Dan menurut SAK (Standar Akuntansi Keuangan) pengertian kas adalah seluruh alat pembayaran yang siap dan bebas digunakan untuk membiayai kegiatan umum perusahaan.

Sedangkan bank adalah sisa rekening giro perusahaan yang bisa digunakan oleh perusahaan yang bisa digunakan oleh perusahaan secara bebas untuk membiayai kegiatan umumnya.

Pengertian Kas Menurut Para Ahli

Supaya lebih memahami pengertian kas, berikut terdapat pengertian kas menurut para ahli antara lain:

1. Menurut Thomas Sumarsan

Menurutnya kas adalah suatu aset yang sifatnya sangatlaj likuid dan bisa dimanfaatkan secara langsung untuk keberlangsungan kegiatan bisnis perusahaan.

2. Menurut Rudianto

Menurut Rudianto pengertian kas adalah suatu alat pembayaran atau pun pertukaran miliki perusahaan dan sudah bisa digunakan untuk kegiatan transaksi perusahaan ketika memang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.

3. Menurut Zaki Baridwan

Pengertian kas adalahsuatu alat ukur dan bisa digunakan dalam suatu bentuk ukuran di bidang akuntansi.

Kategori Kas

Nah, setelah mengetahui beberapa pengertian dari kas namun masih belum memahaminya kamu bisa simak apa saja yang termasuk dalam kategori kas tersebut. Dan ini dia berikut berapa daftaran yang termasuk dalam kategori kas, diantaranya adalah:

  • Pertama uang tunai dalam wujud kertas dan juga logam
  • Selanjutnya uang perusahaan yang tersimpan di Bank
  • Cel yang bisa digunakan sebagai pembayaran
  • Kasir cek atau travell chek yang dikeluarkan oleh suatu bank umum untuk melayani pihak nasabah yang ingin melakukan perjalanan dengan jarak yang cukup jauh
  • Kasir cek yang dibuat dan juga ditandatangani oleh suatu bank dan ditarik oleh bank tersebut
  • Wesel pos yang bisa digunakan sebagai uang tunai ketika ingin digunakan

Jenis-Jenis Kas

Setelah mengetahui pengertian kas dan juga kategori kas kamu juga perlu mengetahui apa saja jenis-jenis kas. Perlu kamu ketahui bahwa jenis-jenis kas sebenarnya di bagi menjadi dua yaitu ada kas Besar dan kas kecil.

Agar lebih jelas kamu bisa simak perbedaannya antara kas Besar dan kas Kecil berikut penjelasan lengkapnya:

1. Kas Kecil

Nah, pertama mari kita bahas yang kas kecil jadi, kas kecil ini sering disebut atau biasa disebut sebagai Petty Cash.

 Yaitu adalah dana yang disiapkan untuk kegiatan operasional atau pengeluaran rutin dengan nominal yang relatif kecil dalam menjalankan usaha. Pastinya terdapat transaksi dengan nominal kecil namun banyak atau sering kali dilakukan.

Hal ini bisa masuk kedalam kategori kas kecil. Contohnya seperti biaya transfortasi, biaya makanan atau minuman, biaya internet, biaya makanan atau minuman, biaya listri dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Kas Besar

Sedangkan untuk kas besar yaitu merupakan dana yang disiapkan untuk pengeluaran dalam jumlah besar dan biasanya memiliki jangka yang cukup panjang untuk berjarak.

Dan tentunya kamu seringkali menemukan pengeluaran kas besar dalam bisnis atau usaha yang kamu jalankan seperti pembelian aset perusahaan. Pengeluaran biaya sewa tempat atau kios, pembayaran hutang, dan lain sebagainya yang nominalnya bernilai 1 juta keatas.

Nah, itulah beberapa jenis Kas yang perlu kamu ketahui setelah mengetahui pengertian KAS selanjutnya mari kita bahas darimana saja sumber kas. Dan berikut tim Mustakim Media akan jelaskan beberapa sumber kas.

Sumber Kas

Selain mengetahui beberapa pengertian kas dan juga jenis kas yang perlu kamu ketahui selanjutnya mari kita bahas ada apa saja sumber kas. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini ya:

1. Hasil Penjualan Investasi

Nah, yang dimaksud sumber Kas yang pertama yaitu uang yang kamu dapatkan ketika memiliki hasil penjualan investasi yang mungkin bisa kamu simpan setelah membayar semua keperluan pribadi kamu.

2. Emisi atau Saham

Selanjutnya sumber dari kas ini juga bisa dari emisi atau saham. Adanya emisi saham atau penambahan modal oleh pemilik perusahaan dalam bentuk kas.

3. Surat Tanda Hutang

Selanjutnya sumber dari kas ini adalah pengeluaran tanda utang baik jangka pendek atau jangka panjang. Pengeluaran surat tanda utang baik jangka pendek (wesel) maupun utang jangka panjang (obligasi, Hipotek, dan lain-lain).

Serta bertambahnya utang yang diimbangi dengan penerimaan kas.

4. Penerimaan Kas dari Utang

Selain adanya penurunan atau berkurangnya aktiva lancar selain kas yang diimbangi dengan adanya penerimaan kas adanya penerimaan piutang, adanya penjualan secara tunai dan sebagainya.

5. Adanya Penerimaan Kas Sewa

Selain kas utang kamu juga bisa memiliki sumber kas dari adanya penerimaan kas karena sewa bunga atau diveden dari investasi, sumbangan atau hadiah maupun adanya pengembalian pembayaran pajak pada periode sebelumnya.

Itulah beberapa sumber kas yang bisa masuk ke kategori sumber KAS. Selanjutnya mari kita simak sebetulnya apa fungsi dari KAS. Bagi kamu yang belum mengetahuinya kamu bisa simak fungsinya di bawah ini.

Fungsi Kas

Kita bahas fungsi kas ini secara singkat dan padat saja agar lebih simple dan mudah dipahami bagi kamu yang belum mengetahuinya ini dia adalah fungsi dari kas.

Jadi, secara akuntansi fungsi kas perusahaan adalah sebagai dasar pengukuran dari berbagai pos dalam neraca akuntansi. Alat ukur berbagai transaksi hingga mengetahui kondisi likuiditas sebuah perusahaan.

Dan kita pahami bahwa karakteristik kas secara umum sifat-sifatnya yang paling utama adalah tersedia dan bebas. Tersedia disini maksudnya paling tidak, setiap perusahaan harus memiliki kas agar bisa dipergunakan sebagai alat pembayaran setiap waktunya.

Sedangkan arti bebas yaitu kas bisa berbentuk apapun selama diterima sebagai alat pembayaran yang sah sesuai nilai nominalnya masing-masing.

FAQ| Pertanyaan Seputar Pengertian Kas

Contoh kas itu apa saja?

Contoh kas yaitu cek pribadi, cek kasir , wesel bank, cek sertifikat, dan wesel pos.

Apa yang dimaksud dengan kas akuntansi?

Setiap alat ukur yang diterima pihak bank untuk tujuan disimpan, yang mana termasuk uang kertas atau uang logam.

Artikel Menarik Lainnya: