Resensi Film Bahasa Sunda Kabayan Paling Lengkap

Resensi Film Bahasa Sunda Kabayan Paling Lengkap

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Resensi Film Bahasa Sunda Kabayan dapat dilakukan oleh siapa saja yang menonton film kabayan tersebut, dengan meresensi sebuah film tentu kamu mengetahui alur film dengan jelas pada film yang ditonton.

Film Kabayan di rilis pada tahun 1990an dan sutradara dari film kabayan tersebut yaitu sutradara profesional dan juga aktris/aktor terkenal . Untuk lebih jelas mengenai film kabayan tersebut simak sampai akhir dalam artikel Media Mustakim yang kami tulis dalam kesempatan kali ini.

Resensi Film Bahasa Sunda Kabayan

Sebelum kita meresensi Film Bahasa Sunda Sikabayan mari kita ingat terlebih dahulu pengertian dari makna resensi tersebut, mengutif dari berbagai sumber memberikan suatu ulasan pada sebuah film yang memberi informasi kepada penonton terkait penulis film, pemain dan sutradara yaitu pengertian resensi.

Ada banyak judul-judul film kabyan yang banyak digemari oleh para penonton nya karena film sikabayan memberikan makna bagaimana menjadi orang yang Sunda yang santun karena film kabayan tersebut bertemakan Budaya Sunda yang khas yang dapat di pahami oleh orang-orang budaya lain.

Film kabayan itu sendiri pertama kalinya di produksi di tahun 1975 dengan pemeran utama Kang Ibing “Kabayan” dan Leny Marlina “Iteung” , dengan banyaknya penggemar film kabayan tersebut sehingga melanjutkan film terbarunya seperti Si Kabayan dan Gadis Kota lanjutan dari Judul Si kabayan Saba Kota.

Si Kabayan dan Gadis Kota

Ada banyak judul film kabayan yang begitu menarik dan disukai oleh para penggemarnya karena kesanya memberikan motivasi-motivasi yang mendidik dan juga mengandung komedi. Namun pada kali ini kami meresensi judul Film Si Kabayan dengan Judul “Sikabayan dan Gadis Kota”.

Judul film yang kami bahas pada kesempatan kali ini merupakan lanjutan dari film sikabayan dari judul “Kabayan Saba Kota. Untuk lebih jelas mengnai Identitas judul film Sikabayan da Gadis Kota perhatikan dalam tabel yang kami tulis sebagai berikut di bawah ini.

Identitas Film

Identitas film dengan judul Si kabayan dan Gadis Kota kami paparkan sebagai berikut di bawah ini yang telah kami baca dari beberapa sumber.

Judul FilmSi Kabayan dan Gadis Kota
SutradaraH. Maman Firmansyah
Aktris/AktorDidi Petet dan Paramitha Rusady
KategoriKomedi
Penulis Naskah FilmEddy D Iskandar
ProduserPT. Kharisma Jabar Film dan Pemerintah Daerah Tingkat 1 Jawabarat
Durasi109 Menit
Tahun Rilis1990

Ringkasan Cerita

Si Kabayan dan Gadis Kota merupakan lanjutan dari film sebelumnya yaitu si Kabayan Saba Kota, di Desa kedatangan orang yang sedang penelitian Skripsi untuk kelancaran penelitian tersebut pak lurah menugaskam kabayan untuk menemani mahasiswi tersebut yang bernama inge.

Pada saat kabayan berkeliling menemani inge dalam kegiatan penelitian tersebut kang Ibing melihat kabayan sedang berduaan dengan inge kemudian kang Ibing memberitahukan kepada istri si kabayan yaitu iteung, mendengar cerita kang Ibing Iteung Cemburu kemudian berniat pergi ke kota.

Suatu ketika Iteung Kabur ke Kota namun setelah di kota iteung kebingungan dan malah di bantu oleh Mucikari yang berniat ingin menjual iteung dan menjadikan kupu-kupu malam, pada saat iteung ingin di jual kepada laki-laki hidung belang untungnya ada teman kampung iteung yang membantu menolongnya.

Dengan Kaburnya iteung ke Kota kabayan menuntut kang Ibing untuk mencari Iteung selain itu Inge yang merasa bersalah juga ikut membantu kabayan mencari Iteung di Kota, pada suatu hari Inge dan Saribanon yang merupakan sahabat Inge menemukan Iteung sedang pingsan di jalan dan Iteung berhasil diselamatkan.

Isi Cerita

Ada beberapa mahasiswa yang ingin melakukan sebuah Penelitian untuk menyelesaikannya tugas akhir kuliah nya pada sebuah Desa yang ditempati Kabayan, salah satu nama dari mahasiswa tersebut yaitu Inge yang dikira menjadi sumber utama masalah dalam kesalahpahaman cerita tersebut.

Dengan di tugaskan nya Kabayan oleh pak lurah untuk menemani mahasiswa yang sedang penelitian di Desa tempat tingggal kabayan tersebut dengan adanya orang yang hanya memberikan informasi yang hanya tidak dengan sepenuhnya membuat suatu kejadian yang membuat orang celaka.

Kesalahpahaman Iteung yang membuat Iteung Cemburu yang hanya mendengar Pembicaraan orang tanpa diketahui sebenarnya membuat nasib Iteung Hampir Celaka, tetapi nasib Iteung yang masih dapat diselamatkan dan ditemukan oleh orang yang di anggap Iteung membuat cemburu nya.

Rupanya Ketika Iteung di temukan sedang pingsan di Jalan Iteung sedang mengandung sebuah anak dalam sebuah perkawinannya Iteung dan Kabayan.

Tokoh Dan Penokohan

Tokoh dan penokohan dalam cerita Si Kabayan dan Gadis Kota yaitu di bintangi dengan sutradara profesional dan juga aktor dan aktris terkenal dalam filem si kabayan tersebut.

Tokoh dalam film Sikabayan dan Gadis Kota yang merupakan Didi Petet sebagai Kabayan, Merriam Berllina sebagai Inge, Kang Ibing Sebagai kang Ibing, Paramitha Rusdahy sebagai Iteung, Rahmat Hidayat sebagai Ayah Iteung , Rudy Djamil sebagai Joni Kemod dan Nurul Ariffin Sebagai Saribanon.

Kelebihan Film

Dalam sebuah cerita tentu terdapat kekurangan dan kelebihan tergantung orang yang menilainya dalam sebuah cerita dalam film tersebut, dalam mereseni film kabyan dan gadis kota yang kami lakukan memiliki kelebihan nya yaitu cerita menggambarkan Budaya sunda yang sopan dan Santun.

Dengan film Kabayan yang menggambarkan budaya sunda yang sopan dan santun sehingga dengan begitu yang dapat di nilai orang lain dan dipahami budaya-budaya lainnya dengan keragaman budaya.

Kabayan yang Berperan dalam cerita orang Sunda yang sopan dan santun serta di anggap tidak tahu apa-apa itu hanya komedi dalam sebuah karakter kabayan saja, dan bukan berarti menunjukan orang Sunda seperti Sikabayan.

Kekurangan Film

Kekurangan dalam sebuah film tersebut yaitu menggambarkan orang pemlas dan lugu yang di anggap tidak tahu apa-apa tetapi dalam sebuah film tersebut tidak menunjukan bahwa orang sunda seperti si kabayan.

Oleh karena itu meski si kabayan yang menggambarkan Budaya Sunda yang lugu dan sopan santun serta dia anggap tidak tahu apa apa tetapi film terebut menunjukan bahwa orang sunda itu bukan seperti Si kabyan.

Pesan Moral Film Sikabayan dan Gadis Kota

Dalam sebuah film tentu terdapat sebuah pesan moral untuk para penontonnya, pesan moral dalam cerita film si Kabayan dan Gadis Kota yaitu Dalam menyampaikan sesuatu atau menanggapi sesuatu harus terlebih dahulu mengetahui keadaan sebenarnya.

Jangan menganggap semua informasi dari orang itu benar tanpa diketahui yang sebenarnya, karena jika mencerna informasi tidak benar akan menyebabkan seseorang tidak terkendali dan membuat hampir celaka seperti dalam cerita tersebut.

Penutup

Si Kabayan merupakan tokoh dalam sebuah film yang lugu dan Pemalas dan Pemeran dalam cerita film si Kabayan tersebut dilakukan oleh aktor dan aktris semua dari Jawa Barat. Kelebihan dan kekurangan dalam meresensi sebuah film tergantung dari orang yang menonton dan mengetahui cerita pada film tersebut.

Demikian yang dapat kami sampaikan baik atau buruk dalam resensi yang kami lakukan semoga menjadi motifasi dan saran bagi kami, sekian dan kami ucapkan terimakasih telah membaca artikel ini.

Seorang guru di pelosok Garut yang punya hobi menulis dan coba menuangkannya ke dalam blog. Terimakasih sudah membaca artikel dan tulisan sederhana saya di sini.

Artikel Menarik Lainnya: