Resensi Novel Air Mata Nayla: Tentang, Sinopsis, Intrinsik

Resensi novel air mata nayla

Resensi novel air mata nayla ini akan memberikan ulasan baik kekurangan atau kelebihan dari novel tersebut. Tidak lupa ada sinopsis juga intrinsik dan ekstrinsiknya.

Simak terus artikel ini sampai selesai agar kamu tidak ketinggalan informasi penting mengenai resensi dari buku ini secara lengkap.

Identitas Novel Air Mata Nayla

Judul NovelAir Mata Nayla
PenulisMuhamad Ardiansha el-Zhemary
Jumlah halaman320 Halaman
Ukuran buku14×20 cm
Penerbit Najah
KategoriFiksi Religi Romance
Tahun Terbit2012
Harga novelRp. 40.000

Novel Air Mata Nayla merupakan karangan dari penulis Muhammad Ardiansha El-Zhemary. Dan cetakan pertamanya pada tahun 2012.

Novel dengan tebal 320 halaman ini memiliki kisah yang begitu unik.
Dimana saat seorang pasrah akan sebuah cinta karena Allah SWT. Maka keajaiban cinta itu pun akan menghadirkan bahagia.

Sinopsis Novel Air Mata Nayla

Perjodohan keluarga membawa Hanif ke Kalimantan untuk mewujudkannya. Sayangnya, kecelakaan kapal membuat ia kehilangan segalanya, termasuk ingatannya.

Ia pun di tampung oleh seorang nelayan yang kemudian memberinya nama baru yaitu Ahmad Leonardo termasuk menyekolahkannya.

Keluarga tersebut bernama Pak Aziz dan Bu Meisa dan putri cantik mereka Sayla.

Mereka merawat Hanif dengan sabar mengobati tubuh Hanif yang penuh luka. Hingga koma berbulan-bulan. Dan ternyata ia hilang ingatan.

Awalnya hidup Hanif mengalami kekosongan hingga akhirnya pak Aziz menyekolahkan Hanif di sebuah SMA.

Di sekolah barunya itulah Ahmad bertemu dengan sosok gadis yang akhirnya selalu menari-nari di pikirannya. Nayla nama gadis bermata indah itu.

Berbulan-bulan kemudian ketika ingatannya kembali ia malah kehilangan memori ketika dirinya masih bernama Ahmad Leonardo. Sebuah kisah pencarian cinta yang sempat menghilang.

Cinta pasti membutuhkan pengorbanan. Selalu ada rasa bahagia, kecewa, tangis, dan haru yang akan datang silih berganti. Namun, sebuah cinta yang memang berlafadkan karena Allah.

Pencarian cinta sejati tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Doa-doa dan harapan harus selalu disampaikan kepada sang pencipta.

Unsur Intrinsik Novel Air Mata Nayla

Dalam resensi sebuah novel tentunya memiliki unsur intrinsik di dalamnya, tidak terkecuali resensi novel Air Mata Nayla ini juga memiliki unsur intrinsik di dalamnya yaitu:

1. Tema

Tema yang digunakan dalam novel Air Mata Nayla ini yaitu menggunakan tema tentang percintaan yang di balut dengan unsur religi.

2. Tokoh dan Penokohan

  • Hanif, merupakan tokoh utama yang memiliki sikap yang baik, sopan, pintar, merupakan anak pesantrenan yang sholeh.
  • Nayla, gadis cantik yang sholehah, pintar dan baik hati.
  • Pak Aziz, seorang nelayan yang baik hati dan suka menolong orang lain.
  • Bu Maira, merupakan istri dari Pak Aziz, yang memiliki sikap ramah, dan baik hati serta suka menolong sesama.
  • Kiayi Zazuli, merupakan ayah dari Nayla dan merupakan seorang kiayi yang memiliki sebuah pondok pesantren
  • Orang tua Hanif, yang menjodohkan hanif dengan anak Kiayi Zazuli.

3. Alur

Alur yang di gunakan dalam novel ini menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur di dalamnya.

4. Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel Latar waktu yang digunakan dalam novel Air Mata Nayla yaitu pagi, siang, sore dan malam hari.

5. Latar Tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel Air Mata Nayla yaitu di Kalimantan, sekolah, Rumah Pak Aziz, Rumah Nayla, dan pantai dll.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel Air Mata Nayla yaitu menggunakan sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama yaitu dari sudut pandang Hanif sebagai pelaku utama.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini menggunakan bahasa sederhana sehari-hari namun ada beberapa puisi indah di beberapa halaman dan itu merupakan kelebihan dari novel ini.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel Air Mata Nayla yaitu selalu berbaik sangkalah kepada Allah atas apa yang telah menjadi ketetapannya.

Bersabarlah dalam menghadapi ujian serta mengikhlaskannya. Selalu menaati perintah orang tua apa pun alasannya jika itu kebaikan maka ikutilah. Karena tiada orang tua yang mau mencelakakan anaknya.

Berserah dirilah kepada Allah dan ikhlas menjalani takdirnya. Karena kita tidak tahu kebaikan apa yang Allah hadiahkan untuk kita setelahnya.

Unsur Ekstrinsik Novel Air Mata Nayla

Berikut merupakan unsur ekstrinsik dari novel Air Mata Nayla, diantaranya adalah:

1.Nilai Sosial

Nilai sosial yang terkandung dalam novel ini yaitu tolong menoolong terhadap sesama seperti yang dilakukan oleh keluarga Pak Aziz.

Yang dengan suka rela menolong orang yang terluka meski tidak tahu siapa ia.

2. Nilai Moral

Patuhilah perintah kedua orang tuamu jika itu merupakan sebuah kebaikan karena orang tua pasti ingin selalu yang terbaik untuk anaknya.

Kelebihan Novel Air Mata Nayla

  • Cover bukunya cukup menarik
  • Kisahnya di ceritakan dengan alur yang membuat penasaran dengan endingnya.
  • Setiap tokoh memiliki karakter yang kuat sehingga mudah di bayangkan
  • Terdapat banyak pesan moral di dalam ceritanya.

Kekurangan Novel Air Mata Nayla

  • Ada adegan yang berulang seperti perkelahian atau baku hantam antara Hanif dan orang yang tak menyukainya yang berulang membuat pembaca merasa tu-itu saja.
  • Terlalu banyak puisi yang diutarakan kadang membuat pembaca merasa jengah.

Pesan Moral Novel Air Mata Nayla

Terakhir dari resensi novel Air Mata Nayla yaitu pesan moral yang terkandung di dalamnya yaitu

Selalu berbaik sangkalah kepada Allah atas apa yang telah menjadi ketetapannya. Bersabarlah dalam menghadapi ujian serta mengikhlaskannya.

Selalu menaati perintah orang tua apa pun alasannya jika itu kebaikan maka ikutilah. Karena tiada orang tua yang mau mencelakakan anaknya.

Berserah dirilah kepada Allah dan ikhlas menjalani takdirnya. Karena kita tidak tahu kebaikan apa yang Allah hadiahkan untuk kita setelahnya.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Info Menarik Lain untuk Kamu: