Resensi Novel 2578,0 KM, Novel Paling Seru Dan Bikin Melow

Resensi Novel 2578,0 KM, Novel Paling Seru dan Bikin Melow

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Bagi kamu yang suka dengan kisah romantis kamu bisa simak novel 2578.0 KM dimana novel adalah sebuah karya dari Ayu Nugraheni. Novel ini mengisahkan kisah percintaan Juni dan Elio yang sangat unik dan menarik.

Dalam artikel ini kami akan membuat resensi novel 2578,0 KM dimana di sini akan di bahas mulai dari identitas novel, sinopsis, unsur intrinsik, ekstrinsik hingga kelebihan dan kekurangan dan juga pesan moralnya.

Identitas Novel 2578,0 KM

Judul Novel2578.0 KM
PenulisAyu Nugraheni
PenerbitLoveable x Bhumi Anoma
Ukuran Buku13×19 cm
Jumlah Halaman308 halaman
KategoriRomantis
Tahun Terbit2021
Harga Buku 

Novel 2578.0 KM ini mulai diterbitkan oleh PT. Loveable x Bhumi Anoma. Dimana novel ini ini memiliki ketebalan mencapai 308 halaman dengan ukuran buku 13x 19 cm dan bergenre romantis.

Kisah percintaan antara Juni dan Elio cukup menarik karena berlatar tempat di luar negeri yaitu di Eropa yang cukup menarik dan sangat unik.

Sinopsis Novel 2578,0 KM

Dalam resensi novel 2578,0 KM ini akan dijelaskan sinopsis novel. Sinopsis sendiri merupakan sebuah gambaran mengenai novel dan dijelaskan secara singkat agar pembaca memahami isi dari novel tersebut.

Novel ini mengisahkan Juni yang tidak sengaja meninggalkan jurnal pribadinya di sebuah cafe yang terletak di Paris saat ia berkunjung ke Eropa. Dan akhirnya mempertemukan dirinya seorang laki-laki yang tinggi dan memiliki watak yang friendly bernama Elio.

Dan pertemuan itu terjadi saat Elio yang menemukan jurnal Juni yang tergeletak di sebuah meja cafe di Paris. Dan teman satu travel adalah sebutan yang dapat diberikan dua insan muda itu pada awal-awal chapter buku ini.

Di awal saya membaca, saya merasa Elio dan Juni sangat cocok untuk berteman, karena mungkin Elio yang sangat lucu dan menghibur dan Juni si gampang tertawa.

Dan rasanya sangat menyenangkan mendapat teman jalan-jalan untuk di Eropa seperti Elio ini, ia bagaikan sebuah wikipedia berjalan. Dan setiap kota yang ada di Eropa dapat dijelaskan secara detail bahkan sejarah-sejarahnya.

Selain menjadi teman jalan-jalan Elio juga bagaikan rumah sementara bagi Juni saat berada di Eropa. Saya sangat menyukai sifat Elio pada buku ini karena terlihat bahwa Elio bisa menempatkan dirinya pada berbagai situasi.

Walaupun ia terkenal ia terkesan laki-laki yang suka bercanda tetapi Elio tahu waktu dan tempat saat Juni mengunjunginya dengan wajah sembab habis menangisi mantannya yang baru saja putus itu.

Nah, Barcelona mungkin merupakan kota teraneh bagi Juni diantara berbagai kota yang ia kunjungi. Karena Juni mulai berani untuk menanyakan lebih dalam tentang sosok lelaki yang baru ia kenali beberapa hari.

Barcelona juga merupakan tempat saksi Juni saat mengetahui bahwa salah satu kelemahan Elio adalah incapble of loving itu adalah red flag tapi Juni menghiraukannya.

Dan ketika mereka pulang ke Indonesia mereka malah berpisah dan apakah mereka akan kembali bersama? Lantas apa yang membuat mereka berpisah? Yuk, simak kelengkapannya di novel 2578.0 KM ya.

Unsur Intrinsik Novel 2578,0 KM

Dalam resensi novel 2578,0 KM kamu juga akan mendapatkan penjelasan mengenai unsur intrinsik novel. Dan berikut beberapa penjelasan mengenai unsur intrinsik dari novel 2578,0 KM, diantaranya adalah:

1.Tema

Tema yang diangkat dalam novel 2578,0 KM ini adalah tentang kisah percintaan romantis dari Juni Gemini dan juga Elio dengan latar kota Paris dan Barcelona.

2. Tokoh dan Penokohan

  • Juni Gemini, ia merupakan sosok wanita yang sangat mudah tertawa dan mudah kenal dengan siapa pun
  • Elio, ia merupakan tokoh yang sangat friendly dan mudah kenal dengan siapa saja
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel 2578,0 KM ini yaitu menggunakan alur campuran dimana novel ini terdapat alur maju dan alur mundur di dalam novelnya.

4. Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini adalah menggunakan latar waktu pagi hari, siang hari, sore hari dan juga malam hari.

5. Latar Tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini adalah beberapa kota di Eropa mulai dari Paris, dan juga Barcelona dan masih banyak kota lainnya.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama yaitu sudut pandang dari Juni dan terakhir kita akan di sajikan sudut pandang dari Elio juga.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini banyak beberapa bahasa Inggris bagi kamu yang kurang paham tentunya hal ini akan sangat mengganggu pemahaman kamu dalam membaca novel ini.

8. Amanat

Jika kamu sudah menempatkan hati pada seseorang maka katakanlah dengan baik agar semua yang kamu rasakan tidak bertepuk sebelah tangan dan jangan pernah membohongi perasaan kamu sendiri kejarlah cintamu.

Unsur Ekstrinsik Novel 2578,0 KM

Selain unsur intrinsik dalam resensi novel ini kami juga akan menjelaskan unsur ekstrinsik novel dan berikut unsur ekstrinsik dari resensi novel 2578,0 KM, diantaranya adalah:

1. Nilai Sosial

Nilai sosial yang terdapat dalam novel 2578,0 KM ini adalah sikap Elio yang mengembalikan jurnal Juni yang tertinggal itu adalah sikap yang baik dan patut di contoh karena membantu orang yang tidak di kenal.

2. Nilai Moral

Sikap Elio dan juni yang sama sama mengakhiri kebersamaan mereka setelah kembali ke Indonesia padahal mereka saling memendam rasa satu sama lain. itu munafik sekali.

3. Nilai Agama

Baik Juni dan Elio merupakan seorang keristiani yang taat dalam beragama.

Kelebihan Novel 2578,0 KM

Dalam sebuah karya tentunya kamu akan menemukan kelebihan dan juga kekurangan dalam sebuah novel termasuk novel 2578,0 KM ini juga memiliki kelebihan dan berikut penjelasannya:

  • Cover buku ini cukup sederhana namun menciptakan detail-detail kecil yang terlihat cantik dan indah
  • Bahasa yang digunakan juga tidak terlalu baku jadi sangat mudah dipahami oleh semua kalangan
  • Buku ini memiliki genre romantis yang tidak main-main dan berbeda
  • Kamu juga akan di ajak berkeliling Eropa dengan kisah mereka bahkan sejarahnya juga
  • Setiap karakter tokoh cukup kuat dan membekas di ingatan pembaca

Kekurangan Novel 2578,0 KM

Selain kelebihan tentunya novel ini memiliki kekurangan dan berikut beberapa kekurangan yang terdapat dalam novel 2578,0 KM adalah:

  • Adanya campuran bahasa Inggris ini membuat pembaca kebingungan apalagi bagi kamu yang kurang paham dengan bahasa tersebut
  • Ada beberapa tyfo

Pesan Moral Novel 2578,0 KM

Jangan pernah terlalu cepat dalam mengambil keputusan dan jangan terlalu berharap seseorang akan memiliki perasaan yang sama dengan kita karena setiap orang memiliki keputusan masing-masing dan mereka berhak bahagia

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel 2578,0 KM mulai dari identitas, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik hingga pesan moralnya semoga artikel ini bermanfaat ya!

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: