Penyebab Pinjaman Indodana Ditolak dan Cara Mengatasinya

Penyebab Pinjaman Indodana Ditolak dan Cara Mengatasinya

Pinjaman Indodana ditolak? Lantas apa penyebabnya? Jika kamu mengalami hal tersebut kamu tidak perlu risau kamu hanya perlu mengetahui apa penyebabnya dan mencoba mengatasinya dengan mengikuti cara pada artikel ini.

Ya, kini tim Mustakim Media akan menjelaskan secara lengkap mengenai penyebab pinjaman Indodana di tolak. Jangan sampai ketinggalan informasi penting ini ya.

Penyebab Pinjaman Indodana Ditolak

Indodana sendiri merupakan salah satu pinjaman online tanpa agunan yang menjadi salah satu rekomendasi terbaik di Indonesia. Indodana juga menyediakan pinjaman dengan cara mudah dan persyaratan yang tidak terlalu rumit.

Namun, terkadang seorang peminjam tidak memperhatikan persyaratan yang perlu dipenuhi. Dan penyebabnya kenapa pinjaman Indodana ditolak. Nah, sebagai jawabannya tim Mustakim Media coba merangkum beberapa penyebabnya.

Dan berikut beberapa penyebab yang menyebabkan pengajuan pinjaman Indodana ditolak. Ini penjelasannya:

1. Informasi Data Diri Tidak Lengkap

Nah, untuk penyebab pinjaman Indodana ditolak yang pertama menurut pihak Indodana adalah mengenai informasi tidak lengkap. Seperti yang telah kita ketahui bahwa informasi data diri sangatlah penting.

Seperti nama lengkap, alamat, nomor yang bisa dihubungi hingga data penghasilan ini perlu kamu penuhi secara lengkap agar pihak Indodana dapat mempertimbangkan kelayakan kamu untuk mendapatkan pinjaman.

1. Dokumen Pelengkap Kurang Jelas

Selain memerlukan informasi data diri yang lengkap penyebab pinjaman Indodana ditolak adalah dokumen pelengkap kurang jelas. Dokumen yang perlu kamu persiapkan diantaranya yaitu KTP, Slip Gaji, NPWP dan lainnya.

Nah, data ini perlu kamu persiapkan karena data ini sangat penting untuk pengajuan Indodana. Dan pastikan juga jika kamera yang kamu gunakan memiliki resolusi yang cukup tinggi dan bisa terbaca dengan jelas.

2. Penghasilan Minimum Belum Memenuhi Standar Pengajuan

Selanjutnya kamu perlu perhatikan juga jika kamu perlu memiliki penghasilan minimum yang memenuhi standar dari syarat Indodana yaitu sekitar Rp.3.000.000,- per bulan.

Jika kurang dari itu maka dapat dipastikan pinjaman Indodana ditolak itu dikarenakan pihak Indodana meragukan kesanggupan kamu untuk membayar cicilan nantinya. Sehingga perlu persiapkan penghasilan minimum sesuai syarat.

3. Usia Belum Memenuhi atau Diluar Batas Persyaratan

Perlu kamu ketahui juga setiap fintech lending memiliki aturan pengguna pinjaman dimana ada batasan usia yang boleh meminjam. Dan untuk pihak Indodana sendiri menyediakan batas usia minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun.

Dan jika kamu kurang atau lebih dari usia syarat di atas maka perlu dipastikan jika pengajuan pinjaman Indodana akan di tolak. Jadi, pastikan usia kamu sudah memenuhi standar pinjaman Indodana ya!

3. Berada di Luar Jangkauan Layanan Indodana

Kemudian peminjam berdomisili di luar wilayah atau jangkau layanan Indodana itu juga bisa menyebabkan pinjaman Indodana ditolak.

Artinya peminjam di luar wilayah coverage area dan biasanya dijelaskan di persyaratan wilayah mana saja yang bisa dijangkau oleh layanan Indodana.

4. Gagal Verifikasi Telepon Rumah, Kantor

Selanjutnya jika kontak ke rumah dan kantor adalah bagian dari proses verifikasi. Bisa dilakukan dengan beberapa cara, antara lain melalui telepon atau bahkan kunjungan rumah,

Dan kegagalan melakukan verifikasi ke rumah atau kantor bisa menyebabkan penolakan pengajuan. Karena perusahaan pinjaman tidak bisa memastikan data rumah dan kantor valid.

5. Nama Peminjam dan Rekening Bank Berbeda

Data yang kamu masukan salah satunya adalah nomor rekening dan pastikan nomor rekening tersebut valid antara nama rekening dan nama pengaju pinjaman. Data ini digunakan untuk mencairkan pinjaman dan menghindari terjadinya fraud.

Fraud ini biasanya terjadi jika pencairan dilakukan ke nama rekening yang berbeda dari yang mengajukan pinjaman. Karena itu, kesamaan data di rekening bank dengan data di KTP penting sekali. Verifikasi rekening bank dilakukan untuk memastikan datanya akurat tidak ada indikasi fraud di dalamnya.

6. Catatan Pinjaman di BI Cheking Buruk

Selanjutnya pihak Indodana juga akan mengecek peminjam di SLIK OJK biasanya di tolak karena skor kredit di intitusi finansial lain buruk. Catatan kredit ini dianggap negatif jika pinjaman pernah menunggak dan dianggap buruk bisa berbeda-beda.

7. Credit Skor rendah

Indodana menggunakan credit scoring untuk menilai pengajuan dari calon peminjam. Berdasarkan berbagai variable dan informasi sehingga credit scoring ini akan memberikan rekomendasi pinjaman disetujui atau tidak.

8. Nomor Emergency Contact Gagal

San terakhir yang menyebabkan pinjaman Indodana ditolak yaitu karena nomor emergency contact gagal. Nomor emergency ini adalah nomor kontak yang bisa dihubungi saat nomor utama tidak aktif.

Yaitu seperti nomor saudara, keluarga, teman, kerabat dan lain sebagainya. Data akan diverifikasi dan jika todal di kontak atau bisa dikontak tapi tidak sesuai dan pengajuan kamu ditolak.

Nah, itulah beberapa penyebab kenapa pinjaman Indodana ditolak. Dari penjelasan tersebut kamu bisa memastikan jika semua penyebab tersebut dapat dihindari. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Kamu bisa simak penjelasan selanjutnya.

Cara Mengatasi Pinjaman Indodana Ditolak

Setelah memahami penyebab kenapa pinjaman Indodana ditolak kamu perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi pinjaman Indodana yang di tolak. Dan berikut beberapa penjelasan yang bisa kamu ikuti untuk mengatasinya, diantaranya adalah:

1. Lengkapi Semua Dokumen

Untuk cara mengatasi pertama pinjaman Indodana ditolak kamu bisa melengkapi semua dokumen persyaratan yang dibutuhkan dan pastikan tidak ada dokumen yang terlupakan untuk kamu masukan di persyaratan.

2. Pastikan Dokumen Dapat Terbaca

Selanjutnya kamu juga perlu pastikan dokumen yang kamu unggah itu dapat terbaca sistem. Solusinya kamu siapkan dokumen dan gunakan kamera yang beresolusi tinggi.

Dan pencahayaan yang bagus sebelum di masukkan cek dulu apakah gambar sudah jelas terbaca atau belum jika belum kamu bisa ulangi lagi hingga jelas dan terbaca.

3. Pastikan Nomor Rekening Sama dengan KTP

Kemudian selanjutnya untuk mengatasi pinjaman Indodana ditolak karena nomor rekening berbeda kamu perlu pastikan jika data semua nama sama. baik di KTP atau pun di rekening yang kamu miliki.

Ini menjadi salah satu poin penting jika kamu ingin pinjaman Indodana kamu disetujui. Perlu kamu ketahui juga bahwa hampir semua pinjaman online mewajibkan penggunanya untuk memasukkan informasi nama nomor rekening yang sama persis.

4. Masukkan Nomor Kontak yang Benar

Selanjutnya untuk cara mengatasi pinjaman Indodana ditolak yaitu karena nomor yang tidak bisa dihubungi. Pastikan nomor kontak dan nomor emergency yang kamu masukkan itu bisa dihubungi.

Sehingga saat pihak Indodana ingin menghubungi kamu bisa dilakukan dengan mudah dan masukkan nomor emergency yang benar bukan nomor yang sudah tidak aktif agar pihak Indodana yakin kamu tidak lari dari tanggungjawab.

5. Hubungi Call Center Indodana

Dan cara mengatasi yang terakhir kamu juga bisa menghubungi call center jika cara-cara diatas belum bisa menjawab permasalahan kamu. Kamu bisa menghubungi di nomor (021) 40595888.

Akhir kata

Demikianlah penjelasan mengenai penyebab pinjaman Indodana ditolak dan bagaimana cara mengatasinya semoga apa yang tim Mustakim Media jelaskan ini merupakan informasi yang dapat bermanfaat!

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: