Pengertian, Kegunaan dan Kelebihan Gambar Bitmap [Lengkap]

Bagi kamu yang sudah bekerja dalam bidang desain grafis atau baru akan menggelutinya, apakah sudah tahu terkait bagaimana kelebihan gambar bitmap?

Jika belum, yuk simak penjelasan mengenai bitmap pada kesempatan kali ini. Kamu akan tahu banyak mengenai bitmap, mulai dari pengertian. Kemudian kegunaan, bahkan akan tahu kelebihan hingga kekurangan dari bitmap itu seperti apa.

Pengertian Gambar Bitmap         

Jika dibahas berdasarkan dari pengertiannya, bitmap menjadi suatu format gambar yang tersusun dari sebuah unit kecil. Biasa disebut dengan piksel.

Format dari file tersebut biasanya dapat digunakan ketika menyimpan file grafisnya di komputer atau bahkan laptop.

Lebih jelasnya lagi, secara harifah bitmap menjadi suatu petak bit yang saat ditampilkan pada layar ponsel atau komputer membentuk suatu gambar tertentu.

Nah, secara sederhananya. Bitmap hanya terdiri dari dua warna dasar saja. yakni hitam juga putih. Dengan kompleksitas yang terus meningkat, maka warnanya berkembang jadi lebih banyak. Bahkan warnanya hingga jutaan.

File bitmap ternyata mampu menyimpan banyak informasi dengan jumlah resolusi sangat tinggi. Tujuannya agar dapat menghasilkan gambar indah. Walaupun begitu, bitmap memiliki skala yang ternyata tidak bisa diubah. Jadinya saat diperbesar. Gambar akan nampak buram.

Hal tersebut dapat terjadi karena saat gambar dari bitmap di zoom. Pikselnya akan ikut membesar juga, sehingga gambar akan nampak menjadi pecah. Jika kamu memerhatikan file folder dan menggunakan format .bmp. Maka itu adalah file dari penyimpanan dokumen bitmap.

Tidak hanya itu saja, bitmap juga merupakan beberapa format file yang sering kamu simpan. Seperti file GIF, JPEG atau bahkan PNG.

Kegunaan Gambar Bitmap

Sebelum tahu bagaimana kelebihan gambar bitmap dan sudah tahu seperti apa pengertiannya. Mari kita bahas terlebih dahulu bagaimana dan apa saja kegunaan dari gambar bitmap. Bagi para tim desain, umumnya bagi kamu yang menggunakan bitmap untuk melakukan beberapa keperluan.

1. Agar Gambar Bagus dan Resolusi Rendah

Ya, kegunaan pertama dari gambar bitmap adalah agar bisa mendapatkan gambar bagus namun dengan resolusi rendah. Terdapat banyak gambar yang biasanya dibutuhkan untuk sebuah website dari online bussiness. Atau bahkan portal berita.

Biasanya gambar tersebut harus menggunakan gambar berkualitas tinggi, namun menggunakan piksel lebih rendah.

Nah, tim desain grafis biasanya akan menggunakan gambar bitmap karena dianggap memiliki tampilan menarik pada layar digital. Bahkan memiliki resolusi rendah.

Resolusi yang rata-rata digunakan, sekitar 300 dpi saja, namun tentu bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

2. Untuk Tahapan Edit Lebih Detail

Kegunaan dari bitmap selanjutnya adalah untuk keperluan tahapan editing yang lebih detail. Tim desain biasanya akan bekerja untuk melakukan editing foto secara detail, yakni menggunakan file bitmap.

Team desain tersebut dapat melakukan pengeditan secara maksimal, mulai dari profil warnanya, membuat garis halus, atau bahkan menambahkan efek tertentu.

3. Menghasilkan Gambar Lebih Realistis

Lalu kegunaan selanjutnya adalah untuk dapat menghasilkan gambar yang nampak lebih realistis. Menggunakan gambar dari bitmap akan memunculkan gambar lebih realistis jika dibandingkan dengan file vektor. Banyak pilihan profil warna tersedia, sehingga membuat hasil dari bitmap nampak lebih nyata.

Lalu Apa yang Menjadi Kelebihan Gambar Bitmap?

Tiba saatnya kamu untuk tahu bagaimana serta seperti apa kelebihan gambar bitmap. Untuk lebih jelasnya, simak uraian dan deskripsi lengkap tentang bitmap di bawah ini ya.

1. Format Penyimpanannya Umum

Maksud dari kelebihan gambar bitmap pertama adalah format penyimpanan umum pada komputer yang biasa digunakan. Tidak sedikit kasus, bahwa format gambar bitmap ini merupakan format paling umum saat kamu menyimpan sebuah gambar di komputer atau laptop.

Untuk beberapa perangkat lunak bawaan sistem operasi juga akan dengan mudah membuka file bitmap.

Hal tersebut dapat terjadi karena bitmap gampang dibuat serta mudah disimpan dalam array memori. Alasan ini juga yang membuat format gambar bitmap lebih sering digunakan.

Di samping hal tersebut, file dokumen atau gambar bitmap juga membuatnya bisa lebih gampang dibuka diberbagai macam gadget. Mulai dari desktop hingga mobile. Format bitmap bisa dibuka menggunakan beragam jenis aplikasi.

2. Nilai Piksel Dapat Diubah

Kemudian kelebihan dari bitmap adalah nilai pikselnya bisa diubah, sehingga membuat ukuran gambarnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Kendati demikian, perlu diingat. Bahwa nilai piksel akan memiliki pengaruh langsung dengan ukuran gambarnya. Semakin banyak piksel digunakan, maka otomatis membuat besar juga ukuran dari gambarnya.

3. Gampang Dicetak

Lalu kelebihan gambar bitmap selanjutnya adalah filenya gampang untuk dicetak. Gambar dengan format satu ini pun tidak perlu melalui proses convert terlebih dahulu jika pencetakan akan dilakukan.

Berbeda dengan ketika format vektor akan dicetak, biasanya kamu harus melakukan convert terlebih dahulu. Dan hal tersebut berkaitan dengan kemampuan perangkat pengeluaran atau output seperti printer.

4. Bisa Ditambahkan Efek

Bila kamu merasa gambar bitmap yang dihasilkan masih kurang maksimal, maka penambahan efek sangat bisa untuk dilakukan. Bahkan terdapat beragam aplikasi yang dapat digunakan untuk menambahkan efek pada bitmap ini.

Dengan kata lain, kelebihan gambar bitmap ini membuat proses pengeditannya cukup gampang. Aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan pengeditan pada bitmap ini pun jelas beragam.

Bagaimana dengan Kekurangan Gambar Bitmap?

Di samping banyak kelebihan yang ditawarkan, ternyata bitmap juga memiliki kekurangan. Apa saja?

1. Ukuran Gambarnya Besar

Menjadi salah satu masalah dari bitmap, yakni ukuran filenya terbilang besar. Saat kamu menyimpan banyak gambar bitmap, maka hal tersebut akan membuat ruang dari penyimpanan termakan dalam jumlah banyak.

Masalah ini jelas dipengaruhi oleh piksel hingga warna pada gambar yang digunakan. Semakin banyak piksel hingga warna, maka ukuran bitmap akan semakin besar.

Sebenarnya masalah ini dapat diatasi dengan melakukan kompresi gambar ke ukuran yang diinginkan. Kendati demikian, hal tersebut juga terkadang memberikan masalah baru. Seperti kualitas gambar yang akan menurun, sehingga tidak maksimal.

2. Kualitas Tergantung Pikselnya

Semakin banyak jumlah piksel pada gambar, maka otomatis akan membuat kualitas gambar menjadi maksimal. Hal ini pun menunjukkan jika ukuran gambar akan semakin besar.

Tambahannya, jika piksel yang ada pada bitmap sedikit. Otomatis kualitasnya juga menurun, dan membuat gambar tidak fokus, bahkan membuat warnanya tidak menarik.

Kapan Seharusnya Team Desain Gratis Menggunakan Gambar Bitmap?

Ya, ternyata penggunaan gambar bitmap tidak bisa digunakan secara acak dan asal. Karena sudah ada peruntukkannya secara khusus, termasuk penggunaan format bitmap.

Nah, dengan kualitas warna sangat baik. Format gambar bitmap ini ternyata akan lebih baik digunakan saat akan menampilkan foto.

Selain itu, formasi bitmap juga ternyata sangat direkomendasikan saat kamu membuka gambar yang memiliki beragam warna hingga gradasi tertentu. Formasi gambarnya akan jadi pilihan tepat saat kamu ingin mendapatkan gambar dengan warna tajam.

Beberapa Aplikasi untuk Dapatkan Gambar Bitmap

Untuk mendapatkan akses terhadap editing bitmap, ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan. Seperti:

  1. Corel Photo Paint
  2. Adobe Photoshop
  3. GIMP
  4. Microsoft Paint
  5. Paintshop Pro

Nah, itulah pengertian hingga seperti apa kelebihan gambar bitmap. Kamu juga dapat meningkatkan kualitas hasil edit dengan beberapa software yang tadi disebutkan.

Artikel Menarik Lainnya: