Resensi Novel Alaia; Sinopsis, Intrinsik, Ekstrinsik, Amanat

Resensi novel Alaia ini akan membeberkan identitas novel, sinopsis, unsur intrinsik, unsur ekstrinsik, dan kelebihan juga kekurangan dan kesimpulan dari novel tersebut secara lengkap.

Novel Alaia ini tentunya sangat berguna bagi kalian yang ingin mengetahui isi ceritanya. Alangkah lebih baiknya kamu harus baca lebih dahulu resensinya agar kamu bisa memilih membeli atau tidaknya buku ini.

Identitas Novel Alaia

Judul NovelAlaia
PenulisRaden Chedid
PenerbitFantasious
Jumlah Halaman388
Ukuran Buku14 x 20,5 cm
KategoriFantasi, romantis, dan komedi
Tahun Terbit2021
Harga BukuRp. 99.500

Novel Alaia merupakan novel ke 6 yang ditulis oleh Raden Chedid. Dan pertama kali diterbitkan pada tahun 2021. Hingga saat ini Novel Alaia telah diterbitkan sebanyak 5 kali. Novel Alaia pertama kali dipublikasikan di platform Wattpad oleh Raden Chedid.

Sinopsis Novel Alaia

Novel Alaia menceritakan tentang seorang perempuan putri bangsawan laut anak dari hubungan terlarang Raja Siren dan Ratu Mermaid. Akan tetapi kelahiran Alaia tidak diinginkan, dia dibuang, diasingkan dan tidak diharapkan di laut.

Sangat disayangkan baginya, karena dia tidak dapat memiliki kehidupan yang agung yang seharusnya dia miliki. Sebaliknya dia memiliki nasib yang menyedihkan.

Alaia ditemukan oleh pria tua bernama Kai. Alaia tinggal bersamanya pria tersebut melihatnya dan menjadikan Alaia sebagai aset dengan kedok seorang anak. Akan tetapi setiap hari nya Kai menyiksa Alaia.

Kai mengetahui tentang kekuatan Alaia, sehingga dia berusaha untuk memanfaatkannya. Alaia sangat sedih dan trauma untuk berinteraksi dengan seseorang, dia juga trauma dengan apa yang diperolehnya dari Kai.

Hingga suatu saat Alaia memiliki kesempatan untuk melarikan diri dari Kai dan memilih untuk pergi dari Kai.

Alaia ditemukan kembali dalam keadaan pingsan oleh seseorang, dia dibawa ke sebuah rumah sakit. Dirumah sakit Alaia bertemu dan juga dirawat oleh Dokter yang bernama Abby, ia merupakan dokter cantik dan baik hati.

Hingga tinggalah Alaia dengan Dokter Abby beberapa minggu, sampai akhirnya Alaia bertemu dengan langit dan ibunya. Bunda langit dan dokter Abby ingin mengadopsi Alaia. Alaia pun menentukan dan memilih untuk ikut dengan Bunda langit

Saat Alaia tinggal bersama Langit, perlahan-lahan Alaia dan Langit saling jatuh cinta. Saat itulah Alaia pertama kali merasakan indahnya jatuh cinta. Lama-kelamaan Alaia mengetahui tentang kekuatan dan  asal-usulnya.

Alaia pun pergi ke lautan untuk mencari tahu identitas aslinya, lalu dia pergi meninggalkan Langit sampai berbulan-bulan lamanya.

Hingga akhirnya sampailah Alaia di kerajaan bawah laut, disanalah terungkap segala hal tentang jati dirinya. Alaia mengetahui tentang bagaimana bisa ia dibuang dan diasingkan oleh orangtuanya.

Warga laut berkata mereka membutuhkan Alaia untuk memerintah. Lantas apakah yang harus dilakukan Alaia? Tetap berada di lautan atau harus kembali ke tempat dimana langit berada yaitu daratan? Lalu bagaimana kelanjutan kisah Langit dan Alaia?

Mulai saat itulah ujian bagi Alaia dan langit dimulai. Dari hubungan mereka yang benar-benar ditentang oleh alam, hingga perjuangan yang dilakukan oleh Langit untuk bisa hidup bersama dengan Alaia (sang ratu lautan).

Bukankah sudah jelas Alaia dan langit tidak bisa bersama karena Alaia merupakan Ratu sekaligus penguasa lautan sedangkan Langit hanyalah manusia biasa, makhluk darat yang sudah jelas berbeda dengan Alaia.

Untuk mengetahui lebih menyeluruh dan lengkapnya bagaimana kelanjutan kisah cerita ini kalian bisa membeli novel Alaia ini!

Unsur Intrinsik Novel Alaia

1.Tema

Tema yang diangkat dalam Novel Alaia ini mengangkat tentang kisah fantasi dan kisah percintaan antara dua makhluk yang berbeda yaitu seorang mermaid dan manusia biasa.

2. Tokoh dan Penokohan

  • Alaia, ia merupakan seorang perempuan yang baik, sedikit penakut dan polos
  • Langit, merupakan pria yang memiliki watak emosional tapi penyayang, pemberani
  • Bunda Langit, seorang ibu berhati lembut dan penyayang
  • Dokter Abby, seorang perempuan yang ramah dan baik hati
  • Kai, merupakan pria tua yang sangat jahat, kasar dan sangat licik

3. Alur

Alurnya terbilang cukup lambat di awal, tapi di akhir dipercepat. Alur yang di bawakan sangat tidak tertebak akhirnya.

4. Latar waktu

Waktu yang dikisahkan dalam cerita tersebut adalah pada pagi hari, malam hari dan sore hari.

5. Latar Tempat

Latar tempat yang digunkan adalah di dermaga, di tepi pantai dan di dalam lautan.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang dalam novel ini menggunakan sudut pandang orang ketiga.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan sangat mudah dimengerti dan mudah dipahami. Hal ini dapat membuat pembaca mudah dan nyaman untuk membacanya.

8. Amanat

Walaupun mereka berasal dari tempat yang berbeda yaitu darat dan lautan, tetapi mereka hidup bahagia. Tidak mudah menyerah menghadapi masalah dan selalu bersama apapun yang terjadi.

Berani dalam mengusahakan segala hal, dan selalu tanggung jawab atas segala  keputusan yang telah diambil. Hendaknya selalu jujur dalam melakukan segala sesuatu.

Unsur Ekstrinsik Novel Alaia

1. Nilai Sosial

Nilai sosial dalam novel ini yaitu saling memaafkan ketika kita melakukan kesalahan.

2. Nilai moral

Nilai moralnya adalah selalu peduli terhadap orang tua, menjadi seseorang yang penyayang.

Kelebihan Novel Alaia

Gaya penulisan Novel Alaia ini dinilai rapi, dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Hal ini dapat membuat pembaca nyaman untuk membaca Novel ini.

Kelebihan yang dimiliki Novel Alaia ini adalah yang membawakan kisah tentang makhluk motologi yang terkesan lebih berbeda dan seru untuk dibaca. Sehingga membuat pembaca berimajinasi dan berfantasi.

Kekurangan Novel Alaia

Kekurangan Novel Alaia ini adalah alur yang terbilang cukup lambat pada awal cerita tapi saat mendekati pertengahan sampai akhir alurnya berubah menjadi cepat. Novel lebih banyak menceritakan Langit dan Alaia tidak terlalu fokus pada fantasi yang dicantumkan.

Terdapat sebagian adegan dewasa dan kata-kata kasar dalam cerita ini. Maka dari itu, dibutuhkan kebijakan dari para pembaca dalam memahami cerita ini. Novel ini tidak cocok dibaca oleh mereka yang berusia kurang dari 18 tahun.

Pesan Moral Novel Alaia

Sebaik-baiknya seseorang menyembunyikan kebenaran, pada suatu saat kebenaran pasti akan terungkap. Mungkin dengan waktu yang lama atau cepat dan dengan cara yang tak terduga.

Setiap perbuatan pasti ada konsekuensinya. Maka dari itu berpikirlah sebelum bertindak, dan bertanggung jawablah atas semua keputusan yang telah diambil. Jadilah sosok yang pemberani untuk mengusahakan segala hal.

Akhir Kata

Novel Alaia ini sangat menarik bagi yang suka hal-hal yang berbau fantasi dan romantis. Kalangan anak muda yang suka hal-hal fantasi pasti akan menyukainya. Tetapi tidak hanya fantasi , didalam cerita ini juga terdapat kisah romantis yang lebih menonjol.

Sehingga tidak terkesan membosankan. Pembawaan novelnya juga tidak terlalu berat, sehingga memudahkan bagi pembaca lama atau pembaca pemula.

Artikel Menarik Lainnya: