Resensi Novel Antara Fajar dan Senja; Sinopsis, Intrinsik, Amanat

Kisah percintaan remaja memang tidak pernah bosan untuk di ulas karena kisah cinta ini tentunya siapa saja pernah mengalaminya baik yang sudah mengalami atau yang sedang menjalaninya.

1 Fashion murah

Resensi novel antara Fajar dan Senja ini akan di bahas lengkap dari artikel ini. Novel ini mengisahkan kisah percintaan remaja SMA yang selalu tidak pernah akur. Lah kok bisa jatuh cinta? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini ya!

fashion muslim murah

Identitas Novel Antara Fajar dan Senja

Judul NovelAntara Fajar dan Senja
PenulisSweeticha
PenerbitCloudbooks Publishing
Ukuran Buku14×20,5 cm
Jumlah Halaman400 halaman
Tahun Terbit2021
KategoriFiksi
Harga BukuRp.89.000,-

Novel antara Fajar dan Senja ini merupakan sebuah novel romantis yang di tulis oleh Sweeticha dan pertama kali di publikasikan di aplikasi menulis online yaitu Wattpad. Dan karena banyak antusias terhadap buku ini akhirnya dibukukan pada tahun 2021.

Buku novel ini terbitkan oleh PT.Cloudbooks Publishing dengan memiliki ketebalan buku mencapai sekitar 14×20,5 cm. Dengan cover gambar cewek yang berpaling dan cowok yang menatap dengan sinis ini cukup menarik dan background yang di latari biru kuning terasa segar.

Sinopsis Novel Antara Fajar dan Senja

Dalam resensi novel antara Fajar dan Senja ini kami juga jelaskan sinopsis novel secara singkat dan berikut penjelasan lengkapnya.

Novel antara Fajar dan Senja ini mengisahkan tentang kehidupan dua remaja SMA yang bernama Fajar juga Senja dimana kedua remaja ini memiliki kepribadian yang bertolak belakang dan kerap kali bertengkar dan memiliki konflik yang tak kunjung usai.

1 Fashion murah

Keduanya bersekolah di sekolah yang sama dan tinggal di kompleks yang sama pula. Namun, hubungan mereka tidak selalu harmonis dan penuh pertentangan.

Fajar Arvandi, ia merupakan seorang murid yang hobinya membolos dan selalu membuat sekretaris kelas pusing dengan berbagai alasan yang dibuatnya.

Walaupun dia menjabat sebagai ketua geng Black, hal itu tidak membuat Senja takut padanya. Senja dengan kepribadiannya yang tegas, tidak segan-segan menentang Fajar di hadapan anggota gengnya.

Keduanya saling bersaing untuk memperoleh pengaruh dan dominasi di antara siswa-siswi SMA. Sementara itu Senja Arsyana telah menjadi sekretaris selama lima tahun bertutut-turut sejak SMP hingga SMA kelas II.

Dia adalah siswa yang bertanggungjawab dan selalu menjalankan tugasnya dengan baik. selama waktu itu, Senja selalu dibuat pusing dengan perilaku Fajar karena ia yang sering bolos.

Dan seiring berjalannya waktu keduanya saling tertarik dan memiliki perasaan yang tumbuh di hati mereka, tetapi ketidakcocokkan dalam pandangan mereka tentang hubungan asmara menjadi hambatan yang sulit untuk diatasi.

1 Fashion murah

Mereka memulai hubungan dengan perasaan benci dan tidak akur. Namun, justru dari kejadian-kejadian itulah yang menumbuhkan perasaan cinta hingga mereka saling belajar untuk percaya satu sama lain.

Meskipun sering terlibat pertengkaran seiring berjalannya waktu hubungan antara Fajar dan Senja mulai berubah. Mereka mulai memahami perbedaan satu sama lain dan belajar saling mendukung dan memahami kebutuhan dan keinginan masing-masing.

Lantas apakah cerita mereka akan terus berlanjut meski memiliki pemahaman dan keinginan yang berbeda? Lalu apa yang membuat akhirnya mereka memahami arti dari sebuah hubungan?

Untuk lebih lengkapnya kamu bisa simak secara lengkap mengenai kisah mereka berdua pada novel antara novel antara Fajar dan Senja. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di novelnya secara langsung ya!

Unsur Intrinsik Novel Antara Fajar dan Senja

Unsur intrinsik novel adalah unsur pembangun novel yang berasal dari dalam novel itu sendiri. dan dalam resensi novel antara Fajar dan Senja ini kami akan jelaskan sedikit unsur intrinsinya, yaitu:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel antara Fajar dan Senja ini mengangkat tema percintaan remaja SMA yang menarik karena tidak pernah akur.

1 Fashion murah

2. Tokoh dan penokohan

  • Fajar, ia merupakan cowok yang tampan dan tidak mudah di atur, ia selalu bertindak sesuai dengan keinginannya
  • Senja, ia merupakan seorang cewek yang ingin selalu dipahami dan bertanggungjawab atas tugasnya juga cewek yang tegas

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel antara Fajar dan Senja ini yaitu menggunakan alur maju atau progresif dimana novel dari awal hingga akhir diceritakan secara runtut dan teratur.

4. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan latar waktu seperti pada novel umumnya yaitu pagi hari, siang hari dan juga malam hari.

5. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan latar tempat di sekolah, di kantin, di ruang guru, di rumah dan masih banyak lagi tempat lainnya.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel antara Fajar dan Senja ini menggunakan sudut pandang orang ketiga dan orang pertama dari tokoh utama.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan termasuk remaja dan juga dewasa.

8. Amanat

Dengan membaca novel ini bahwa sebuah hubungan itu tidak bisa saling egois dan mementingkan keinginan pribadi. Dan kita memerlukan kerja keras untuk bisa membuat hubungan tetap harmonis dan komunkasi adalah salah satu caranya.

1 Fashion murah

Unsur Ekstrinsik Novel Antara Fajar dan Senja

Selain unsur intrinsik kami juga akan menjelaskan unsur ekstrinsik. Unsur ekstrinsik adalah unsur pendamping novel yang dari luar, dan berikut beberapa unsur ekstrinsik novel dari novel ini yang perlu kamu ketahui, yaitu:

1.Nilai Sosial

Nilai sosial yang terdapat dalam novel ini adalah sikap Senja yang selalu merasa bahwa hubungan bukan hanya tentang keinginannya saja tapi harus saling mendukung satu sama lain.

2. Nilai Moral

Sikap Fajar yang tidak suka diatur dan selalu dengan ingin bebas menjalani sebuah asmara akhirnya sadar bahwa sebuah hubungan bukan hanya tentang dirinya tapi juga orang yang ia cintai.

Kelebihan Novel Antara Fajar dan Senja

Berikut beberapa kelebihan yang terdapat dalam novel, diantaranya adalah:

  • Novel ini mengisahkan kisah cinta romantis anak SMA yang cukup menghibur
  • Bahasa yang digunakan dalam novel ini cukup ringan dan mudah dipahami
  • Memiliki banyak pesan moral seperti saling menghargai, komunikasi yang baik dan kesabaran

Kekurangan Novel Anatar Fajar dan Senja

Selain kelebihan novel ini juga memiliki kekurangan, yaitu:

  • Kurangnya pengembangan latar belakang karakter sehingga konflik yang disajikan terkesan kurang
  • Alur serasa lambat dan berulang
  • Ceritanya cukup klasik

Pesan Moral Novel Antara fajar dan Senja

Dalam sebuah hubungan kamu harus berjuang dengan penuh kesabaran, saling menghargai dan komunikasi yang baik merupakan salah satu cara menjaga agar tetap baik-baik saja.

1 Fashion murah

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel antara Fajar dan Senja semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari resensi novel ini.

Artikel Menarik Lainnya: