Resensi Novel 5 CM Karya Donny Dhirgantoro Lengkap A-Z

Resensi Novel 5 CM Karya Donny Dhirgantoro Lengkap A-Z

Resensi Novel 5 CM Karya Donny Dhirgantoro

Resensi novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro akan mengupas tuntas apa yang ada dalam cerita novel ini. Seberapa menarik novel ini hingga pesan apa yang bisa kita ambil.

Resensi novel ini akan mengangkat identitas novel, intrinsik juga ekstrinsik secara lengkap. Bukan hanya itu kami juga akan bahas mengenai kekurangan dan juga kelebihan dari novel Galaksi tersebut.

Bagi kamu yang penasaran ingin membeli novel ini, baca dulu resensi novelnya agar kamu tidak menyesal saat membelinya.

Resensi Novel 5 CM Karya Donny Dhirgantoro

Berikut ini adalah resensi lengkap novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro.

1. Identitas Novel 5 CM

Judul Novel5 CM
PenulisDonny Dhirgantoro
PenerbitPT. Grasindo
KategoriNovel
Tahun Terbit2007

2. Sinopsis Novel 5 CM

Ini merupakan sinopsis singkat dari novel 5 CM. Novel ini mengisahkan perjalanan 5 sahabat yang telah mereka jalin selama tujuh tahun.

Arial lelaki yang paling tampan, Riani satu-satunya wanita dalam kelompok itu. Zafran seorang penyair. Ian si paling subur dan Genta leader dari tim mereka.

Selama 3 bulan terpisah dan tanggal 14 agustus mereka kembali bertemu di stasiun senen. Dan atas ide Genta mereka merayakan pertemuan tersebut dengan sebuah perjalanan Jakarta –Malang untuk mendaki Gunung Mahameru.

3. Kelebihan Novel 5 CM

berikut merupakan kelebihan dari novel 5 CM di antaranya adalah:

  • Ceritanya menarik dan penuh tantangan serta petualangan.
  • Banyak kata-kata motivasi yang mengisnpirasi. Selain itu ada beberapa bait lagu agar membuat pembaca semakin larut dalam mendalami isi cerita.
  • Penggambaran latar waktu dan tempat begitu detail menjadikan kita bisa membayangkan suasana yang terjadi dari novel tersebut.
  • Deskripsi penulis yang bagus dan detail menjadikan kita bisa merasakan dinginnya Ranu Pane, indahnya Ranu Kumbolo serta mistisnya Kalimati juga menakjubkannya puncak mahameru.

4. Kekurangan Novel 5 CM

Berikut merupakan kekurangan ari novel 5 CM, diantaranya adalah:

  • Endingnya masih terasa menggantung dan serasa begitu dipaksakan dengan pembentukan keluarga antara sahabat-sahabat tersebut.
  • Dan keturunannya begitu mirip sama persis mewarisi sifat drai orang tuanya dan semuanya seumuran. Membuat pembaca merasa kesulitan membedakan yang mana anak mana ayah. Mana yang muda dan tua.

5. Unsur Intrinsik Novel 5 CM

Berikut merupakan unsur intrinsik dari novel 5 CM, di antaranya adalah:

5.1 Tema

Tema dalam novel ini adalah tentang persahabatan yang percaya pada keajaiban mimpi serta keyakinan.

5.2 Tokoh dan Penokohan

  • Arial, dia merupakan sosok lelaki ganteng yang gemar berolahraga, berbadan besar dengan kulit hitam, selalu tampil rapih dan apa adanya.
  • Ariani, sosok gadis berkacamata, cantik, dan cerdas. Dia adalah aktifis kampus yang hobinya membaca dan berdebat.
  • Zafran, sosok lelaki bertubuh kecil dengan penampilan seniman. Memiliki pandangan berbeda dengan yang lain karena dunia Zafran dipenuhi lantunan syair.
  • Ian, sosok lelaki yang bertubuh bengkak yang hobi bola dan nonton film dewasa. Fanatik, pantang menyerah dan kreatif.
  • Genta, sosok pemimpin di antara sahabat-sahabatnya. Memiliki sifat pantang menyerah, perfeksionis, berjiwa pemimpin.

5.3 Alur

Novel 5 CM ini memiliki alur campuran, dimana penulis menceritakan kejadian secara progresif yang diselingi dengan flashback kejadian-kejadian masa lalu.

5.4 Latar Tempat

Latar tepat yang terdapat dalam novel ini adalah sebuah tempat bernama Ranu Pane dan Gunung Mahameru, Stasiun Senen dll.

5.5 Latar Waktu

Latar waktu yang terdapat dalam novel 5 CM ini pagi, siang, sore dan malam hari.

5.6 Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan oleh penulis dalam novel ini adalah sudut pandang orang ketiga serba tahu. Dan penulis bertindak sebagai sutradara yang mengetahui segala perasaan dan konflik batin dari setiap tokoh.

5.7 Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel 5 CM adalah bahasa sehari-hari sehingga mudah dimengerti. Dan ada beberapa tambahan majas diantaranya adalah personifikasi, asosiasi dan hiperbola.

5.8 Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel 5 CM ini adalah:

  • Jadilah manusia yang menganggap bahwa diri kita sendiri yang harus mengatur keadaan, bukan diatur oleh keadaan.
  • Dalam pertemanan seharusnya kita bisa menerima kekurangan dan kelebihan dari teman kita sendiri agar tercipta hubungan baik.
  • Keyakinan kuat yang disertai kerja keras pasti akan memberikan hasil seperti apa yang diharapkan.
  • Jadilah manusia yang bermanfaat, karena manusia yang baik adalah manusia yang bermanfaat untuk manusia lainnya.
  • Jadilah manusia yang penuh syukur atas segala nikmat tuhan yang telah diberikan.

6. Unsur Ekstrinsik Novel 5 CM

Berikut merupakan unsur ekstrinsik dari novel 5 CM, diantaranya adalah:

6.1 Nilai Budaya

Novel ini mengajarkan kita cinta tanah air hal ini dapat dilihat ari kutipan berikut “Ayo, sebentar lagi sampai puncak langsung upacara bendera di atas” dan lainnya yaitu “seorang mahasiswa yang memakai jaket almamater lewat sendirian, membawa merah putih”.

6.2 Nilai Sosial

Novel ini mengajarkan untuk saling tolong menolong dengan sebuah kutifan berikut. “beberapa pendaki yang sudah menyeberangi terlihat memegangi rantai, saling membantu menjaga keseimbangan rantai”.

6.3 Nilai Moral

Novel ini mengajarkan kita rasa bertanggung jawab terhadap orang lain dan meminta restu kepada orang tua sebelum melakukan perjalanan.

6.4 Nilai Agama

Novel ini mengajarkan kita tentang rasa syukur terhadap apapun yang terjadi dan mengajak manusia untuk berdo’a sesuai kepercayaan. Dan mendo’akan teman yang telah lebih dulu mendahului kita.

Akhir Kata

Resensi novel 5 CM karya Donny Dhirgantoro ini adalah referensi terbaik dan paling tepat jadi bahan bacaan kamu sebelum membeli novel ini. Walau, di filmnya pun kamu sudah bisa menikmati ceritanya.

Namun dari sisi resensi, sinopsis dan unsur lainnya, akan ada hal menarik yang tidak akan kamu temukan dalam versi film nya.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: