Pengertian Resolusi: Cara Mewujudkan Dan Manfaatnya

Pengertian Resolusi: Cara Mewujudkan dan Manfaatnya

Pengertian Resolusi

Sudah paham dan mengerti dengan pengertian resolusi? Jika belum, yuk kita simak pembahasan uraian pada kesempatan kali ini.

Kamu akan tahu bagaimana pengertian, apa saja yang membuat resolusi tidak tercapai atau bahkan bagaimana cara membuat resolusi agar bisa tercapai. Simak penjelasannya, agar resolusi yang kamu rancang bisa terwujud secara nyata.

Pengertian Resolusi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, resolusi merupakan sebuah putusan atau kebulatan atas pendapat. Atau berupa permintaan, atau bahkan tuntutan yang ditetapkan oleh rapat. Baik itu dalam bentuk musyawarah atau bahkan sidang dengan bentuk pernyataan tertulis.

Secara umum, kamu dapat memahami bagaimana pengertian resolusi itu sebagai salah satu janji pada diri sendiri. Atau sebuah keputusan untuk melakukan sesuatu. Terutama untuk memperbaiki perilaku atau bahkan gaya hidup di tahun berikutnya.

Resolusi juga dapat diungkapkan oleh penyataan hingga keputusan atas individu mengenai pencapaian tertentu. Yang nanti akan dibuat. Masing-masing pribadi dapat mengambil sebuah keputusan sesuai dengan cita-cita serta harapannya.

Untuk mengambil keputusan itu mudah, sebab yang harus dilakukan hanya memikirkan apa yang ingin dicapai pada tahun mendatang. Resolusi pun mengandung harapan, semangat untuk jadi orang lebih baik bahkan lebih berguna.

Namun memang, di samping hal tersebut. Untuk mencapai harapan ke depan sering kali dijumpai beberapa hambatan atau alasan tertentu.

Apa yang Buat Resolusi Sulit Tercapai?

Ada banyak faktor serta alasan yang membuatnya sulit tercapai, misalnya saja dengan kelalaian. Kebiasaan yang buruk dan tidak kunjung diperbaiki, atau bahkan kurangnya usaha.

Nah, kamu harus bisa bijaksana untuk menerima saat kamu berulang kali gagal mewujudkan resolusi tersebut. Karena resolusi sendiri adalah saat kamu dapat menerima keterbatasan, kemudian mulai untuk mengerjakannya.

Cara Membuat Resolusi

Jangan hanya memiliki resolusi dan menjadikannya sebagai trend, namun pastikan agar dapat dimulai dan segera diwujudkan. Nah, penting untuk dicatat juga. Bahwa resolusi bukan menjadi parameter yang bisa menentukan keberhasilan.

Namun perlu diingat, bahwa penyelesaiannya merupakan permintaan yang harus dibuat sebagai bentuk tanggung jawab atas diri sendiri. Nah, lalu bagaimana cara untuk membuat sebuah resolusi?

1. Spesifik

Hal pertama yang bisa kamu lakukan, pastikan bahwa resolusi yang ingin diwujudkan harus spesifik. Harus tepat juga jelas. Dengan memperjelasnya, maka kamu akan lebih gampang untuk mengidentifikasi langkah yang harus diambil serta perlu dilakukan.

2. Measurable

Atau terukur, ketika membuat resolusi pastikan untuk dapat mendefinisikannya dengan cara terukur. Skalanya pastikan harus diperhitungkan secara baik, sesuai keadaan juga kondisi hingga kemampuan.

Dengan melakukannya, maka kamu pun dapat menilai kemampuan diri sendiri secara lebih baik. Serta maksimal.

3. Achievable

Atau bisa tercapai, pastikan bahwa resolusi yang kamu harapkan memang bisa tercapai. Pastikan untuk dapat disesuaikan dengan keadaan, atau bahkan hal lainnya.

4. Relevant

Bisa juga disebut dengan sesuai. Harus cocok, selaras dan tentu saja harus terhubung. Maka pastikan agar keputusan yang diambil dapat sesuai dengan keinginan.

5. Timely

Penting untuk diperhatikan, karena memang resolusi harus diterapkan serta dibatasi waktunya. Membuat keputusan tanpa standar waktu tertentu, jelas tidak akan berguna.

Mengapa Resolusi Perlu dan Penting Dibuat?

Setelah kamu tahu bagaimana pengertian resolusi bahkan tahu bagaimana cara membuat resolusi. Kini kamu juga harus tahu terkait dengan mengapa resolusi harus dibuat.  Apa saja?

1. Akan Membantu Mencapai Tujuan

Ya, hal pertama yang menjadi alasan mengapa resolusi sangat penting. Ternyata memang dapat membantu kamu untuk mencapai sebuah tujuan tertentu. Hal ini akan menetapkan resolusi untuk diri sendiri dengan proses juga cara lebih baik.

2. Selalu Ingat Akan Tujuan

Kita tidak akan tahu terkait dengan apa yang akan terjadi ke depannya. Namun kamu bisa membuat rencana hingga resolusi dari sekarang guna mendapatkan sebuah keputusan tepat. Nanti resolusi bisa membantu untuk membimbing dan terus berjuang pada jalan benar.

3. Mendapatkan Dukungan dari Orang Sekitar

Ketika kamu sudah menetapkan suatu tujuan dalam hidup, maka nanti ada peluang untuk dapatkan dukungan dari orang sekitar. Sehingga mereka akan membantu untuk mewujudkan apa yang menjadi resolusi kamu sendiri.

Manfaat Membuat Resolusi

Tidak hanya sekadar perlu, namun juga resolusi ini menawarkan banyak manfaat yang menguntungkan. Apa saja manfaat terebut?

1. Dapat Memberikan Tujuan

Menentukan tujuan ternyata jadi komponen penting dalam hidup. Tujuannya akan menjadi peta yang akan memberikan gambaran tentang apa serta kemana kamu menuju.

2. Bisa Menjadi Motivasi Diri

Membuat resolusi serta menjaganya, ternyata dapat memberikan rasa gembira saat coba untuk mewujudkannya.Contoh sederhananya saat kamu berhasil menurunkan berat badan, hal ini tentu saja akan jadi motivasi diri untuk mencapai beberapa resolusi lain.

3. Membuat Seseorang Jauh Lebih Baik

Ya, ternyata resolusi ini dapat membantu kamu merenungkan masa lalu. Masa depan atau bahkan hari ini.

Selain itu, resolusi juga dapat mencari tahu tentang pencapaian apa yang telah berhasil serta belum dicapai dalam hidup.

Cara Mewujudkan Resolusi

Tidak hanya sekadar tahu tentang bagaimana pengertian resolusi, tahu cara membuatnya, tahu apa manfaatnya. Namun kamu juga harus tahu bagaimana cara mewujudkannya, karena jika hanya angan-angan saja. Jelas hanya akan menjadi omong kosong.

Lalu bagaimana cara mewujudkannya?

1. Pastikan Bisa Dicapai

Ya, kamu harus mampu menentukan resolusi yang memang bisa dicapai. Coba untuk ambil langkah yang sangat besar dalam pencapaiannya, jelas akan membuat frustasi.

2. Pastikan Bahwa Resolusinya Penting

Pastikan kembali bahwa resolusi yang kamu harapkan dan miliki memang benar-benar penting. Jika membuat resolusi hanya karena rasa benci atau bahkan adanya penyesalan. Biasanya keinginan tersebut tidak akan berlangsung lama, dan bahkan kamu pun tidak akan berusaha mewujudkannya.

3. Mencatat Proses dan Kemajuannya

Ya, ternyata mencatat kemajuan dalam mencapai sebuah resolusi dalam sebuah ponsel atau catatan kecil. Sangat membantu kamu untuk dapat mengetahui seberapa besar kemajuannya. Seberapa besar keberhasilannya.

Hal tersebut pun dikatakan secara gamblang oleh seorang psikolog serta profesor di Touro College of Osteopathic Medicine Jeffery Gardere.

4. Mulai dari Paling Mudah

Atau bisa kamu mulai dengan hal paling kecil. Kebanyakan orang membuat resolusi dengan skala besar. Padahal hal tersebut bisa saja membebani.

Di samping hal tersebut, kamu pun harus membuat keputusan dalam skala kecil. Jadi kita bisa memiliki komitmen penuh atas segala capaian tanpa menanggapinya sebagai sebuah beban.

5. Melakukan Evaluasi

Saat coba mewujudkannya, maka sering-sering melakukan evaluasi. Nanti kamu sendiri akan tahu, apakah upaya dan cara-caranya sudah efektif. Jika belum, maka bisa coba jalan serta cara lain yang mungkin bisa lebih efisien.

6. Merayakan Keberhasilan

Tidak hanya sekadar keberhasilan saja, namun juga kamu pun dapat merayakan sebuah kegagalan. Merayakan sebuah keberhasilan akan meningkatkan kepercayaan diri, dan merayakan kegagalan sebagai upaya untuk bisa berusaha lebih keras lagi.

Nah, bagaimana? Apakah penjelasan tentang pengertian resolusi dan beberapa aspek lainnya sudah dipahami? Pastikan dipahami ya, agar resolusi yang kamu miliki bisa terwujud juga tercapai secara baik.

Seorang guru Bahasa Indonesia yang kebetulan suka membaca novel dan mencurahkannya ke dalam tulisan.

Artikel Menarik Lainnya: