Penyebab HP Cepat Panas dan Cara Mengatasinya (Mudah)

Penyebab HP cepat panas tentunya bermacam-macam salah satunya kelamaan di pakai bermain game atau lingkungan yang panas. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak artikel penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya.

1 Fashion murah

Akan tim Mustakim Media jelaskan secara lengkap bagaimana dan apa penyebabnya. Simak sampai akhir ya!

fashion muslim murah

Peyebab HP Panas dan Cara Mengatasinya

Penyebab HP panas ini ada banyak mulai dari kondisi lingkungan, penggunaan berlebihan dan lain sebagainya. Panas bisa membuat HP cepat panas dan cepat rusak memaksakan HP saat kondisinya memanas berdampak buruk.

Kalau HP di pakai berjam-jam itu wajar HP cepat panas. Namun, jika HP cepat panas tapi baru digunakan sebentar kamu harus tahu penyebabnya berikut tim Mustakim Media akan menjelaskan penyebab HP panas dan cara mengatasinya. Ini penjelasan lengkapnya:

1. Baterai Bermasalah

Nah, penyebab HP panas dan cara mengatasinya yang pertama yaitu ketika baterai bermasalah. Saat kinerja baterai menurun, daya baterai akan cepat bocor dan ini menyebabkan baterai cepat habis selain itu baterai bocot juga membuat HP panas.

Jika masalahnya karena baterai HP yang bermasalah akan terlihat di bagian body belakang HP terasa panas. Untuk solusinya kamu bisa melakukan penggantian baterai dengan baterai yang baru.

1 Fashion murah

2. Bug Pada Sistem Operasi

Penyebab HP cepat panas adalah karena bug pada OS atau operating system bug pada OS bisa membuat konsumsi daya melebihi batas normal. Dan bug ini juga membuat fitur dan aplikasi bawaan bekerja terus menerus di latar belakang.

Konfigurasi yang tidak optimal karena bug membuat baterai cepat terkuras dan HP cepat panas. Untuk mengatasinya kamu cukup memperbaikinya dengan cukup update sistem operasi yang baru.

3. Sinyal Seluler Lemah

Saat sinyal provider yang kamu gunakan sedang lemah HP akan bekerja ekstra keras untuk mencari sinyal. Ini adalah penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya HP terus menerus mencari sinyal sehingga suhu perangkat cepat meningkat semakin tinggi dan baterai cepat habis.

Untuk penyebab HP panas dan cara mengatasinya kamu bisa memastikan sinyal seluler dan hubungkan ke WIFI supaya internet lebih lancar.

4. Bug Pada Aplikasi

Selain bug di sistem operasi bisa juga bug atau error di aplikasi salah satunya bug yang menyebalkan adalah membuat aplikasi berjalan terus di latar belakang.

Solusi cara mengatasinya bisa update aplikasi di App Store atau Play Store. Jika tidak ada update, kamu bisa uninstal aplikasi untuk sementara waktu.

1 Fashion murah

5. HP sedang update sistem Operasi

HP cenderung menghasilkan panas berlebih jika saat menjalankan update sistem operasi karena download file yang cukup besar. Kamu bisa mencoba menghentikannya agar HP dingin kembali.

6. Kecerahan Layar Terlalu Tinggi

Nah, jika kamu menyeting layar terlalu tinggi membuat HP cepat panas, menaikkan kecerahan layar jangan sampai maksimal akan memaksa baterai bekerja lebih keras. Jadi, gunakan pencahayaan yang wajar saja.

7. Menggunakan Charger Palsu

Jangan salah penyebab HP cepat panas selanjutnya yaitu karena kamu menggunakan charger yang palsu. Sehingga pasokan daya charger palsu tidak sesuai dengan kebutuhan HP yang kamu miliki solusinya membeli charger ori dan sesuai.

8. Streaming Berjam-jam

Penyebab HP panas selanjutnya adalah menonton film streaming berjam-jam seperti youtube, Netflix atau Vio dapat menguras baterai lebih cepat jadi atur batas waktu menonton agar baterai HP tidak cepat panas.

9. Main Game Terlalu Lama

Sama halnya menonton main game yang terlalu lama juga merupakan salah satu penyebab HP menjadi panas sehingga kamu perlu membatasi penggunaan memainkan game.

10 Lingkungan Panas

Paparan sinar matahari langsung membuat suhu HP juga cepat panas seperti meletakkan HP di dasboard mobil juga membuat HP cepat panas. Jadikan pastikan jauhkan HP dari sumber panas.

1 Fashion murah

Tips Merawat HP agar Tidak Cepat Panas

Selain mengetahui penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya kamu juga perlu tahu bagaimana cara tips merawat HP agar terhindar dari panas, begini penjelasannya:

  • Hindari sinar matahari langsung
  • Matikan atau unsinstal aplikasi yang bermasalah
  • Atur kecerahan layar agar tidak terlalu tinggi
  • Matikan seluler saat susah sinyal
  • Gunakan charger ori cek dan lakukan update rutin OS dan aplikasi
  • Batasi penggunaan HP maksimal 1 jam untuk game atau sreaming
  • Jauhkan dari sumber panas dan simpan HP di tempat yang aman

Nah, itulah beberapa tips bagaimana cara merawat agar HP tidak cepat panas semoga apa yang tim Mustakim Media sampaikan dapat bermanfaat ya!

FAQ| Penyebab HP Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Bisakah mendinginkan HP di dalam kulkas?

Kamu bisa mendinginkannya dengan memasukkan ke dalam kulkas selama 15 menit namun pastikan tidak ada air yang masuk.

Berapa suhu HP yang normal?

HP yang normal memiliki suhu diantara 30 sampai 35 derajat celcius.

1 Fashion murah

Artikel Menarik Lainnya: