Resensi Novel 01.00; Sinopsis, Intrinsik, Ekstrinsik Dan Pesan Moral

Resensi Novel 01.00; Sinopsis, Intrinsik, Ekstrinsik dan Pesan Moral

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Bagi kamu pengguna Wattpad pastinya sudah tidak asing lagi dengan judul novel 01.00 dimana kisah ini merupakan kisah remaja yang putus asa karena kehilangan kasih sayang ayahnya yang telah menikah dengan ibu tirinya.

Nah, bagi yang kamu penasaran dengan kisahnya kamu bisa baca dulu resensi novel 01.00 pada artikel ini akan dijelaskan secara lengkap akan dijelaskan identitas novel, sinopsis hingga kelebihan dan kekurangannya simak sampai akhir ya!

Identitas Novel 01.00

Judul Novel01.00
PenulisAmeylia Falensia
PenerbitLovable
Jumlah Halaman284 Halaman
Ukuran Buku 13×19 cm
KategoriTentang Keluarga
Tahun Terbit2021
Harga Buku Rp.95.000,-

Novel 01.00 merupakan sebuah novel yang cukup terkenal di Wattpad hingga mencapai 50,6 juta kali dibaca. Sehingga akhirnya diterbitkan pada tahun 2021.

Novel dengan ketebalan 284 halaman ini mengisahkan kisah pilu seorang gadis remaja bernama Lengkara Putri Langit yang kehidupannya kacau saat ayahnya mulai memutuskan untuk menikahi janda anak satu.

Sinopsis Novel 01.00

Dalam resensi novel 01.00 ini akan kami jelaskan juga sinopsis novel 01.00 secara singkat dan semoga sinopsis ini dapat memberikan gambaran singkat mengenai isi dari sinopsis novel 01.00 ini. Lengkara Putri Langit ini mengusap kedua lengannya yang terasa ngilu akibat dinginnya hembusan angin malam.

Dan malam itu, Lengkara berdiri sendirian di depan toko di pinggir jalan yang sudah tutup. Ia baru pulang dari toko buku tersebut untuk mencari bahan referensi tugasnya.

Sehingga gadis itu berkali-kali mencoba memesan taksi online menggunakan aplikasi, tetapi sama sekali tidak ada yang menerima permintaannya akibat hujan yang sangat deras dan waktu sudah menujukan larut malam.

Lengkara pun menyerah dan memberanikan diri untuk menghubungi kontak yang ada di ponselnya. Ia mengirimkan pesan kepada Aslan untuk menjemputnya di kafe dekat toko buku.

Namun, kak Aslan menyuruhnya untuk pulang sendiri, karena ia juga punya kesibukan. Ia kemudian mencoba meminta Masnaka untuk menjemputnya di kafe yang sering mereka datangi.

Namun, Masnaka juga mengatakan bahwa ia sedang sibuk. Lengkara sempat mengatakan bahwa ia merasa takut, tetapi Masnaka berkata supaya ia jangan berlebihan dan menyuruhnya pulang sendiri.

Lengkara kemudian mencoba untuk menghubungi Geo. Tetapi Geo juga sedang ada kesibukan. Harapan terakhirnya adalah Aekala tetapi ia tidak dapat mendapat jawaban dari lelaki itu.

Dan sepuluh menit kemudian ia berdiri di sana. Dan tidak ada satu pun orang yang menjemputnya. Tubuh gadis itu mulai menggigil akibat hawa dingin dan ia pun melirik ke jam tangan anti air yang terpasang dilengannya.

Lima menit lagi waktu akan menunjukan pukul 00.00 ia pun menghela napas perlahan. Dan saking dinginnya bahkan hembusan napas hangat membentuk asap tipis yang keluar dari mulutnya.

Mata gadis itu pun terus melihat sekitar, mencari transportasi apa yang kira-kira dapat ia tumpangi untuk pulang. Matanya memicing saat melihat satu taksi datang dari kejauhan di seberang jalan.

Lengkara Putri seorang remaja yang hancur karena orang tuanya bercerai sehingga tak ada lagi dukungan dan rasa hangat yang ia terima seperti dulu. Ia yang tinggal bersama dengan ibu tirinya dan kenyataan pahit harus ia hadapi.

Saudara tirinya tidak menerimanya sebagai saudara. Dan kekerasan demi kekerasan terus ia dapatkan meski ia selalu memberikan yang terbaik dan Nilam saudara tirinya selalu menindasnya.

Lalu bagaimana kehidupan Lengkara pada cerita selanjutnya? yuk, simak sampai selesai pada buku novel 01.00 ya! di jamin seru dan banyak pelajaran yang dapat di petik dari novel ini mulai dari persahabatan, keluarga hingga dukungan mental.

Unsur Intrinsik Novel 01.00

Dalam resensi novel 01.00 ini akan dijelaskan juga beberapa unsur intrinsik dari dalam novel ini dan berikut beberapa unsur intrinsik yang terdapat dalam novel 01.00, yaitu:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel ini adalah tentang keluarga dan motivasi kehidupan dimana seorang sedang rapuh karena tidak ada dukungan dari orang terdekatnya.

2. Tokoh dan Penokohan

  • Lengkara, ia merupakan sosok yang ingin menunjukan yang terbaik untuk keluarga, pintar tapi dalam dirinya ia memiliki kekosongan dan sangat rapuh
  • Nilam, ia merupakan saudara iri Lengkara yang jahat dan suka menindas Lengkara dan selalu iri dengki
  • Ayah, ia merupakan sosok yang buta akan kebenaran ia tidak menganggap kerja keras Lengkara merupakan sesuatu yang harus di hargai karena di butakan cinta kepada ibu tirinya
  • Ibu tiri, sosok yang jahat dan kejam
  • Dan masih banyak tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel 01.00 ini adalah menggunakan campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur dalam novel ini.

4. Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini adalah pagi hari, siang hari, sore hari dan juga malam hari.

5. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini adalah di rumah, di toko buku, di sekolah dan masih banyak lagi latar tempat lainnya.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini adalah sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini yaitu bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel ini adalah jangan pernah menyerah untuk menjalani kehidupan dan harus percaya ada kebagiaan di balik luka.

Unsur Ekstrinsik Novel 01.00

Berikut unsur ekstrinsik novel 01.00, yaitu:

1. Nilai Sosial

Sikap orang tua yang tidak peduli kepada anaknya menjadikan beban mental dan menjadikan ia merasa tidak dihargai.

2. Nilai Moral

Sikap Lengkara yang mengambil keputusan untuk mengakhiri semua ini merupaakn sikap putus asa yang tidak patut di contoh.

Kelebihan dan Kekurangan Novel

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan yang terdapat dalam novel 01.00 dan ini penjelasan lengkapnya, yaitu:

1. Kelebihan

  • Kelebihan pertama dalam novel ini adalah menawarkan premis kisah yang relate dengan kehidupan banyak orang saat ini terutama remaja
  • Kisah ini dituliskan dengan gaya bahasa sederhana dan mudah dipahami
  • Kisah ini ditulis menggunakan sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama dan orang ketiga
  • Mengandung banyak pesan moral dan kutipan yang bisa menjadi pelajaran
  • Mampu menyentuh perasaan pembaca
  • Sampul buku menarik

2. Kekurangan

  • Beberapa sub dinilai repetitif dan monoton
  • Alur kisah ini dinilai kurang realistis karena sebagiannya besarnya menggambarkan kehidupan secara negatif

Pesan Moral Novel 01.00

Novel ini mengajarkan bahwa memang kehidupan tidak selalu berjalan lancar namun jangan sampai kamu menyerah kepada hidup karena tidak ada kebahagiaan tanpa adanya kesulitan kita tidak akan pernah menghargai senang jika tidak ada kesulitan.

Akhir kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel 01.00 mulai dari identitas novel hingga pesan moral dan kelebihan serta kekurangannya semoga dapat bermanfaat.!

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: