Pesan yang Terkandung Dalam Dongeng Disebut Apa?

Pesan yang terkandung dalam dongeng disebut apa? Ini adalah pertanyaan yang muncul pada soal latihan anak SD kelas 3 tema 4 tentang pesan moral dalam dongeng.

Dongeng merupakan salah satu bahasan yang ada dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Selain menjadi bacaan seru, dongeng memberikan pesan tersembunyi di dalamnya.

Untuk tahu pesan yang terkandung dalam dongeng, kamu harus baca dan pelajari cara menemukan pesan yang tersimpan dalam dongeng tersebut.

Apa Itu Dongeng?

Dongeng merupakan cerita prosa rakyat yang bersifat fiksi dan tidak benar-benar terjadi. Dongeng berfungsi sebagai hiburan, dan sarana untuk menyampaikan pesan-pesan moral kepada pembaca.

Apa Itu Pesan Dalam Dongeng?

Pesan dalam dongeng adalah cerita tersirat dalam dongeng yang menjadi pesan kepada pembaca nya agar melakukan atau jangan melakukan hal yang sama dengan yang ada dalam cerita.

Setiap dongeng punya pesan moral tersembunyi dalam ceritanya. Namun hal itu tidak ditulis secara tersurat, melainkan hanya secara tersirat saja.

Pesan yang Terkandung Dalam Dongeng Disebut?

Pesan yang terkandung dalam dongeng disebut amanat. Amanat adalah pesan yang tersembunyi dalam sebuah cerita baik dongeng ataupun cerita lainnya.

Penulis dongeng akan menyisipkan amanat ke dalam cerita yang dibaca. Sehingga pembaca bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Amanat dalam dongeng ini biasanya adalah berupa ajakan ataupun larangan.

Ajakan jika amanat itu baik, sedangkan larangan jika memang pesan itu tidak baik jika dilakukan oleh para pembaca nya.

Bagaimana Cara Menemukan Pesan Dalam Dongeng?

Ketika pertama kali belajar tentang amanat dalam dongeng, kamu pasti akan bingung gimana cara menemukan amanat tersembunyi dalam dongeng.

Karena tidak ada dongeng yang menuliskan pesannya secara tersurat dalam dongeng nya. Maka dari itu, untuk bisa menemukan amanat atau pesan dalam dongeng, kamu bisa gunakan beberapa cara berikut:

  • Baca dongeng berkali-kali
  • Tuliskan tokoh-tokoh yang ada dalam cerita lengkap dengan sifat dan karakternya
  • Tuliskan latar belakangan cerita
  • Setiap tokoh pasti akan menyampaikan pesan dan amanat kepada pembaca
  • Karakter tokoh baik menyampaikan pesan baik
  • Karakter jahat menyampaikan pesan larangan yang tidak boleh kita lakukan
  • Tuliskan cerita akhir dongeng tersebut, lihat pesan yang disampaikan di sana

Catata: Cara paling mudah menemukan pesan dalam dongeng adalah melihat cerita terakhirnya. Di sana biasanya ada pesan atau amanat tersembunyi yang disampaikan penulis.

Akhir Kata

Dari tulisan di atas bisa kita simpulkan bahwa pesan yang terkandung dalam dongeng disebut amanat. Amanat dalam dongeng tidak dituliskan secara tersurat melainkan secara tersirat.

Nah, itu saja tulisan saya hari ini. Semoga bisa bantu menjawab pertanyaan kamu tentang pesan dan amanat dalam dongeng. Terimakasih sudah membaca, jangan lupa share artikel ini ke media sosial kamu.

Artikel Menarik Lainnya: