Pengertian Makro Ekonomi Dan Contohnya Di Indonesia

Pengertian Makro Ekonomi dan Contohnya di Indonesia

Pengertian Makro Ekonomi dan Contohnya di Indonesia

Tidak begitu sulit untuk memahami pengertian makro ekonomi. Dalam sebuah negara, makro ekonomi itu memegang peranan penting dalam pembangunan. Banyak penjelasan sederhana mengenai makro ekonomi sekaligus contoh – contohnya di Indonesia.

Pada dasarnya, ekonomi makro adalah salah satu cabang ilmu ekonomi yang mempelajari keseluruhan kinerja, perilaku hingga pengambilan keputusan. Berikut ini ulasan yang lebih lengkap tentang apa itu makro ekonomi dan contohnya di Indonesia.

Memahami Makro Ekonomi

Seperti yang sudah dijelaskan di awal tadi, makro ekonomi adalah cabang ilmu ekonomi yang fokus mempelajari tentang kinerja, perilaku hingga pengambilan keputusan secara keseluruhan. Bisa disebut juga sebagai studi tentang ekonomi secara keseluruhan yang mempengaruhi banyak orang.

Pada makro ekonomi, semuanya dipelajari secara menyeluruh. Mulai dari kebijakan moneter suatu negara, sampai nilai tukar uang. Intinya, studinya berfokus kepada keseluruhan aktivitas ekonomi yang berpengaruh terhadap banyak orang.

Menurut Pemerintah Indonesia, pendekatan ekonomi makro ini dapat dipakai untuk melakukan analisis dalam membuat kebijakan, merangsang pertumbuhan ekonomi, hingga menjaga stabilitas harga bahan pokok di semua daerah. Ini adalah target capaian dari pemerintah di bidang ekonomi.

Apa Saja yang Dipelajari pada Makro Ekonomi

Ada beberapa hal yang dipelajari dari makro ekonomi. Sejumlah hal penting memang dipelajari secara spesifik dari makro ekonomi. Berikut ini adalah beberapa hal yang akan dipelajari dalam studi tentang makro ekonomi.

1. Mekanisme Perekonomian Negara

Satu dari sekian banyak yang hal yang dipelajari dalam studi makro ekonomi adalah mekanisme perekonomian sebuah negara. Bagaimana roda ekonomi sebuah negara diputar merupakan pokok bahasan utamanya. Intinya, sistem ekonomi dari sebuah negara akan dikupas habis.

Dalam makro ekonomi memang banyak membahas arah dan kebijakan sebuah negara. Utamanya dalam bidang ekonomi. Sebab, ekonomi merupakan instrument utama yang benar – benar menyokong pembangunan sebuah negara.

2. Target Pembangunan Sebuah Negara

Target pembangunan sebuah negara juga merupakan hal yang bakal mendapatkan sorotan dalam studi makro ekonomi. Setiap negara pasti memiliki target pembangunan. Dalam mencapai target tersebut, tentu ada rencana yang berkaitan dengan ekonomi makro juga.

Pembangunan sebuah negara memang bisa dilihat dari kebijakan makro ekonominya. Para ahli di bidang ekonomi bisa membuat prediksi terhadap perkembangan suatu negara dilihat dari target pembangunannya.

3. Mengukur Pertumbuhan Ekonomi Negara

Pengukuran pertumbuhan ekonomi dari sebuah negara juga merupakan hal yang dipelajari dari studi makro ekonomi. Disiplin ilmu ini memang mempelajari juga bagaimana ekonomi sebuah negara bisa tumbuh. Bahkan, dengan melakukan analisa yang tepat, bisa dibuat sebuah prediksi.

Studi tentang pertumbuhan ekonomi di sebuah negara memang menarik. Banyak peneliti yang tertarik membahas hal ini karena bisa menemukan data dan fakta menarik. Inilah kenapa pertumbuhan ekonomi negara bisa dilihat dari kacamata makro ekonomi.

4. Melihat Tingkat Inflasi di Sebuah Negara

Studi tentang makro ekonomi itu juga bisa melihat bagaimana tingkat inflasi dari sebuah negara. Tingkat inflasi bisa diukur dengan pendekatan makro ekonomi. Banyak teori makro ekonomi yang bisa diterapkan untuk bisa melihat tingkat dan pergerakan inflasi di sebuah negara.

Pergerakan inflasi memang jadi salah satu hal yang menarik dalam studi makro ekonomi. Sebab, inflasi memiliki pengaruh besar terhadap aktivitas maupun kegiatan ekonomi masyarakat.

5. Studi tentang Neraca Pembayaran

Neraca pembayaran di sebuah negara juga menjadi topik yang ada pada studi makro ekonomi. Disiplin ilmu ini memang bisa melihat juga bagaimana negara menyeimbangkan neraca pembayarannya. Banyak teori untuk menjelaskan topik penyeimbangan neraca pembayaran.

Bagi pemerintah, neraca pembayaran memang jadi hal krusial. Pihak pemerintah akan selalu melakukan daya dan upaya agar neraca pembayaran bisa seimbang terus.

Contoh Kasus Makro Ekonomi di Indonesia

Di Indonesia itu ada sejumlah contoh kasus tentang makro ekonomi yang bisa dijadikan studi. Pemerintah Indonesia memang sering membuat kebijakan yang berkaitan dengan makro ekonomi. Biar lebih jelas, ini dia beberapa contoh kasus makro ekonomi di Indonesia.

1. Kebijakan Bebas Visa ke Sejumlah Negara

Salah satu contoh kasus adalah kebijakan pembebasan visa ke beberapa negara oleh pemerintah Indonesia. Ini adalah kebijakan makro ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah turis asing. Dengan begitu, sektor pariwisata di Indonesia bisa tumbuh dengan baik.

Dari kacamata ekonomi makro, kunjungan wisatawan luar negeri memang jadi hal yang diinginkan. Itulah kenapa pemerintah selalu berupaya memberikan kemudahan kepada wisatawan asing yang mau liburan ke Indonesia. Salah satu caranya dengan program bebas visa.

2. Insentif Pemerintah Saat Pandemi Corona

Pemberian insentif saat pandemic corona juga merupakan contoh kasus makro ekonomi di Indonesia. Dalam hal ini, pemerintah ingin membantu pemulihan ekonomi masyarakat Indonesia usai porak poranda diterjang pandemi corona.

Efek yang datang dari insentif ketika pandemic corona memang sangat besar. Meski tak terlalu signifikan, bantuan atau insentif yang saat pandemi corona ini benar – benar dibutuhkan oleh masyarakat.

3. Penurunan Suku Bunga Bank Indonesia

Contoh kasus lainnya dari kebijakan makro ekonomi di Indonesia adalah penurunan suku bunga bank Indonesia. Hal ini pernah dilakukan pemerintah Indonesia pada masa pandemi corona. Penurunan suku bunga bertujuan untuk memberi kelonggaran kepada masyarakat di masa sulit.

Diturunkannya suku bunga Bank Indonesia memang akan berdampak langsung terhadap perekonomian masyarakat. Langkah untuk turunkan suku bunga memang jadi salah satu solusi jangka pendek dalam atasi masalah ekonomi.

4. Operasi Pasar Secara Berkala

Contoh lainnya dari ekonomi makro adalah operasi pasar secara berkala untuk menekan harga kebutuhan pokok. Misalnya kebutuhan pokok seperti minyak goreng pada tahun 2022 lalu. Atau operasi pasar untuk stabilkan harga beras yang melonjak pada pertengahan 2023.

Operasi pasar ini memang jadi hal yang sering terjadi di berbagai daerah. Ketika ada bahan poko yang harganya tak terkendali, misalnya seperti beras, maka pemerintah akan ambil tindakan untuk melakukan operasi pasar langsung.

5. Impor Bahan Pokok

Kebijakan makro ekonomi lainnya yang sering dilakukan adalah impor bahan pokok. Misalnya impor kacang kedelai untuk memenuhi kebutuhan para pedagang tahu dan tempe. Ini adalah kebijakan penting yang diambil oleh pemerintah dalam upaya stabilkan harga juga.

Proses impor bahan pokok utama memang menjadi solusi untuk atasi masalah kelangkaan suatu komiditi. Langkah seperti ini memang jadi kebijakan makro ekonomi yang sering diambil demi stabilkan harga di masyarakat.

Kesimpulan

Demikianlah tadi ulasan lengkap mengenai apa itu makro ekonomi. Seperti yang sudah dijelaskan, makro ekonomi ini mempelajari perekonomian secara menyuluruh. Sehingga, ruang lingkup dari makro ekonomi ini sangatlah luas dan banyak hal yang bisa dipelajari dari sana.

Jika ingin melihat sistem ekonomi sebuah negara dengan pandangan yang lebih luas, maka studi tentang makro ekonomi amat penting untuk dipelajari.

Penulis bayangan yang suka mengaspal di sepanjang jalan pantura.

Artikel Menarik Lainnya: