Resensi Novel A+; Sinopsis, Intrinsik, Ekstrinsik Dan Pesan Moral

Resensi Novel A+; Sinopsis, Intrinsik, Ekstrinsik dan Pesan Moral

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Waktu sekolah pastinya kalian akan bangga jika memiliki nilai A+ tentunya dong hal ini membuktikan kamu sangat menguasai pelajaran tersebut. Tapi, kali ini bukan membahas mengenai nilai ya.

Melainkan membahas sebuah novel A+, maka dari itu kamu bisa simak resensi novel A+ ini di artikel ini secara lengkap akan kami jelaskan mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik hingga kelebihan dan kekurangannya. Simak sampai akhir ya!

Identitas Novel A+

Judul NovelA+
PenulisAnanda Putri
PenerbitLoveable x Romancious
Jumlah Halaman396 Halaman
Ukuran Buku13×19 cm
KategoriPendidikan
Tahun Terbit2021
Harga BukuRp.99.500,-

Novel A+ ini merupakan novel yang sangat di tunggu-tunggu oleh penggemarnya di mana novel ini cukup terkenal di Wattpad. Tidak hanya terkenal di wattpad tapi novel ini juga sudah di cetak sebanyak 4000 lebih.

Novel karya Ananda Putri ini sangat terkenal dan cukup menantang untuk dibaca dimana novel ini sedikit menyinggung mengenai sistem pendidikan yang ada di Indonesia dan agar lebih lengkap simak dulu sinopsisnya di bawah ini.

Sinopsis Novel A+

Dalam resensi novel A+ ini kami akan jelaskan sedikit isi dari buku ini melalui sinopsis buku yang akan dipaparkan sehingga bisa membantu kamu yang memang ingin mengetahui secara garis besar isi bukunya.

Cerita ini bermula dari ada  orang siswa gila di SMA Bina Indonesia gila di sini adalah kebilang paling jenius.

Pertama, ada Re Dirgantara dimana ia merupakan peringkat paralel pertama bukan kutu buku seperti bayangan kamu pada umumnya karena dia lebih sering ikut tawuran dari pada masuk sekolah.

Kedua ada Kenan Aditya, ia merupakan peringkat paralel kedua, juara olimpiade, atlet basket, mantan ketua OSIS, tapi lebih baik jangan berharap sama dia, karena lo bisa dihajar klub penggemarnya.

Ketiga, ada Adinda Aletheia, ia merupakan peringkat paralel ketiga. Yang sama sekali tidak sesuai namanya, karena dia garang, barbar, dan seram. Pernah nyaris dikeluarkan dari sekolah karena tersangkut kasus kekerasan, dia ini definisi dari preman masa kini.

Keempat, ada Aurora Calista ia merupakan peringkat paralel keempat pemenang kompetisi balet Asian Grandprix dan merupakan putri tunggal donatur sekolah dan segala macam gelar lainnya. Kalau di sekolah ada yang model sok cantik, sok kaya, dan sok populer berarti dia mirip dengan Aurora.

Dan masalahnya Kalypso Dirgantara alias Kai harus berhadapan dengan orang gila ini gara-gara peringkat try outnya tiba-tiba tebus ke nomor satu.

Dan ketika Kenan merasa penasaran. Ale merasa terganggu dan Aurora bertekad menyingkirkan Kai, Re justru merasa tertarik pada gadis itu. Dan mereka beranggapan bahwa semester ini akan menarik.

Ke lima remaja dewasa ini di tuntut untuk menyelesaikan masalah mereka masing-masing dan mencoba bertahan dengan prestasi mereka sehingga lebih mengutamakan diri sendiri dan memaksa mereka untuk saling menjatuhkan.

Mereka juga tidak segan menghancurkan saingan karena mereka pikir supaya bisa bertahan mereka harus berjuang untuk diri sendiri dan bukan untuk orang lain.

Lantas bagaimana kisah kelanjutan mereka? Akankah mereka bisa bertahan dengan prestasi mereka masing-masing? Atau malah berubah? Yuk, simak kelanjutan kisah mereka dalam novel A+ secara lengkap. Dijamin kamu bakalan greget lihat mereka.

Unsur Intrinsik Novel A+

Dalam resensi novel A+ ini kami juga akan jelaskan beberapa unsur intrinsik yang terdapat dalam novel A+ ini dan berikut penjelasan lengkapnya:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel ini mengenai persaingan sebuah nilai dan tentang pendidikan, selain itu tentang keluarga dan juga persahabatan.

2. Tokoh dan Penokohan

Berikut beberapa penjelasan mengenai beberapa tokoh yang ada dalam novel, diantaranya adalah:

  • Kenan, pintar, ganteng, banyak penggemar, suka olah raga
  • Re, ia merupakan anak yang tampan dan suka waturan tapi otaknya sangat cerdas
  • Adinda, ia merupakan cewek yang barbar, suka kekerasan, tegas dan tidak suka di atur
  • Aurora, gadis cantik, kaya dan memiliki banyak relasi
  • Kay, ia merupakan siswa pintar yang berhasil try out dengan nilai tertinggi
  • Da masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel A+ ini yaitu menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur yang terdapat dalam novel ini.

4. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel A+ yaitu menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

5. Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini adalah pagi hari, siang hari, sore hari dan juga malam hari.

6. Latar Tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel A+ ini adalah yaitu di sekolah, di perpustakaan, di gudang, di ruang guru dan masih banyak lagi yang lainnya.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini adalah gaya bahasa gaul khas remaja pada umumnya.

8. Amanat

Novel ini mengajarkan kita tentang kerasnya masalah orang tua, masalah saudara, masalah teman, masalah nilai dan masalah lainnya sebagai remaja dan hal yang membuat mereka kecewa dan gagal itu akan membuat remaja bertumbuh dan kuat.

Tentang pentingnya peran kasih sayang orang tua yang sangat di perlukan para remaja, serta arti dari sebuah persahabatan tentang arti menerima sebuah kegagalan dan menghadapi masalah secara berani.

Unsur Ekstrinsik Novel A+

Selain unsur intrinsik dalam resensi novel A+ ini akan kami jelaskan juga unsur ekstrinsik novel dan berikut penjelasan lengkapnya.

1.Nilai Sosial

Nilai sosial dari para siswa ini terlihat mereka bisa bersahabat meski dengan perbedaan masing-masing.

2. Nilai Moral

Jangan pernah menilai seseorang hanya dari perlakukan dan hobinya saja bahwa re sendiri yang suka tawuran tapi bisa mendapatkan peringkat pertama.

3. Nilai Pendidikan

Nilai pendidikan dalam novel ini cukup kental dimana para siswa sangat gigih mempertahankan prestasi mereka meski permasalahan masing-masing juga tidak bisa mereka hindari.

Kelebihan Novel A+

Berikut beberapa kelebihan yang terdapat dalam novel A+ adalah:

  • Kelebihan pertama dari novel A+ ini adalah novel ini di desain sederhana tetapi juga elegan, simple dan menarik
  • Selain itu alur cerita yang digunakan dalam  novel ini juga cukup jelas dan setiap konflik di bahas satu persatu dengan bahasa yang mudah di pahami
  • Novel ini juga mengandung pelajara-pelajaran sekolah yang dapat membuat pembaca menambah ilmu saat membaca novel ini

Kekurangan Novel A+

Selain kelebihan novel ini juga memiliki kekurangan dan berikut penjelasannya:

  • Pada novel ini masih terdapat kata-kata kasar yang tidak pantas di ucapkan pelajar
  • Ada beberapa kata yang tyfo

Akhir Kata

Nah, itu dia penjelasan mengenai resensi novel A+ mulai dari identitas novel, sinopsis, instrinsik, ekstrinsik hingga kelebihan dan juga kekurangan dari novel ini semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat ya!

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: