Penyebab Pinjaman Tunaiku Ditolak dan Cara Mengatasinya

Penyebab Pinjaman Tunaiku Ditolak dan Cara Mengatasinya

Tunaiku merupakan salah satu pinjaman online yang cukup populer di Indonesia di mana Tunaiku menawarkan pinjaman KTA dengan mudah dan cepat dengan syarat yang cukup sederhana.

Meskipun mudah tidak semua pengajuan diterima ada beberapa hal yang menyebabkan pinjaman Tunaiku ditolak? Lantas apa penyebabnya? Serta bagaimana cara mengatasinya? Kamu bisa simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui jawaban lengkapnya.

Syarat Pengajuan Pinjaman Tunaiku

Nah, perlu kamu ketahui sebelum beranjak ke pembahasan mengenai kenapa pinjaman Tunaiku ditolak kamu juga perlu mengetahui apa saja syarat pengajuan pinjaman online Tunaiku ini.

Ternyata ada syarat-syarat yang perlu kamu penuhi untuk bisa melakukan pinjaman Tunaiku. Apa saja syaratnya, berikut syarat yang perlu kamu penuhi, diantaranya adalah:

  • Syarat yang pertama jika kamu ingin mengajukan pinjaman Tunaiku kamu harus memiliki usia di 21 tahun sampai 55 tahun di selain itu maka pengajuan kamu ditolak
  • Selanjutnya kamu merupakan WNI asli dibuktikan dengan memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Kemudian kamu memiliki rekening bank yang sesuai dengan nama yang kamu miliki
  • Selanjunya mempunyai pekerjaan atau penghasilan kamu bisa membuktikannya dengan memiliki slip gaji atau juga surat keterangan karyawan
  • Dan terakhir kamu berdomisili sesuai dengan alamat KTP dalam area layanan kami jika tidak di area layanan maka pihak Tunaiku tidak bisa melayani pengajuan kamu

Nah, itulah beberapa syarat yang perlu kamu penuhi untuk bisa melakukan pengajuan pinjaman tunaiku. Jadi pastikan semua syarat terpenuhi. Jika semua syarat terpenuhi lantas bagaimana jika pinjaman Tunaiku ditolak?

Nah, perlu kamu ketahui meski persyaratan yang kamu ajukan ini memenuhi syarat belum menjadi kemungkinan pengajuan kamu diterima melainkan ada beberapa penyebab yang mengakibatkan pinjaman kamu ditolak.

Penyebab Pinjaman Tunaiku Ditolak

Syarat pengajuan pinjaman uang tanpa jaminan Tunaiku telah terpenuhi tapi kenapa pengajuan pinjaman Tunaiku ditolak? Nah, kamu perlu perhatikan beberapa penyebab yang mungkin belum kamu ketahui.

Bahwa hal ini mengakibatkan pengajuan pinjaman online kamu ditolak. Lantas apa saja penyebabnya? Ini penjelasannya:

1. Dokumen yang Kamu Unggah Tidak Lengkap/ Tidak terbaca

Saat mengajukan pinjaman online tanpa jaminan di Tunaiku beberapa dokumen yang harus dilengkapi yaitu KTP, slip gaji, surat keterangan kerja dan mutasi rekening.

Seleksi dokumen ini cukup teliti loh. Makanya. Pastikan bahwa semuanya lengkap dan fotokopinya terbaca dengan jelas. Sehingga meskipun semua syarat ada tapi jika buram tak terbaca semuanya percuma.

Pihak Tunaiku akan menganggap kamu tidak memberikan data atau dokumen pribadi yang valid sehingga mengakibatkan pengajuan Tunaiku ditolak.

2. Gagal Verifikasi Karena Tidak Bisa Dihubungi

Nah, penyebab selanjutnya kenapa pinjaman Tunaiku ditolak adalah nomor dan email yang kamu berikan tidak bisa dihubungi. Pada saat melakukan verifikasi data ini akan gagal jika ternyata nomormu tidak aktif atau tidak bisa dihubungi.

Jadi, pastikan bahwa nomor HP atau telepon yang kamu masukkan selalu siap sedia dihubungi kapan pun dan dimana pun. Dan selalu cek jika ada email yang masuk dari pihak Tunaiku.

3. Jumlah Pinjaman Terlalu Besar

Nah, mengenal nominal pinjaman Tunaiku memberikan pinjaman dari mulai Rp.2.000.000,- hingga Rp.10.000.000,-. Tetepi, tentunya besar nominal pinjaman tunai yang akan disesuaikan dengan kondisi finansial yang kamu miliki.

Pihak Tunaiku akan menilai besar penghasilan dan kemampuan membayar cicilan jika nilai yang kamu ajukan terlalu besar dan enggak seimbang, maka pinjaman yang kamu ajukan bisa ditolak.

Jadi, pastikan jika pinjaman yang kamu ajukan nantinya tidak lebih besar dari 30% penghasilan kamu agar pengajuan kamu diterima nantinya.

4. Memiliki Tunggakan di Institusi Lain

Selain dokumen yang tidak jelas, pinjaman, terlalu besar dan gagal verifikasi penyebab pinjaman Tunaiku ditolak adalah kamu masih memiliki tunggakan pinjaman di institusi lain.

Jadi, oleh pihak Bank akan dihitung jumlah kredit dan cicilan yang sedang berjalan melalui BI Chekking. Jika nominal tunggakan terlalu besar, maka pihak bank cenderung akan menolak pinjaman yang kamu ajukan.

Dan hal tersebut terjadi karena pihak Tunaiku mengantisipasi resiko dari kredit macet. Jadi lunasi dulu pinjaman di platform lainnya ya!

5. Riwayat Kredit Buruk

Selain melihat kredit yang sedang berjalan, riwayat kreditmu yang lalu juga tidak luput dari pengecekan pihak Tunaiku. Riwayat kredit yang dicek tidak hanya kredit bank, tapi juga lembaga non bank.

Supaya pinjaman KTA-mu disetujui, kamu harus rajin mengecek riwayat kreditmu di BI Chekking. Kalau skor kreditmu ternyata buruk, bisa dihapus juga tentunya dengan melakukan beberapa syarat dan kewajibannya.

6. Nama Peminjam di Rekening Bank Berbeda dengan Nama di KTP

Data rekening bank wajib dicantumkan di form pengajuan. Data ini digunakan untuk mencairkan pinjaman dan menghindari terjadinya fraud.

Dan fraud ini biasanya terjadi jika pencairan dilakukan ke nama rekening yang berbeda dari yang mengajukan pinjaman. Karena itu, kesamaan data di rekening bank dengan di KTP penting di samakan.

7. Domisili Diluar Wilayah Jangkauan

Peminjaman berdomisili wilayah operasional Tunaiku. Di luar wilayah coverage area tersebut maka pengajuan akan ditolak. Ketentuan soal coverage area biasanya dijelaskan sejak awal. Calon peminjam bisa mengecek apakah domisili masuk dalam coverage area atau tidak.

8. Masuk Internal Blacklist (Daftar Hitam)

Dan penyebab pinjaman Tunaiku ditolak yaitu nasabah yang mengajukan Tunaiku memiliki daftar blacklist nasabah. Blacklist disusun dari berbagai faktor dan dikumpulkan dari berbagai sumber.

Jika seseorang sebelumnya pernah mengajukan pinjaman di Tunaiku dan hasilnya buruk maka akan langsung di tolak. Nah, itulah beberapa penyebab mengapa pinjaman Tunaiku ditolak setelah mengetahui penyebabnya kamu ketahui cara mengatasinya di bawah ini.

Cara Mengatasi Pinjaman Tunaiku Ditolak

Berikut beberapa tips agar pinjaman Tunaiku bisa diterima kamu perlu melakukan beberapa hal di bawah ini, diantaranya adalah:

1. Pastikan Dokumen terbaca

Perlu pastikan jika masalahnya ada di dokumen persyaratan yang tidak terbaca kamu pastikan jika dokumen yang kamu unggah jelas dan terbaca.

2. Melunasi Semua Pinjaman

Jika kamu masih memiliki tunggakan di institusi finansial lainnya kamu bisa mulai melunasi dari sekarang sehingga kamu tidak memiliki pinjaman lagi dan hal tersebut mempermudah kau mendapatkan pinjaman dari Tunaiku.

3. Pastikan Semua Skor Kredit baik

Selanjutnya pastikan juga jika skor kredit yang kamu miliki baik kamu tidak pernah terlambat bayar cicilan.

4. Usahakan Nomor HP Selalu Aktif

Kemudian selain skor kredit baik pastikan ketika pihak Tunaiku melakukan verifikasi melalui nomor HP nomor yang kamu gunakan dalam keadaan aktif.

5. Hubungi Call center

Dan untuk cara terakhir kamu bisa menghubungi call center Tunaiku di (021) 4000-5859 atau kamu juga bisa menghubungi melalui email di tanya@amarbank.co.id Dan pastikan kamu menghubungi di hari kerja senin-jum’at mulai jam 08.00-17.00 WIB.

Akhir kata

Demikian penjelasan mengenai penyebab pinjaman Tunaiku ditolak berikut penjelasan cara mengatasinya. Semoga dapat membantu!

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: