Penginderaan Jauh: Komponen, Keunggulan dan Manfaatnya

Penginderaan jauh merupakan pengukuran suatu objek atau penomena menggunakan alat yang tidak langsung bersinggungan atau melakukan kontak dengan objek tersebut. Bagi kamu yang ingin memahami lebih lanjut mengenai penginderaan jauh.

Kamu bisa simak artikel ini sampai selesai akan dijelaskan kompone penginderaan, alat penginderaan, keunggulan dan kelemahan, hingga manfaat penginderaan jauh itu sendiri. yuk, simak sampai akhir ya artikel ini agar informasinya lengkap.

Pengertian Penginderaan Jauh

Sebelum beranjak ke jenis penginderaan jauh kamu bisa simak dulu pengertian dari penginderaan jauh. Berikut penjelasannya di bawah ini.

Penginderaan jauh merupakan cara untuk mengukur atau mengakusisi data dari suatu objek atau wilayah dengan menggunakan alat yang tidak berkontak langsung dengan objek yang teliti.

Atau singkatnya adalah mengukur objek dari jarak jauh. Misalnya diukur dari satelit, kapal, pesawat, dsb. Salah satu contohnya adalah alat USG, satelit cuaca, dan satelit bumi. Dalam Bahasa Inggris Penginderaan jauh ini disebut degan remote sensing.

Komponen Penginderaan Jauh

Bahwa seperti yang telah dijelaskan bahwa penginderaan jauh ini dilakukan dengan alat khusus. Dan alat khusus itu cara kerjanya ternyata dipengaruhi oleh sejumlah komponen yang bisa membuat penginderaan jauh bekerja, berikut komponennya:

1. Sumber Tenaga

Sumber tenaga ini menjadi komponen yang penting dari pengideraan jauh. Sumber tenaga ini merupakan komponen yang membuat alat penginderaan jauh bisa beroperasi 24 jam.

Dan sumber tenaga ini umumnya adalah cahaya matahari yang bisa menghasilkan suhu. Suhu tersebut kemudian diserap oleh suatu alat yang kemudian berubah energi. Artinya alat itu menyimpan tenaga di siang hari untuk bisa beroperasi pada malam hari.

2. Atmosfer

Atmosfer ini komponen yang bisa mempengaruhi kerja dari penginderaan jauh dalam menjalankan fungsinya. Dan atomsfer ini mempengaruhi alat penginderaan jauh dalam menyerap seberapa banyak sumber tenaga karena kondisi yang berubah-ubah.

3. Interaksi Tenaga dan Objek

Interaksi tenaga dan objek ini akan menyebabkan foto yang dihasilkan oleh alat penginderaan jauh berbeda-beda. Hal itu dipengaruhi karena tiap objek memiliki karakteristik dan kondisi tersendiri.

Foto yang dihasilkan akan terlihat gelap ketika objek yang dipantau memiliki daya pantul yang rendah sumber tenaganya.

4. Sensor dan Wahana

Sensor dan wahana ini berfungsi untuk mendeteksi objek sekaligus menentukan lokasinya. Sensor ini juga bisa menentukan jarak dari alat dengan objek yang dipantau sehingga bisa diketahui jarak foto diambil.

5. Perolehan Data

Perolehan data merupakan komponen yang nantinya akan menunjukan data dari pantauan alat. Data yang didapatkan itu adalah hasil pantulan dari objek. Data yang dihasilkan ini terdiri dari dua macam yaitu manual dan data numerik.

6. Penggunaan Data

Penggunaan data ini adalah proses ketika data berupa foto yang sudah diperoleh kemudian digunakan untuk keperluan tertentu. Ketika foto sudah didapatkan nantinya akan digunakan sebagai pertimbangan untuk melakukan aktivitas tertentu.

Alat-Alat Penginderaan Jauh

Nah, setelah mengetahui komponen dari penginderaan jauh selanjutnya mari kita bahas apa saja alat-alat yang digunakan untuk penginderaan jauh, dan berikut penjelasan lengkapnya.

1. Stereoskop

Yaitu merupakan alat penginderaan jauh yang bisa memberikan data berbentuk tiga dimensi stereoskop ini terdiri dari lensa, cermin, dan prisma.

2. Stereogram

Yaitu merupakan pasangan dua foto yang berdekatan pada garis terbang yang sama. stereogram ini juga merupakan pasangan foto yang telah digambarkan secara valid pada suatu daerah yang sama.

3. Film Transparansi

Film transfaransi ini digunakan untuk menggambarkan citra udara yang kemudian bisa diamati dengan alat stereoskop. Alat ini memiliki keunggulan yaitu menggambarkan warna yang mirip dengan warna aslinya.

4. Meja Sinar

Meja sinar ini adalah alat yang digunakan untuk memindahkan hasil interprestasi yang ada di film transparansi.

5. Pralaks Bar

Pralaks Bar ini merupakan alat yang terdiri dari dua batang yang terletak pada masing-masing lensanya.

6. Alat Ukur Pengukuran Jarak

Alat ukur ini digunakan untuk mengukur jara dari suatu wilayah. Ada dua yaitu color addotive viewer dan electronic image analyzer.

Keunggulan dan Kelemahan dari Penginderaan Jauh

Berikut beberapa keunggulan dari penginderaan jauh baik diukur dari jumlah bidang penggunaannya maupun dari frekuensi penggunaannya pada tiap bidang mengalami peningkatan dengan pesat.

  • Citra menggambarkan objek daerah, dan gejala bumi dengan wujud dan letak objek yang mirip wujud dan letak di permukaan bumi, relatif lengkap, meliputi daerah yang luas serta bersifat permanen
  • Dari jenis citra tertentu, dapat ditimbulkan gambaran ida dimensional apabila pengamatannya dilakukan dengan alat yang disebut stereoskop
  • Karakteristik objek yang tidak tampak dapat diwujudkan dalam bentuk citra sehingga dimungkinkan pengenalan objeknya
  • Citra dapat dibuat secara tepat meskipun untuk daerah yang sulit dijelajahi secara teretrial
  • Cotra merupakan satu-satunya cara untuk pemetaan daerah bencana
  • Citra sering dibuat dengan periode ulang yang pendek

Kelemahan Penginderaan Jauh

Walaupun mempunyai banyak kebeihan penginderaan jauh ini juga memiliki kelemahan atau kekurangan diantaranya:

  • Orang yang menggunakan harus memiliki keahlian khusus, peralatan yang digunakan mahal dan sulit untuk memperoleh citra foto maupun citra nonfoto.
  • Selain itu, tidak semua parameterkelautan dan wilayah pesisir dapat dideteksi dengan teknologi penginderaan jauh
  • Hal ini disebabkan karena gelombang elektromagnetik mempunyai keterbatasan dalam membedakan benda yang satu dengan benda yang lain. tidak dapat menembus benda padat yang tidak transfaran
  • Akurasi data lebih rendah dibandingkan dnegan metode pendataan lapangan yang disebabkan karena keterbatasa s8fat gelombang elektromagnetik dan jarak yang jauh antara sensor dengan benda yang diamati

Manfaat Penginderaan jauh

Nah, selanjutnya mari kita bahas manfaat dari penginderaan jauh, diantaranya adalah:

  • Membantu memberikan gambaran dari semua objek yang ada di suatu wilayah. Misalnya seperti kondisi permukaan bumi, gunung, sungai, laut dan lain sebagainya
  • Selnajutnya untuk mengetahui kondisi dari suatu wilayah sehingga bisa diketahui medianya seperti apa
  • Kemudian memberikan efisiensi. Efisiensi ini berarti bisa memangkas waktu, tenaga, dan biaya karena tidak perlu terjun langsung untuk memantau suatu wilayah
  • Memaparkan perubahan kondisi dari suatu tempat atau wilayah
  • Bisa membantu penanganan bencana dengan peningderaan jauh bisa dilihat kondisi medan yang akan dilakuakn evakuasi para korban nantinya

Nah, itu dia beberapa manfaat dari penginderaan jauh yang perlu kamu ketahui ternyata cuku banyak ya manfaat dari penginderaan jauh tersebut.

Demikianlan penjelasan mengenai penginderaan jauh mulai dari komponen, alat-alat komponen, kelebihan kekurangan hingga manfaat penginderaan jauh seoga bermanfaat!

FAQ| Pertanyaan Seputar Penginderaan Jauh

Untuk apa dilakukan penginderaan jauh?

Untuk memperoleh informasi permukaan bumi dari jarakk tertentu.

Apa saja contoh dari penginderaan jauh yang ada di Indonesia?

Penginderaan jarak jauh ini dapat diaplikasikan dalam bidang pemantauan lingkungan misal bencana alam, dan iklim dan beberapa contoh penginderaan jauh adalah alat USG, Satelit cuaca, alat luar angkasa yang memantau planet dan orbit.

Artikel Menarik Lainnya: