Resensi Novel Accedentesiast Itakrn; Sinopsis, Intrinsik, Amanat

Resensi novel Accedentesiast Itakrn; Sinopsis, Intrinsik, Amanat

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Resensi novel accedentesiast Itakrn akan kami bahas secara lengkap dalam artikel ini secara lengkap dimulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik, hingga kelebihan dan kekurangannya serta pesan moral yang terkandung di dalamnya.

Novel ini mengisahkan remaja yang cerdas bernama Canva Narendra dengan kisahnya yang cukup memilukan karena ia ditinggal oleh orang tuanya ke luar negeri untuk bekerja dan tinggal bersama dengan neneknya.

Identitas Novel Accedentesiast Itakrn

Judul NovelAccedentesiast
PenulisIta Krn (Ita Kurniawati)
PenerbitAkad
Tebal halaman356 halaman
Tahun terbit2022
KategoriFiksi Romance
Ukuran Buku13×19 cm
Harga BukuRp.99.000,-

Novel ini merupakan karangan dari penulis muda yang bernama Ita Kurnniawati yang sederhana ternyata karyanya sudah terjual beribu ekslemplar bahkan sudah ada yang melirik MD Entertainment termasuk novel accedentesiast ini.

Novel accedentesiast ini mulai diterbitkan pada tahun 2022 oleh PT.Akad dan novel ini memiliki ketebalan yang mencapai 356 halaman dengan ukuran buku sekitar 13×19 cm dan di bandrol mulai dari harga Rp.99.000,- saja.

Sinopsis Novel Accedentisiast Itakrn

Dalam resensi novel Accedentisiast Itakrn ini kami akan jelaskan secara lengkap mengenai isi novel Accedentisiast Itakrn ini secara garis besar atau singkat saja. dan berikut penjelasan mengenai sinopsis novel ini.

Novel Accedentisiast Itakrn ini mengisahkan seorang pelajar yang bernama Canva Narendra yang merupakan salah satu anggota Diamond Gang yang memiliki sebuah penyakit dan luka yang dalam.

Canva Narendra ini memiliki penyakit yang langka yaitu penyakit ginjal kronis. Canva memiliki satu cita-cita yang ingin ia capai dalam hidupnya. Dimana cita-cita sederhananya hanya satu yaitu ingin bertemu dengan orang tua tercinta.

Canva Narendra itu sangat baik dia menyembunyikan lukanya dari semua orang kecuali sahabatnya yaitu Marvel. Dia menyembunyikan penyakitnya itu dari tema-temannya karena dia tidak ingin di khawatirkan dan di kasihani oleh orang lain.

Sampai dia kini menjadi siswa kelas 12 SMA orang tuanya akan pulang saat hari kelulusannya. Dan pada hari itu dia ingin belajar lebih giat untuk menunjukan kepada orang tuanya dengan nilai tertinggi.

Di saat Canva berjuang mendapatkan nilai terbaik ada seorang gadis yang bernama Aily yang merupakan seorang tuna netra yang juga hidupnya kurang bahagia. Dikarenakan ibunya bercerai dan menikah lagi dengan duda yang memiliki anak laki-laki bernama venus.

Dan pertemuan Canva dan Aily ini tidak sengaja saat hujan lebat Aily ditinggal oleh Venus kakaknya di halte bus dan Canva menemukan dan mengantarkannya pulang.

Aily dan Canva pun mulai sering bertemu dan memiliki perasaan yang lain dan mereka mulai menyadari perasaan tersebut, kelulusan hampir tiba kami sudah mendapatkan nilai maksimal tetapi penyakit Canva kian menjalar ke seluruh tubuhnya karena ia tak lagi melakukan cuci darah.

Hingga tepat di hari kelulusannya orang tuanya menelpon dia sangat senang dan ingin berpamitan ke teman-temannya lebih awal. Karena Canva ingin segera bertemu dengan orangtuanya.

Namun, naasnya penyakitnya malah semakin parah saat ia mengendarai motornya dan ia tidak fokus sehingga tidak melihat ada truk yang menabrak motornya hingga tubuhnya terpental.

Lantas apa yang akan terjadi selanjutnya dalam kisah Canva Narendra ini? apakah Canva akan bisa selamat dari kecelakaan maut itu dan bertemu dengan orang tuanya? atau malah sebaliknya?

Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak kelanjutan kisah Canva Narendra ini di novelnya secara langsung ya!

Unsur Intrinsik Novel Accedentisiast Itakrn

Dalam resensi novel Accedentisiast Itakrn ini akan kami jelaskan juga unsur intrinsik novel, unsur intrinsik ini adalah merupakan unsur pembangun novel yang terdapat dari dalam dan berikut penjelasan mengenai unsur intrinsik novel, diantaranya adalah:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel ini yaitu tentang sebuah keluarga, percintaan dan juga persahabatan dari tokoh Canva Narendra.

2. Tokoh dan Penokohan

  • Canva Narendra, ai merupakan pemuda yang baik hati, suka menolong, pintar dan pintar menyembunyikan luka dan penyakitnya
  • Marvel, ia merupakan sahabat Canva yang sangat baik dan sangat dekat dnegan Canva
  • Aily, ia merupakan gadis tunanetra yang baik dan pantang menyerah
  • Venus, ia merupakan kakak tiri Aily yang jahat
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya dalam novel ini

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur yang terdapat dalam novel tersebut.

4. Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel Accedentisiast Itakrn yaitu menggunakan latar pagi hari, siang hari dan juga malam hari.

5. Latar Tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan latar di sekolah, di kantin, di rumah, di kamar Canva, di halte bus dan masih banyak lagi latar tempat lainnya.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel Accedentisiast Itakrn ini yaitu menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan termasuk anak remaja gaul dan dewasa.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel ini adalah sebagai orang tua seharusnya bisa memberikan waktu untuk memberikan kasih sayang yang cukup untuk buah hati karena mereka sangat membutuhkan kasih sayang.

Unsur Ekstrinsik Novel Accedentisiast Itakrn

Dalam resensi novel Accedentisiast Itakrn ini akan kami jelaskan juga unsur ekstrinsik novel. Dimana unsur ekstrinsik ini adalah unsur pembangun novel yang terdapat dari luar. Dan berikut penjelasannya:

1. Nilai Sosial

Sikap Canva yang sangat baik mengantarkan Aily yang tunanetra meskipun ia belum mengenalinya tetapi Canva mengantar dengan tulus dan tanpa pamrih. Itu sikap sosial yang patut di contoh.

2. Nilai Moral

Sikap Canva yang merahasiakan penyakitnya dari orang-orang terdekatnya bertujuan agar sahabat-sahabat yang lainnya tidak khawatir dan kasian kepadanya sehingga ia menanggung kesakitannya sendiri.

Kelebihan Novel Accedentisiast Itakrn

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh novel Accedentisiast Itakrn, diantaranya adalah:

  • Novel ini memiliki alur cerita yang sederhana dan mudah dipahami oleh semua kalangan terutama remaja sekolahan
  • Gaya bahasa yang digunakan cukup ringan dan mudah dipahami
  • Latar suasana yang dibangun secara detail membuat kita bisa membayangkan isi novel ini secara baik

Kekurangan Accedentisiast Itakrn

Selain kelebihan novel ini juga memiliki kekurangan dan berikut beberapa kekurangannya adalah:

  • Masih terdapat beberapa kesalahan dalam pengetikan
  • Novel ini memiliki ending yang tidak terduga dan membuat para penggemar tokoh kecewa

Pesan Moral Novel Accedentesiast Itakrn

Setiap manusia memiliki takdirnya masing-masing dan jangan terlalu mengejar harta dunia hingga melupakan kewajiban mengurus anak sendiri, jadi putuskanlah keputusan secara matang agar kamu tidak menyesal pada akhirnya.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel accedentisiast Itakrn semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat ya!

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: