Perbedaan KUR dan Kupedes: Sasaran, Syarat dan Biayanya

KUR sendiri merupakan Kredit Usaha Rakyat, sedangkan Kupedes adalah Kredit Umum Pedesaan. Jika kamu ingin melakukan pengajuan pinjaman, kiranya perbedaan KUR dan Kupedes harus dipahami terlebih dahulu.

1 Fashion murah

Dua program tersebut merupakan produk pinjaman yang disediakan oleh PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI). Walaupun sama-sama memberikan dana pinjaman, namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan loh.

fashion muslim murah

Perbedaan KUR dan Kupedes

Nah, KUR BRI sendiri biasanya memberikan tujuan untuk mengembangkan usaha UMKM yang bergerak dibidang offline atau bahkan online. Sejauh ini, KUR jadi salah satu program yang cukup diminati. Karena proses dianggap lebih gampang.

Kupedes bersifat lebih umum, pinjaman ini pun berlaku untuk semua sektor. Baik itu individu, ekonomi atau bahkan badan usaha. Dengan syarat juga ketentuan yang menyertainya.

1. Sasaran

KUR sasarannya adalah masyarakat Kota atau pedesaan, hanya akan cair bagi masyarakat yang sudah memiliki usaha saja.

Sedangkan Kupedes, sasarannya juga masyarakat pedesaan. Namun masyarakat yang baru akan memulai usahanya juga boleh mengajukan pinjaman.

1 Fashion murah

2. Syarat Pengajuan

KUR harus sudah memiliki usaha minimal 6 bulan berjalan, tidak sedang menerima kredit dari perbankan lainnya. Kecuali KPR, Kartu Kredit atau KKB.

Lalu harus menyertakan Fotokopi KTP suami serta istri jika sudah menikah. Fotokopi KK, buku nikah, pas foto suami istri 4×6, surat keterangan usaha dari kelurahan atau desa. Bisa mengajukan tanpa jaminan, atau tanpa ada agunan.

Kupedes, syarat pengajuannya bisa sudah memiliki usaha atau baru akan menjalankan usaha. Tidak sedang menerima kredit dari perbankan, kecuali KKB, Kartu Kredit dan KPR.

Fotokopi suami istri jika sudah menikah, KK, buku nikah jika sudah menikah, pas foto suami istri 4×6. Surat keterangan resmi dari keluaran atau desa, fotokopi tabungan BRI, PBB asli.

Lalu syarat pengajuan Kupedes selanjutnya harus menyertakan sertifikat atau BPKB sebagai jaminan, minimal 18 tahun sudah menikah atau 21 tahun masih lajang. Usia maksimal 65 tahun saat pinjaman Kupedes lunas.

3. Plafon Pinjaman

Nah, perbedaan KUR dan Kupedes selanjutnya adalah terletak dari plafon pinjamannya. Untuk KUR maksimalnya 100.000.000 Rupiah. Sedangkan Kupedes maksimal pinjaman 250.000.000 Rupiah.

1 Fashion murah

4. Suku Bunga

KUR 6% sedangkan Kupedes memiliki suku bunga 0.95 sampai 1.2%.

5. Tenor

KUR maksimalnya 4 tahun, Kupedes maksimal tenor 5 tahun.

6. Biaya Administrasi

KUR bebas biaya administrasi dan juga provisi. Sedangkan Kupedes memiliki biaya administrasi mulai dari 10.000 Rupiah dan gratis juga biaya provisi.

7. Asuransi

KUR tidak ada asuransi, sedangkan Kupedes menyediakan asuransi.

Di samping perbedaannya. Ternyata KUR BRI ini lebih banyak diminati, bahkan menjadikannya alternatif bagi para pelaku UMKM untuk mendapatkan tambahan modal.

Bagi kamu yang ingin coba melakukan pinjaman KUR, bisa simak sedikit gambarannya di bawah ini ya. Terlebih dengan bagaimana cara mengajukan KUR BRI agar usaha online yang sedang kamu jalani bisa lebih berkembang.

1 Fashion murah

Cara Mengajukan KUR BRI Online

  1. Membuat akun di website BRI langsung
  2. Melakukan registrasi online di website BRI
  3. Mengisi data e-commerce
  4. Melengkapi semua data pengajuan KUR dengan lengkap

Prosesnya sederhana, namun jika kamu merasa ada kendala saat pengajuan KUR online tersebut, bisa langsung menghubungi call center BRI melalui nomor 14017 atau di 1500017. Atau juga boleh kontak melalui email callbri@bri.co.id.

Berapa Lama Proses Pencairan KUR?

Biasanya untuk proses pencairan ini bisa lebih cepat, dengan catatan jika semua syarat serta ketentuan sudah terpenuhi. Namun untuk jangka waktunya sendiri fleksibel, nasabah akan mendapatkan pemberitahuan apabila proses pengajuannya sudah disetujui.

Tips Pengajuan KUR Agar Diterima

  1. Memastikan bahwa BI checkingnya bagus
  2. Usaha sudah berjalan baik
  3. Mengurus perizinan agar lebih resmi
  4. Usahakan agar tidak memiliki kredit perbankan lain
  5. Memisahkan rekening usaha dan rekening pemakaian pribadi
  6. Memenuhi semua syarat
  7. Kooperatif dengan petugas dan layanan

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa perbedaan KUR dan Kupedes yang sudah kamu tahu. Jadi memang tidak heran jika KUR lebih banyak diminati, karena dari sisi persyaratan pun jauh lebih mudah. Walaupun untuk suku bunga jauh lebih besar, namun tetap banyak diminati masyarakat.

Artikel Menarik Lainnya: